Resep Cara Membuat Bacem Tahu Tempe Tanpa Digoreng yang Enak

Racikanbumbu.Com - Beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “Bacem”, namun sebagian orang lainnya mungkin belum tahu. Bacem sendiri bukan nama makanan, melainkan salah satu cara pengolahan makanan dengan mengawetkan produk. Biasanya tahu dan tempe cocok untuk dimasak bacem. Bagaimana caranya? Coba deh ikuti resep cara membuat bacem tahu tempe tanpa digoreng yang enak.

Membuat tahu tempe bacem tidaklah sulit, bahkan cukup mudah dan cepat loh. Menariknya lagi dari masakan yang satu ini adalah bisa dijadikan sebagai menu lauk sarapan dan masih bisa disimpan untuk lauk esok harinya lagi. Hal ini karena bacem sendiri dimasak dengan cara direndam menggunakan air gula atau garam sehingga bahan makanan bisa menjadi lebih awet.

Nah, khususnya jika Anda memang mau masak tempe dan tahu tapi bingung dengan kreasi masakan yang itu itu saja, coba deh untuk membuat tempe tahu bacem yang enak dan menggugah selera. Sebenarnya tempe bacem ini termasuk menu rumahan sederhana loh dan cocok untuk lauk sehari hari. Selain cocok disantap bersama dengan nasi hangat, cocok juga dijadikan camilan lezat dengan cabai rawit.

Lantas, bagaimana sih cara memasak tahu tempe bacem? Apa resepnya? Yuk simak informasinya pada penjelasan bahan dan resep tempe tahu bacem di bawah ini.

Resep Cara Membuat Bacem Tahu Tempe Tanpa Digoreng yang Enak


Bahan yang dibutuhkan :
  • Tempe 250 gram yang sudah dipotong potong sesuai selera contohnya ukuran 4x6 cm
  • Tahu putih 1 buah yang dipotong sesuai selera atau menjadi 12 bagian
  • Air kelapa 500 ml
  • Gula merah 100 gram
  • Daun salam 3 lembar
  • Lengkuas 2 cm yang sudah dimemarkan
  • Garam 1 ½ sdt
  • Minyak untuk menggoreng 800 ml
Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 6 butir
  • Ketumbar bubuk 1 sdt

Cara membuat Tahu Tempe Bacem Enak :
  1. Langkah pertama untuk membuat tahu tempe bacem adalah dengan cara memblender terlebih dahulu bawang putih, bawang merah dan ketumbar bubuk.
  2. Lalu setelah itu, siapkan panci dan masukkan air kelapa ke dalamnya. Masukkan juga bumbu halus bersama dengan daun salam, lengkuas, tempe dan tahu. Masak semua bahan tersebut dengan menggunakan ukuran api yang kecil sampai air menjadi surut dan bumbu telah meresap. Jika sudah, silahkan angkat dan sisihkan.
  3. Jika Anda ingin menggorengnya, maka siapkan wajan dengan minyak panas. Lalu goreng tempe dan tahu bacem tersebut sampai berubah warna menjadi kecoklatan. Barulah diangkat dan disajikan.
Catatan :

Anda juga sudah bisa langsung menyajikan tahu dan tempe bacem setelah selesai direbus.

Inilah informasi update yang mengulas resep dan cara membuat bacem tahu tempe tanpa digoreng yang enak patut Anda ketahui. Apalagi sebagaimana kita tahu sudah bukan rahasia lagi bukan? kalau tempe dan tahu menjadi bahan makanan yang mengandung nutrisi serta gizi yang baik. Dengan mengolahnya menjadi berbagai kreasi masakan tempe dan tahu seperti di bacem, Anda bisa mendapatkan manfaatnya.

Nah, sebenarnya tidak hanya tempe dan tahu saja yang bisa diolah dengan masakan bacem loh. Anda juga bisa menerapkannya pada bahan makanan lainnya. Beberapa contohnya adalah bacem ati ampela, bacem ikan, bacem telur ayam, bacem daging ayam, bacem telur puyuh sampai dengan bacem kepala kambing. Banyak sekali bukan? Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel