Resep Cara Membuat Nasi Bakar Sederhana yang Gurih dan Wangi

Racikanbumbu.Com - Pernah makan nasi bakar sebelumnya? Sajian nasi bakar adalah salah satu jenis kuliner nasi yang sayang dilewatkan. Selain karena memang rasanya yang enak, resep cara membuat nasi bakar sederhana yang gurih dan wangi tidak begitu sulit, bahkan bisa dibilang mudah. Di beberapa daerah di Indonesia menu masakan ini sangat mudah ditemukan dan banyak dijual di tempat tempat makan ternama.

Buat Anda yang belum tahu, nasi bakar merupakan salah satu kreasi olahan nasi yang diberi campuran lauk mulai dari jamur, sayur, sambal dan ayam goreng. Uniknya, masakan ini dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar dengan menggunakan api diatas arang. Cita rasa yang dihasilkannya tentu berbeda dengan menu olahan nasi yang terkenal lainnya.

Nasi bakar termasuk salah satu makanan tradisional khas Sunda yang sudah tidak diragukan lagi kelezatan dan kenikmatannya. Apalagi ditambah dengan aroma rempah rempannya yang meresap sampai ke dalam nasi membuatnya sangat istimewa dan sayang apabila Anda belum pernah mencobanya. Jika Anda ingin menyantapnya, tidak perlu jauh jauh cari penjual nasi bakar, karena Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah loh.

Seputar resep bahan dan cara membuat nasi bakar sederhana yang gurih dan wangi bisa Anda dapatkan di bawah ini. Yuk simak.

Resep Cara Membuat Nasi Bakar Sederhana yang Gurih dan Wangi


Bahan yang dibutuhkan :
  • Beras 300 gram yang sudah dicuci bersih
  • Serai 1 batang sudah dimemarkan
  • Daun pandan 1 lembar
  • Daun bawang 1 batang sudah diiris
  • Cabai rrawit utuh sesuai kebutuhan
  • Air santan cair sesuai kebutuhan
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam sesuai kebutuhan
  • Kemangi 1 ikat yang sudah dipetik daunnya
Bahan untuk isi ayam :
  • Dada ayam 400 gram yang sudah direbus, disuir kasar dan disisihkan air kaldu rebusannya
  • Serai 1 batang yang dimemarkan
  • Kaldu jamur, garam dan gula secukupnya saja

Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang merah 8 butir
  • Cabai merah besar dan keriting sesuai kebutuhan
  • Bawang putih 5 siung
  • Kunyit dan jahe secukupnya

Cara Membuat Nasi Bakar Sederhana :
  1. Pertama tama, masak beras terlebih dahulu menggunakan rice cooker atau cara lainnya. Jangan lupa masak beras bersama dengan air/santan, salam, serai, garam dan daun pandan.
  2. Selagi menunggu nasi matang, Anda bida menumis bumbu halus bersama serai dan daun salam terlebih dahulu sampai mengeluarkan minyak dan matang.
  3. Selanjutnya masukkan suwiran ayam, dan berikan kaldu, sedikit gula dan garam. Aduk rata semua bahan tersebut lalu beri sedikit air kaldu dari rebusan ayam. Masak hingga air agak mongering dan bumbu telah meresap.
  4. Langkah berikutnya, masukkan cabai rawit, kemangi dan irisan daun bawang, aduk sebentar kemudian angkat.
  5. Jika nasi sudah matang dengan sempurna, silahkan ambil nasi dan letakkan diatas daun pisang yang sudah bersih. Beri isiannya dan bungkus layaknya seperti lontong.
  6. Terakhir, tinggal di bakar diatas arang atau wajan hingga daunnya menjadi layu dan kecoklatan.
  7. Selesai, nasi bakar sederhana isi ayam sudah siap disajikan dan dinikmati.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat nasi bakar sederhana yang gurih dan wangi patut Anda coba. Rempah rempah yang berlimpah ini memperlihatkan kuliner khas Indonesia yang mampu memuaskan lidah para penikmat kuliner. Oleh sebab itu, nasi bakar menjadi salah satu kuliner rekomendasi untuk menemani waktu makan Anda.

Tahukah Anda, salah satu hal menarik yang perlu Anda ketahui terkait nasi bakar ini adalah bisa dikreasikan dengan mudah sesuai selera si pembuat loh. Misalnya untuk isiannya sendiri sebagaimana yang kita tahu ada beragam, nah Anda bisa pilih isian yang Anda sukai. Mulai dari ayam goreng, aneka sayuran , jamur dan lain sebagainya. Atau ditambah pelengkap seperti lalapan, tahu, tempe goreng atau sambal. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel