Resep Cara Membuat Lele Kremes yang Gurih dan Renyah

Racikanbumbu.Com - Di berbagai daerah di Indonesia, kita bisa menemui aneka kuliner ikan lele. Salah satunya adalah lele kremes. Menu yang satu ini menjadi salah satu cara mengolah dan memasak ikan lele dengan mudah. Jika Anda tidak tahu caranya, resep dan cara membuat lele kremes yang gurih dan renyah akan membantu Anda membuat sajian lauk yang enak hari ini.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak penggemar karena bisa diolah menjadi beragam menu masakan lezat dan nikmat. Anda mungkin juga sudah pernah memasak ikan lele dirumah. Apabila biasanya Anda hanya memasak lele goreng biasa, cobalah untuk membuatnya lebih spesial dengan membuatnya dengan kremesan.

Kremesan ikan lele, tidak akan hanya menambahkan kelezatan ikan lele tersebut namun bisa menjadi nilai tambah lebih terhadap skil memasak Anda yang baru. Selanjutnya lele kremes sangat cocok disajikan bersama dengan nasi putih hangat ditambah lagi ada sambal terasi. Pasti enak dan bikin ketagihan banget deh.

Apalagi untuk membuat lele goreng kremes, Anda hanya cukup menyiapkan bahan bahan yang sederhana saja loh. Apa saja bahan bahannya? Yuk simak resep dan cara membuat lele kremes yang gurih dan renyah di bawah ini.

Resep Cara Membuat Lele Kremes yang Gurih dan Renyah


Bahan yang dibutuhkan :
  • Ikan lele 5 ekor
  • Bawang putih 3 siung
  • Jahe 1 ruas
  • Ketumbar 1 sdt
  • Jeruk nipis ½ buah dan ambil air perasannya
  • Kemiri 1 butir
  • Kunyit bubuk 1 sdt
  • Garam ½ garam

Bahan untuk membuat kremesan :
  • Air 400 ml
  • Tepung tapioka 125 gram
  • Kuning telur 1
  • Kaldu bubuk 1 sdt
  • Tepung beras ½ sdm
  • Baking powder ¼ sdt

Cara Membuat Lele Kremes :
  1. Langkah pertama untuk membuat lele kremes adalah mengambil ikan lele yang sebelumnya sudah dicuci dan dibersihkan kotorannya menggunakan air bersih. Setelah itu lumuri dengan jeruk nipis di setiap bagiannya. Diamkan terlebih dahulu dalam kurun waktu 30 menit.
  2. Disisi lain ambil bumbu seperti kemiri, bawang putih, jahe, kunyit bubuk dan ketumbar lalu haluskan. Setelah halus, bumbu halus tersebut di lumuri pada ikan lele. Diamkan lagi ikan lele selama kurang lebih 15 menit.
  3. Nah, untuk bahan kremesannya Anda bisa mencampurkan bahan mulai dari tepung tapioka, kaldu bubuk, tepung beras dan baking powder menjadi satu. Kemudian tambahkan kuning telur dan beri sedikit demi sedikit air sambil terus dikocok sampai tidak bergerindil.
  4. Langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak di wajan. Lebih baik untuk menggunakan minyak yang cukup banyak. Anda bisa menggoreng lele sampai setengah matang.
  5. Setelah itu, ambil 1 centong sayur adonan kremes yang sudah dibuat tadi. Lalu tuangkan di saringan dengan tinggi sekitar 25 cm diatas wajan. Diamkan beberapa saat kemudian gulung lele di kremesan tersebut. Sampai sini silahkan untuk menggoreng lele sampai benar benar matang.
  6. Selesai, lele kremes siap diangkat dan disajikan.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep dan cara membuat lele kremes yang gurih dan renyah patut Anda coba. Untuk membuat lele kremes ternyata tidak terlalu sulit bukan? Ini hanyalah salah satu kreasi memasak ikan lele yang bisa Anda coba. Sebab masih banyak tips dan trik lainnya yang bisa Anda pelajari.

Meskipun, memasak ikan lele goreng kremes merupakan sajian yang sederhana, namun menariknya menu yang satu ini tidak pernah mengecewakan. Ya perpaduan antara rasa gurih dan renyah pada ikan lele bisa membuat Anda ketagihan untuk menyantapnya lagi dan lagi. Jadi tunggu apalagi, silahkan untuk berkreasi dengan lele goreng kremes buatan Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel