Resep Cara Membuat Ceker Mercon yang Empuk dan Enak Banget

Racikanbumbu.Com - Suka makan yang pedas pedas? Salah satu pilihan menu masakan pedas yang sayang dilewatkan adalah Ceker Mercon. Menu unik yang satu ini sudah populer diberbagai kalangan penyuka pedas. Ceker mercon sangat cocok sebagai lauk atau teman nasi hangat. Selain rasanya yang enak, ceker mercon atau ceker pedas juga bisa dibuat sendiri dirumah melalui resep cara membuat ceker mercon yang empuk dan enak banget loh.

Perpaduan rempah rempah dan bumbu yang kaya dengan ceker yang dimasak dengan empuk tentunya akan menghasilkan cita rasa yang nikmat dan gurih deh. Pokoknya sensasi antara pedas, gurih dan empuknya menu yang satu ini akan sulit ditolak, kecuali kalau Anda memang tidak menyukai sajian makanan yang pedas ini. Selain dinamai ceker mercon, di beberapa daerah juga terkenal dengan sebutan ceker setan yang banyak disukai.

Baik ceker mercon atau ceker setan, nama sebutan ini diberikan untuk menggambarkan sajian masakan dengan balutan sambal level tinggi yang tentu saja saat kita memakannya kita bisa merasakan sensasi kepedasan layaknya sedang menelan mercon. Menarik sekali bukan? Namun, jangan khawatir bagi Anda yang tidak terlalu bisa makan pedas, ceker mercon bisa dibuat sendiri dengan level kepedasan sesuai selera.

Apa resep dan cara membuat ceker mercon yang empuk dan enak banget yang bisa Anda coba? Yuk simak.

Resep Cara Membuat Ceker Mercon yang Empuk dan Enak Banget


Bahan yang dibutuhkan :
  • Ceker ayam ½ kg sudah dibersihkan dari kuku dan kulitnya
  • Sereh 2 batang yang sudah digeprek
  • Lengkuas 2 cm yang sudah digeprek
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Daun salam 3 lembar
  • Penyedap bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ceker secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang putih 6 siung
  • Bawang merah 15 siung
  • Cabai domba 20 biji
  • Cabai merah besar 5 biji

Cara Membuat Ceker Mercon :
  1. Langkah pertama untuk membuat ceker mercon dengan mudah dan sederhana adalah mengambil ceker yang sudah bersih dari kuku maupun kulitnya, lalu merebusnya sampai menjadi setengah empuk. Ganti air rebusan dengan air baru lalu rebus kembali hingga benar benar empuk.
  2. Selain itu, siapkan juga bumbu halus. Kemudian masukkan dalam minyak panas dalam wajan untuk ditumis. Jangan lupa masukkan bahan seperti sereh, daun salam, lengkuas, daun jeruk, penyedap rasa, gula pasir dan garam. Aduk semua bahan sampai merata menjadi satu.
  3. Setelah itu masukkan ceker yang sudah direbus sampai empuk tadi. Tambahkan kaldu ceker sedikit demi sedikit sesuai selera Anda. Misalnya Anda bisa menambahkan lebih banyak jika ingin masakan berkuah.
  4. Aduk terus ceker mercon sampai semua bumbu merata dan meresap dengan sempurna. Jangan lupa koreksi rasa terlebih dahulu. Jika sudah matang dan rasa pas, silahkan angkat dan sajikan dalam piring cantic.
  5. Selesai, ceker mercon sudah siap disantap bersama dengan nasi hangat.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas tentang resep cara membuat ceker mercon yang empuk dan enak banget. Menu satu ini memang sudah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia yang kebanyakan adalah penyuka masakan pedas. Biasanya di beberapa daerah, ceker mercon bisa dengan mudah ditemui di pinggir jalan khususnya di malam hari dengan banyak variasi harga yang murah.

Buat Anda yang tertarik untuk memasak ceker pedas atau ceker mercon ini dirumah, bisa ikuti salah satu resep diatas atau mencari berbagai kreasi resep unik lainnya. Ceker juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan lezat lainnya selain ceker pedas. Misalnya ceker atau kaki ayam ini banyak dimanfaatkan untuk buat sup, ceker bacem, ceker crispy, dimsum ceker dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel