Resep Ikan Layang Bumbu Sarden Sederhana dan Enak Banget

Racikanbumbu.Com - Ikan layang bumbu sarden adalah salah satu menu sederhana yang bisa Anda coba dirumah. Tahukah Anda, bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya mudah di dapat dan bisa diolah menjadi sajian makanan yang enak banget untuk makan bareng bersama keluarga atau sendirian. Jika Anda masih pemula, Anda bisa menemui resep ikan layang bumbu sarden sederhana yang enak banget disini.

Sebagaimana yang kita tahu, ikan layang merupakan salah satu jenis ikan yang paling laris dan banyak diburu khususnya oleh para ibu ibu. Ikan layang memiliki cita rasa yang enak dan cocok diolah dengan berbagai resep ikan sesuai selera sipembuat. Beberapa sajian terkenal dari ikan layang adalah ikan layang goreng, ikan layang bumbu kuning, rabuk ikan layang, sambal goreng ikan layang dan masih banyak lagi.

Menu ikan layang apa saja yang sudah pernah Anda coba? Jika hari ini Anda membeli ikan layang segar dan bingung mau dimasak apa? Sebagai berikut kita akan membahas resep cara membuat ikan layang bumbu sarden yang sederhana dan simpel tapi enak banget. Menu ini bisa menjadi salah satu menu pilihan untuk makan siang atau makan malam Anda.

Lantas apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan layang bumbu sarden? Dan bagaimana proses pembuatannya? Yuk simak poin di bawah ini.

Resep Ikan Layang Bumbu Sarden Sederhana dan Enak Banget


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Ikan layang 500 gram
  • Gula pasir secukupnya
  • Tomat merah besar 3 buah yang dipotong menjadi 8 bagian
  • Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Cabe merah besar 2 buah
  • Cabe merah keriting 5 buah

Cara membuat Ikan Layang Bumbu Sarden :
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melumuri terlebih dahulu ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam
  2. Barulah Anda bisa menggoreng ikan layang sampai benar benar matang. Jika sudah matang, silahkan tiriskan terlebih dahulu
  3. Bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan cabe merah besar ditumis dalam wajan sampai mengeluarkan aroma yang harum.
  4. Setelah itu, tambahkan air secukupnya saja dan tunggu hingga air tersebut mendidih.
  5. Berikutnya, Anda bisa masukkan ikan yang sudah digoreng sebelumnya bersama dengan potongan tomat merah.
  6. Tambahkan penyedap rasa mulai dari gula pasir lalu garam. Masak terus sampai tekstur berubah menjadi kental.
  7. Jika sudah matang, angkat ikan layang bumbu sarden dan sajikan dalam wadah
  8. Selesai, sampai disini ikan layang bumbu sarden siap sudah siap untuk dinikmati ramai ramai atau sendiri.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas terkait resep cara membuat ikan layang bumbu sarden yang sederhana tapi enak banget disantap. Apalagi kalau dinikmati ramai ramai bersama keluarga atau para sahabat. Ikan layang bumbu sarden lebih lengkap ditemani dengan nasi putih hangat yang pulen dan lembut sehingga membuat menu makanan Anda terasa lebih istimewa.

Resep ini juga bisa Anda jadikan alternatif masakan jika Anda masih memiliki ikan goreng tersisa. Jika digoreng lagi mungkin akan membuat ikan menjadi keras, tapi Anda bisa mengolahnya lagi menjadi ikan bumbu sarden supaya bisa menghasilkan menu makanan lain yang lebih enak dan lembut. Dengan demikian, kita bisa memanfaatkan setiap bahan makanan dengan maksimal supaya tidak ada yang terbuang. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel