Cara Menggoreng Bawang Merah agar Renyah dan Tahan Lama

Racikanbumbu.Com - Bawang goreng yang renyah bisa menjadi bahan pelengkap untuk soto, nasi uduk, sup, bubur ayam dan lain sebagainya menjadi lebih enak untuk dinikmati. Ya, bawang goreng bisa menambah cita rasa pada makanan tertentu bahkan rasanya bisa kurang lengkap tanpa bawang goreng. Lantas, jika kita ingin menggoreng bawang merah, bagaimana agar renyah dan tahan lama?

Bawang goreng bisa dibuat sendiri dirumah dengan cara yang sederhana. Namun, meskipun kelihatannya mudah, beberapa orang yang mencoba menggoreng bawang merah sendiri menjadi bawang goreng malah hasilnya lebih mudah melempem dan kurang gurih. Sehingga kurang sedap baik sebagai camilan atau bahan pelengkap makanan.

Tahukah Anda, sebenarnya untuk membuat bawang goreng yang renyah, enak, gurih dan tahan lama, diperlukan tips dan trik tersendiri. Hanya asal menggoreng bawang merah saja, tidak menjamin bisa menghasilkan bawang goreng yang renyah dan bertahan lama, untuk itu yuk simak cara menggoreng bawang merah agar renyah dan tahan lama pada uraian informasi dibawah ini.

Cara Menggoreng Bawang Merah agar Renyah dan Tahan Lama


Supaya bawang merah yang digoreng tetap gurih, tidak cepat melempem atau lembek, cobalah untuk memperhatikan beberapa hal. Mulai dari cara menggorengnya dan tempat penyimpanannya. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan adalah seperti sebagai berikut :
  • Tips pertama adalah upayakan untuk memilih bawang merah yang masih berkualitas bagus.
  • Iris bawang merah dengan ukuran yang sama, jangan ada yang besar besar atau malah yang lain memiliki ukuran yang kecil kecil. Tujuannya adalah supaya bawang yang digoreng bisa matang secara merata.
  • Setelah bawang merah sudah matang dan menjadi bawang goreng, sebaiknya jangan langsung menyimpannya ke dalam wadah yang tertutup ya. Sebaliknya biarkan bawang goreng di angin anginkan sebentar sampai bawang goreng sudah benar benar dingin. Tahukah Anda, menyimpan bawang goreng yang masing panas, akan beresiko bawang goreng menjadi mudah melempem.
  • Apabila bawang goreng sudah dingin, Anda bisa menyimpannya ke dalam toples atau plastik yang tertutup rapat. Jangan lupa, berikan alas berupa tisu dapur atau kertas di bagian bawah plastik atau toples supaya bawang goreng tidak begitu berminyak.
  • Yang tidak kalah penting, pastikan juga kalau tempat penyimpanan bawang goreng adalah tempat yang kering dan bersih. Hindari menyimpan bawang goreng ditempat yang basah atau lembap.
  • Jangan lupa untuk hindari penyimpanan bawang goreng di tempat yang mudah terkena sinar matahari secara langsung atau tidak dekat dengan bahan makanan lainnya yang memiliki bau yang menyengat.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas cara menggoreng bawang merah agar renyah dan tahan lama. Bawang goreng yang renyah bisa Anda tempatkan di toples atau wadah lainnya sehingga sewaktu waktu Anda ingin menambahkannya pada suatu masakan, Anda tidak perlu memasaknya lagi karena bawang goreng masih tetap renyah dan tahan lama.

Anda bisa langsung praktekkan sendiri dirumah dan lihat hasilnya. Dari hal hal sederhana seperti tahu cara menggoreng bawang goreng dengan baik bisa menciptakan cita rasa masakan yang enak meskipun hanya masakan rumahan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel