7 Cara Menggoreng Ikan Tidak Lengket di Wajan dan Tidak Hancur

Racikanbumbu.Com - Ikan yang matang sempurna tidak hancur dan masih memiliki bentuk yang bagus bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi yang memasak. Pasalnya, beberapa jenis ikan sangat mudah lengket di wajan sehingga hancur ketika dibalik. Jika Anda juga merasakan hal yang sama, jangan khawatir sebab sebenarnya ada tips dan cara menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan dan tidak hancur.

Sekarang ini, kebanyakan orang mungkin sudah beralih ke wajan anti lengket untuk mengatasi permasalahan tersebut. Wajan anti lengket memang menjadi solusi mudah mengatasi bahan makanan yang lengket seperti saat memasak ikan, daging, telur dan lain sebagainya. Namun, dengan wajan biasa saja sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah ikan yang lengket tersebut tanpa harus membeli wajan baru loh.

Tidak hanya itu saja, minyak yang meletup atau menyiprat mungkin menjadi alasan lainnya mengapa sebagian orang, enggan untuk menggoreng ikan. Padahal jika tahu tips dan caranya, Anda bisa menggoreng ikan dengan aman tanpa takut terkena minyak panas. Beberapa tips menggoreng ikan supaya tidak lengket, hancur dan minyak yang meletup letup bisa Anda simak pada poin di bawah ini.

7 Cara Menggoreng Ikan Tidak Lengket di Wajan dan Tidak Hancur


1. Menggunakan wajan yang bersih

Tips pertama yang bisa Anda lakukan supaya ikan tidak lengket di wajan dan tidak hancur adalah melihat dari segi wajan yang Anda gunakan. Pastikan kalau Anda menggunakan wajan yang bersih. Wajan yang bersih akan meminimalisir bahan masakan tidak lengket pada saat digoreng seperti halnya ikan. Berbeda dengan wajan yang mungkin sudah kotor karena sudah digunakan sebelumnya bisa menyebabkan ikan menjadi lengket.

2. Jumlah minyak yang pas

Selain dari segi wadah, Anda juga perlu memperhatikan ukuran minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng. Lebih bagus untuk menggunakan minyak dengan ukuran lebih dari sepertiga ukuran penggorengan Anda. Mengapa demikian? Karena minyak nantinya akan naik ke atas permukaan dan meluap akibat suhu panas. Jadi semakin banyak jumlah minyak yang digunakan maka, akan semakin mudah meluap juga.

3. Memastikan Minyak dalam kondisi panas

Jangan langsung menggoreng ikan ke dalam penggorengan kalau minyak belum panas. Lebih baik pastikan terlebih dahulu, minyak sudah panas sebelum Anda memasukkan ikan ke dalam wajan tersebut.

Sebab jika minyak masih dingin atau sekedar hangat saja bisa menyebabkan ikan menjadi lengket di penggorengan. Minyak yang belum panas juga akan membuat terlalu banyak minyak yang diserap oleh ikan. Selain harus panas, lebih baik untuk menggunakan minyak baru saat akan menggoreng ikan.

4. Rendam ikan dengan bumbu

Sebelum ikan di goreng, Anda bisa merendam ikan terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu selama kurang lebih 2 jam. Metode tersebut bermanfaat untuk meminimalisir ikan supaya tidak lengket dan minyak menyiprat saat ikan digoreng. Selain itu, ikan yang dilumuri bumbu tersebut juga bisa membuat ikan goreng menjadi lebih gurih karena bumbunya sudah meresap ke dalamnya.

5. Menggunakan perasan lemon ke dalam minyak

Pernahkah Anda menggunakan perasan lemon ke dalam minyak untuk menggoreng? Tahukah Anda, kalau sebenarnya cara ini dapat menurunkan risiko ikan menjadi lengket dan minyak yang meletup letup pada saat ikan digoreng. Caranya cukup mudah, yakni peras sedikit lemon ke dalam minyak di dalam penggorengan tersebut.

6. Membalik ikan setelah kering

Untuk mendapatkan kematangan ikan yang merata, kita pasti akan membalik ikan saat digoreng. Namun, seringkali kita khawatir saat membaliknya karena takut ikan susah dibalik. Nah, salah satu tips lainnya yang bisa Anda praktekkan adalah baliklah ikan setelah sudah kering. Meski ikan perlu dibalik secara berkala, namun pastikan bahwa ikan sudah kering terlebih dahulu sehingga mudah untuk dibalik.

7. Menggunakan api ukuran sedang

Dari segi ukuran api yang cocok untuk menggoreng ikan supaya tidak lengket dan minyaknya tidak meletup adalah memastikan kalau api dalam suhu yang sedang. Maksudnya adalah api yang tidak terlalu panas sehingga tidak terlalu lengket. Jika menggunakan api yang besar bisa membuat ikan mudah gosong. Selain itu, jika api terlalu kecil maka, ikan tidak cepat kering dan susah dibalik sehingga mudah hancur.

Inilah informasi update yang membahas tentang cara menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan dan tidak hancur. Mudah sekali bukan? Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal sebelum, saat dan sesudah menggoreng ikan. Sebab faktor wajan yang lengket tentu saja dipengaruhi oleh perlakuan kita terhadap bagaimana cara menggunakan wajan, ukuran api, minyak dan lain sebagainya.

Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda akan dibantu untuk menggoreng ikan dengan aman. Khususnya untuk Anda yang masih pemula dalam belajar memasak ikan, cara dan tips ini patut untuk diketahui. Menggoreng ikan yang sukses, tidak hancur, dan tidak lengket sudah merupakan pencapaian yang bagus. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel