Tips dan Cara Menyimpan Coklat supaya Tidak Mudah Cair dan Tahan Lama

Racikanbumbu.Com - Chocolate merupakan salah satu makanan lezat yang ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Inilah beberapa alasan mengapa cokelat banyak disukai. Namun, meskipun demikian cokelat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, para penikmatnya harus tahu tips dan cara menyimpan cokelat agar tidak mudah cair dan tahan lama untuk bisa dikonsumsi nanti.

Makanan manis yang satu ini memang cukup mudah meleleh dan mencair, khususnya jika dibiarkan dalam suhu yang panas. Oleh karena itu, cokelat tidak bisa bertahan lama jika hanya disimpan begitu saja, cokelat harus disimpan pada tempat yang tepat supaya nanti Anda bisa memakannya lagi dikemudian hari. Sayang bukan, jika cokelat harus dibuang jika tidak habis?

Sebenarnya cara menyimpan coklat supaya tidak cepat cair tidak begitu sulit. Anda hanya perlu tahu tips dan trik yang tepat dan benar. Misalnya dengan menyimpan cokelat di dalam lemari pendingin atau kulkas dengan memenuhi beberapa syarat. Ya, dengan kata lain menyimpan cokelat dalam kulkas juga harus memperhatikan beberapa faktor, supaya cokelat tetap dalam kondisi baik dan aman untuk dikonsumsi kembali.

Lantas, apa saja tips dan cara menyimpan coklat supaya tidak mudah cair dan tahan lama? Mari simak jawabannya di bawah ini.

Tips dan Cara Menyimpan Coklat supaya Tidak Mudah Cair dan Tahan Lama


1. Menyimpan cokelat pada suhu rendah

Tips pertama supaya cokelat tidak mudah mencair saat disimpan adalah menyimpannya dalam suhu yang rendah. Anda bisa menyimpannya dalam lemari pendingin yang sejuk dan gelap. Suhu yang dibutuhkan adalah suhu antara 10 dan 20 derajat celcius. Nah, suhu yang sempurna untuk menyimpan cokelat dengan aman adalah 15 derajat celcius. Dengan suhu ini, cokelat dijamin tidak akan mudah meleleh dan lebih tahan lama.

2. Menggunakan wadah

Meski disimpan dikulkas, cara menyimpannya juga tidak boleh asal simpan saja. Kebanyakan orang mungkin sudah tahu kalau kulkas tempat yang bagus untuk menyimpan cokelat dengan baik, namun ini tidak berarti kita langsung menaruhnya dikulkas. Hal ini bisa membuat kualitas dari cokelat itu sendiri malah rusak, tampilannya bisa berubah menjadi kusam bahkan rasa dan aromanya bisa hilang.

Untuk menghindari hal itu, Anda perlu menyimpan cokelat dengan baik dikulkas. Caranya adalah dengan membungkus cokelat tersebut menggunakan plastik atau memasukkannya ke dalam wadah yang kering dan tertutup. Dengan demikian cokelat akan terhindar terkena uap air secara langsung yang akan membuatnya lebih tahan lama.

3. Menjauhkan cokelat dari sinar matahari langsung

Selain hal diatas, cara menyimpan cokelat dengan baik adalah dengan menjaganya terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari langsung yang mengenai cokelat akan membuatnya lebih mudah mencair bahkan bisa berakibat merubah aroma nya menjadi tidak sedap. Untuk itu sebaiknya simpan di tempat yang tertutup dan jauh dari sinar matahari langsung.

4. Menyimpan cokelat di tempat kering

Tempat yang kering dan bersih adalah salah satu syarat yang tidak boleh ketinggalan yang harus Anda penuhi untuk menyimpan cokelat dengan baik. Hal ini penting diperhatikan supaya cokelat tidak mudah ditumbuhi oleh jamur. Mengapa? Ya, cokelat menjadi lebuh mudah ditumbuhi jamur jika tempat penyimpanannya terlalu basah atau lembap. Bahkan cokelat yang sudah terkena air, kualitasnya sudah tidak bagus lagi.

5. Jangan simpan dekat makanan yang berbau menyengat

Selain tempat yang kering, Anda juga perlu menyimpan cokelat yang terhindar dari bahan makanan atau makanan dengan bau menyengat. Dengan kata lain, Jangan simpan cokelat dekat makanan yang berbau menyengat sebab bau tersebut nantinya bisa mencemari cokelat. Lama kelamaan bau dan rasa cokelat bisa berubah.

Inilah informasi update yang mengulas tips dan cara menyimpan coklat supaya tidak mudah cair dan tahan lama yang bisa Anda perhatikan. Khususnya untuk Anda sebagai penikmat cokelat yang sangat menyukai makanan manis ini. Ingatlah, Anda boleh mengonsumsi cokelat namun dalam taraf yang wajar. Anda bisa membatasi konsumsi cokelat harian dengan menyimpannya dahulu, lalu dikonsumsi lagi kemudian hari.

Selain itu, dengan tahu tips dan cara menyimpan cokelat agar tidak mudah meleleh dan awet, Anda jadi tidak perlu khawatir jika ingin membeli cokelat dalam jumlah yang banyak, karena bisa disimpan sebagian untuk dikonsumsi nanti atau diolah menjadi makanan, minuman atau pelengkap camilan cokelat lezat lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel