Resep Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus yang Enak Bisa Dijual

Racikanbumbu.Com - Salah satu kue kukus terkenal yang banyak disukai adalah kue putu ayu kukus. Kue yang satu ini memiliki rasa yang lembut, lebih ringan dan bertekstur mirip dengan bolu kukus. Selain karena memang rasanya yang enak, anak anak banyak menyukai kue putu ayu kukus karena bentuk dan rasanya yang khas. Berniat berjualan kue? Bunda bisa coba resep cara membuat kue putu ayu kukus yang enak dan bisa dijual.

Kue putu ayu kukus dapat menjadi salah satu ide bisnis jualan kue yang laris saat ini. Apalagi bahan dan cara pembuatannya cukup sederhana dan mudah meskipun Anda masih seorang pemula. Menariknya camilan yang termasuk kue basah tradisional ini juga bisa dikreasikan menjadi lebih unik dengan membentuknya seperti bunga warna warni lalu ditaburi taburan kelapa dibagian atasnya.

Umumnya kue putu ayu dibuat dengan campuran daun pandan, daun suji dan kelapa parut sehingga aroma yang dihasilkan dari kue ini sangat harum dan bisa menggugah selera. Ya, ini adalah salah satu jenis kue putu yang paling populer dipasaran yakni kue putu berwarna hijau dengan aroma dan rasa daun pandan yang khas. Tapi saat ini, Anda bisa berinovasi dengan kue putu ayu berbagai macam rasa dan warna lainnya.

Mau buat kue putu ayu kukus untuk jualan? Yuk simak resep cara membuat kue putu ayu kukus enak untuk jualan yang laris manis.

Resep Cara Membuat Kue Putu Ayu Kukus yang Enak Bisa Dijual


Bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu 250 gram
  • Gula pasir 125 gram
  • Telur 4 butir
  • Vanilla bubuk ¼ sdt
  • Santan sedang 200 ml
  • Pasta pandan 1sdt
  • Daun pandan sobek sobek 2 lembar
  • Cake emulsifier (SP/TBM/ovalet) 1 sdt
  • Garam ¼ sdt

Bahan untuk membuat taburan kelapa :
  • Kelapa parut yang masih agak muda 100 gram
  • Garam secukupnya
  • Sedikit vanilla bubuk

Cara Membuat :
  1. Langkah pertama untuk membuat kue putu ayu adalah silahkan mengambil cetakan yang kemudian diolesi dengan minyak. Lalu sisihkan terlebih dahulu
  2. Kukus kelapa parut terlebih dahulu dengan tambahan sedikit vanilla bubuk dan garam secukupnya. Jika sudah selesai, angkat dan dinginkan terlebih dahulu
  3. Tata kelapa parut tadi di dasar cetakan, jangan lupa tekan supaya padat. Lalu sisihkan.
  4. Ambil santan bersama dengan daun pandan dan masak sampai mendidih cukup sekali saja. Matikan api di kompor dan ambil atau buang daun pandannya. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  5. Setelah itu masukkan pasta pandan serta pewarna hijau. Aduk sampai bahan merata lalu sisihkan.
  6. Langkah selanjutnya, silahkan ambil telur lalu kocok dengan ditambah gula pasir, vanilla bubuk, garam, dan cake emulsifier dengan kecepatan sedang sampai terlihat kental, putih, mengembang dan kaku.
  7. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata dengan menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah saja.
  8. Masukkan juga santan perlahan lahan dan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk atau dibalik menggunakan spatula supaya semua bahan bisa benar benar merata
  9. Kemudian, panaskan kukusan terlebih dahulu, lalu gunakan kain atau serbet yang bisa menyerap air untuk membungkus tutup kukusan.
  10. Berikutnya masukkan adonan yang sudah Anda buat ke dalam cetakan hingga hampir penuh, pastikan cetakan tersebut adalah cetakan yang pada dasarnya sudah diberi kelapa parut.
  11. Terakhir tinggal kukus dengan api ukuran sedang dalam waktu sekitar 20 menit hingga matang.
  12. Angkat, lalu keluarkan kue putu ayu. Perlahan lahan silahkan lepaskan kue putu ayu dari cetakan dan taruh di atas piring atau wadah cantik.
  13. Selesai, kue putu ayu pandan kukus sudah siap dinikmati.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas resep dan cara membuat kue putu ayu kukus yang enak dan bisa dijual. Ini hanyalah salah satu contoh resep kue putu ayu kukus yang bisa Anda coba dirumah, masih banyak lagi variasi jenis kue putu ayu lainnya dengan rasa dan bahan yang berbeda beda. Anda bisa mencoba berkreasi sesuai selera.

Tidak hanya kue putu ayu, masih banyak juga aneka kue basah tradisional Indonesia yang laku dipasaran. Anda bisa memadukan beberapa jenis kue sekaligus selain kue putu ayu kukus sebagai produk jualan kue Anda. Misalnya kue apem, klepon, kue lumpur, serabi, kue pukis, kue cucur, kkue pancong, getuk, bika ambon, kue putu dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel