Resep Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning yang Lembut dan Enak

Racikanbumbu.Com - Kue lumpur labu kuning merupakan salah satu jenis kue sederhana yang banyak dijual di pasaran. Harganya pun relatif murah dan bisa dicampur dengan aneka kue basah tradisional lainnya. Namun, buat Anda yang mau bikin kue lumpur sendiri dirumah, bisa banget mengikuti resep cara membuat kue lumpur labu kuning yang lembut dan enak.

Sensasi dari rasa kue lumpur labu kuning hasil buatan sendiri tentu lebih istimewa dan menarik bukan? Anda jadi bisa berkreasi dan membuat sesuai dengan selera Anda sendiri. Khususnya jika Anda sudah ketagihan sama kue lumpur yang umumnya sudah menjadi kue favorit banyak orang loh. Bagaimana tidak, perpaduan rasa manis antara labu kuning dengan topping kismis memang enak banget.

Resep kue lumpur labu kuning ini juga bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk membuat camilan sendiri dirumah. Selain bisa mendapat pengetahuan dan skil dalam membuat kue, Anda bisa mendapatkan sajian kue yang enak dan lebih sehat untuk keluarga Anda saat kumpul kumpul atau bersantai. Jangan khawatir, bahan dan cara membuat kue lumpur labu kuning termasuk mudah kok.

Selengkapnya seputar resep dan cara membuat kue lumpur labu kuning yang lembut dan enak bisa Anda simak pada uraian berikut ini. Cekidot.

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning yang Lembut dan Enak


Bahan yang dibutuhkan :
  • Labu kuning 400 gram
  • Tepung terigu 250 gram
  • Telur 2 butir
  • Kuning telur 1 butir
  • Krimer nabati 500 ml
  • Kismis 50 gram
  • Mentega 70 gram
  • Garam 1 sdt
  • Gula pasir 150 gram

Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning :
  1. Langkah pertama untuk membuat kue lumpur labu kuning adalah membersihkan labu dari kulitnya terlebih dahulu. Ingatlah untuk hati hati dalam mengupas kulit labu, dikarenakan labu memiliki kulit yang sangat keras. Apalagi saat dipegang daging buahnya licin, jadi Anda harus waspada saat mengupas labu supaya tidak terkena pisau.
  2. Setelah selesai mengupas labu dari kulitnya, jangan lupa buang biji labu dan cuci sampai bersih menggunakan air bersih mengalir.
  3. Berikutnya, silahkan untuk memanaskan panci untuk merebus labu kuning supaya matang dan lunak terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit.
  4. Setelah itu, angkat labu kuning yang sudah lunak dan matang ke sebuah wadah. Hancurkan menggunakan garpu sampai labu menjadi halus, sisihkan terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya siapkan lagi sebuah wadah yang cukup besar. Masukkan ke dalamnya mulai dari telur, garam dan gula. Kemudian campur adonan tersebut menggunakan mixer sampai mengembang.
  6. Barulah tambahkan tepung terigu perlahan lahan ke adonan sambil diaduk menggunakan spatula. Masukkan juga labu kuning yang sudah dihaluskan tadi bersama dengan mentega meleleh dan krimer nabati lalu aduk.
  7. Sebelum ke proses selanjutnya yaitu memasak, lebih baik siapkan terlebih dahulu wadah kosong serta saringan yang cukup besar untuk menyaring adonan kue lumpur tersebut. Mengapa perlu disaring dulu? Hal ini bermanfaat menghindari adanya gumpalan dan serat dari labu.
  8. Tuangkan adonan ke dalam saringan perlahan lahan, lalu aduk menggunakan sendok hingga adonan tersaring ke dalam wadah yang ada dibawahnya. Lakukan secara terus menerus sampai adonan habis dan benar benar halus.
  9. Langkah terakhir, tinggal memasak kue lumpur. Caranya adalah dengan menyiapkan loyang khusus untuk kue lumpur diatas kompor. Jangan lupa olesi terlebih dahulu dengan minyak dan panaskan. Setelah itu, tuang adonannya ke dalam loyang dan masang menggunakan api kecil saja sampai setengah matang.
  10. Tambahkan kismis di bagian atasnya dan tunggu sampai kue matang dengan sempurna.
  11. Selesai kue lumpur labu kuning siap untuk disajikan dan dinikmati.

Inilah informasi terbaru yang membahas resep dan cara membuat kue lumpur labu kuning yang lembut dan enak banget bisa Anda coba. Anda bisa menikmati kue basah tradisional ini kapan saja dan dimana saja karena sudah tahu bagaimana cara membuatnya. Tidak terlalu sulit bukan? Anda bisa membuatnya untuk teman santai atau pada saat ada perayaan tertentu.

Selain labu kuning, Anda juga bisa membuat kue lumpur jenis lainnya loh. Ya, kue lumpur tidak hanya bisa dibuat dengan bahan utama labu kuning, Anda juga bisa menggunakan kentang, rasa pandan, rasa milo, keju, ubi dan masih banyak lagi inovasi lainnya. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel