Resep Cara Membuat Ayam Pop Khas Padang Asli Yang Gurih Banget

Racikanbumbu.Com - Berkunjung ke rumah makan padang, Anda pasti menemukan satu menu favorit yang banyak disukai yaitu ayam pop. Apa itu ayam pop? Ayam pop sendiri merupakan hidangan masakan ayam yang biasanya disajikan bersama sayur daun singkong rebus dan sambal tomat yang terbuat dari cabai giling dan dicampur tomat cincang. Anda bisa membuat sendiri dirumah melalui resep cara membuat ayam pop khas Padang asli yang pastinya gurih dan enak banget.

Ya, ayam pop merupakan makanan khas Padang, Sumatera Barat. Jadi tidak heran, kita bisa menemukannya dirumah makan padang. Menariknya, ayam pop ini merupakan salah satu menu masakan yang cepat laris dan laku. Namun, meskipun demikian tidak semua rumah makan padang menyajikannya loh. Kalaupun ada, biasanya akan cepat habis.

Bingung mau makan ayam pop dimana? Jangan khawatir daripada repot repot cari warung makan nasi padang yang ada ayam popnya, Anda bisa coba untuk membuatnya sendiri dirumah. Tahukah Anda bahan dan cara membuat ayam pop khas padang asli ini cukup mudah dan sederhana. Anda hanya cukup mengikuti langkah langkahnya di bawah ini. Yuk simak.

Resep Cara Membuat Ayam Pop Khas Padang Asli Yang Gurih Banget


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Ayam kampung muda 1 ekor dan belah menjadi 4
  • Air 1 liter untuk merebus ayam
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 5 buah
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun singkong sesuai kebutuhan yang direbus
  • Air jeruk nipis 1 sdm + garam halus 1 sdt untuk melumuri ayam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan untuk membuat sambal :
  • Cabai merah 10 buah yang sudah direbus matang
  • Tomat 1 buah yang matang dan segar, rebus sampai matang terlebih dahulu
  • Bawang merah 5 buah yang sudah direbus matang
  • Air 100 ml
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Tomat ukuran kecil 2 buah utuh
Cara membuat Ayam Pop khas Padang :
  1. Langkah pertama untuk membuat ayam pop khas Padang adalah mengkuliti ayam terlebih dahulu.
  2. Lalu lumuri ayam tanpa kulit tersebut dengan garam dan jeruk nipis, ratakan pada setiap bagiannya. Jangan lupa untuk diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Anda bisa simpan ayam di dalam lemari pendingin.
  3. Langkah selanjutnya, silahkan didihkan air, yang kemudian dimasukkan ayam, bawang merah, bawang putih halus, daun salam dan garam. Rebus ayam tersebut sampai lunak dan matang. Setelah itu baru ayam diangkat lalu ditiriskan.
  4. Berikutnya silahkan ambil penggorengan dan panaskan minyak secukupnya dengan menggunakan api ukuran sedang. Kemudian masukkan ayam rebus tadi ke dalamnya dan goreng sebentar saja. Angkat lalu tiriskan dari minyaknya.
  5. Nah, untuk membuat sambal, silahkan haluskan bumbu sambal seperti bawang merah, tomat rebus dan cabai. Lalu tumis bumbu halus tersebut dengan 3 sendok makan minyak sampai mengeluarkan aroma yang harum. Masukkan air dan aduk kembali sampai mendidih dan masak.
  6. Terakhir tinggal masukkan tomat utuh, gula pasir dan garam, kemudian di aduk dan masak sampai semua bumbu matang dan tomat layu.
  7. Angkat dan sajikan ayam pop bersama lalapan daun singkong rebus dan saus sambal Anda.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat ayam pop khas padang asli yang gurih dan enak banget patut untuk dicoba. Ayam pop enak ala rumah makan padang ini bisa menjadi salah satu pilihan sajian masakan dirumah yang cocok disantap ramai ramai bersama keluarga ataupun sahabat.

Nah, tahukah Anda, satu hal menarik dari ayam pop adalah masakan ini merupakan satu makanan yang sederhana dari segi bumbu dan cara penyajiannya dirumah makan padang loh. Sebagaimana yang kita tahu biasanya di warung atau rumah makan khas padang lebih dominan ke makanan dengan rempah pedas dan makanan berkuah santan. Jadi, ayam pop adalah sajian unik yang patut Anda coba. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel