Resep Kerang Saus Padang ala Restoran yang Enak dan Menggugah Selera

Racikanbumbu.Com - Apakah Anda menyukai makanan seafood? Jika iya, bagaimana dengan aneka olahan masakan kerang? Kerang sendiri merupakan salah satu jenis seafood yang banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Mau memasak kerang? Nah, salah satu menu yang populer adalah kerang saus padang. Coba deh resep cara membuat kerang saus padang ala restoran enak dan menggugah selera yang akan kita bahas.

Namun, sebelum itu jika Anda baru pertama kali mengolah kerang, ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan untuk menyajikan kerang saus padang yang lezat dan nikmat. Salah satunya adalah Anda harus memperhatikan kebersihan dari kerang itu sendiri. Selain itu, sangat penting untuk memastikan bahwa kerang yang Anda akan masak masih layak dikonsumsi dan menyehatkan.

Untuk membuat kerang saus padang, Anda bisa memanfaatkan kerang hijau karena cukup praktis. Khususnya bagi Anda yang memang merasa mengolah kerang hijau cukup sulit bisa memilih resep kerang saus padang untuk mengolahnya. Menu ini akan memberikan rasa yang unik karena adanya perpaduan campuran bumbu pedas manis dan juga gurih.

Lantas, bagaimana cara membuat kerang saus padang ala restoran yang enak dan mudah? Gampang banget, Anda cukup ikuti tutorial resep dibawah ini.

Resep Kerang Saus Padang ala Restoran yang Enak dan Menggugah Selera


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Kerang hijau 500 gram
  • Daun salam 2 lembar
  • Air 1 liter
Bahan untuk membuat bumbu halus :
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah 3 buah
  • Jahe 2 ruas
  • Cabe merah keriting 3 buah

Bahan untuk membuat saus :
  • Saus tomat 4 sdm
  • Saus sambal 2 sdm
  • Tepung sagu 1 sdm
  • Garam secukupnya
  • Bawang Bombay 1 buah yang sudah diiris panjang
  • Mentega 2 sdm
  • Saus tiram 1 sdm
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat :
  1. Langkah pertama untuk membuat kerang saus padang adalah dengan mencuci kerang sampai bersih terlebih dahulu. Pastikan kerang sudah bersih dari kotorannya dengan cara menyikatnya. Setelah itu rendam di dalam air jeruk nipis dan air dingin.
  2. Selanjutnya silahkan untuk merebus kerang sampai mendidih dan matang dengan ciri cangkangnya terlihat terbuka. Apabila sudah, silahkan ambil kerangnya dengan cara disaring dan dibuang airnya. Tiriskan kerang dan biarkan kering.
  3. Tahap berikutnya, silahkan untuk menumis bawang bombay bersama dengan bumbu halus yang sudah disediakan sebelumnya. Caranya adalah dengan memanaskan mentega pada sebuah wajan sampai meleleh, lalu masukkan bumbu halus, bawang merah dan bawang bombay.
  4. Jangan lupa aduk supaya rata. Tambahkan saus tiram, saus sambal, saus tomat, merica, garam dan gula pasir. Koreksi rasa.
  5. Apabila saat mengoreksi rasa, Anda merasa rasa bumbu sudah pas, silahkan untuk menuangkan air perlahan lahan ke dalam bumbu tersebut dan masak kembali sampai saus menjadi kental dan menyusut.
  6. Terakhir, masukkan kerang ke dalam saus bumbu tersebut dan langsung diaduk supaya bumbu dapat membaur di kerang secara merata. Disini Anda tinggal memasak kerang sampai matang.
  7. Jika bumbu sudah meletup letup dan matang, angkat dan sajikan di sebuah piring cantik.
  8. Selesai, kerang saus padang ala restoran sudah siap dinikmati bersama nasi hangat.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat kerang saus padang ala restoran yang enak patut Anda coba. Dengan menyimak informasi ini, Anda jadi punya satu pilihan menu terbaik untuk mengolah kerang menjadi menu sajian makanan yang lezat untuk menemani makan siang atau makan malam bersama keluarga atau sahabat Anda.

Selain resep kerang saus padang, Anda juga bisa menemui berbagai resep olahan masakan kerang lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Beberapa diantaranya adalah balado kerang dara kupas, kerang ijo bumbu kuning, rica rica kerang dara pedas, tumis kerang simping, kerang hijau rebus dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel