Tips Agar Sayur Pare Tidak Pahit saat di Masak ternyata mudah

Racikanbumbu.Com - Siapa yang tidak tahu pare? Pare adalah salah satu sayuran populer dan mudah kita temui disekeliling kita seperti dipasar sayur. Namun tidak banyak orang yang menyukainya, karena rasanya yang terkenal pahit. Padahal kalau kita tahu cara dan tips mengolah pare dengan benar, rasanya menjadi tidak pahit dan enak loh. Lantas, untuk itu, apa tips agar sayur pare tidak pahit saat di masak?

Cara memasak pare supaya tidak pahit ternyata mudah. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa faktor dan cara mengolahnya saja. Sayur dengan bentuk yang lonjong dan bergerigi ini umumnya di Indonesia cocok dihidangkan sebagai tumisan maupun sup lalu disantap bersama dengan nasi dan lauk. Perpaduan dengan bahan lainnya seperti udang, jagung, cabai dan lain sebagainya juga membuatnya lebih terasa nikmat.

Selain itu, memanfaatkan pare sebagai salah satu menu sayuran Anda dan keluarga, akan memberikan manfaat pare dari segi kesehatan. Dimana pare memiliki banyak keunggulan dari kandungan baik yang ada di dalamnya. Beberapa manfaatnya adalah mengatasi diabetes, melancarkan alat pencernaan, meningkatkan imun dan lain sebagainya.

Nah, supaya tidak terkendala makan sayur pare karena rasanya yang pahit, yuk simak tips dan cara memasak sayur pare dengan tepat supaya tidak pahit dan enak dengan mudah pada informasi di bawah ini.

Tips Agar Sayur Pare Tidak Pahit saat di Masak ternyata mudah


1. Memilih sayur pare yang berkualitas

Salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli sayur pare adalah memilih kualitas dari sayur itu sendiri. Sebab kualitas dari sayur ternyata sangat berpengaruh terhadap pahitnya sayur pare. Misalnya semakin besar ukuran pare, maka rasanya juga semakin pahit. Jadi, lebih baik untuk memilih pare dengan ukuran yang kecil atau sedang.

Selain itu pare dengan warna hijau yang tua biasanya cenderung memiliki rasa yang tidak begitu pahit dan cocok Anda pilih daripada pare berwarna hijau muda yang kemungkinan cenderung lebih pahit.

2. Membaluri sayur pare dengan garam lalu diremas

Untuk mengurangi rasa pahit pada sayur pare, sebelum mengolah atau memasaknya Anda bisa memberi sayur pare dengan garam terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membelahnya menjadi dua bagian lalu bersihkan pare dari selaput putih dan biji di dalamnya.

Selanjutnya iris pare sesuai dengan keinginan Anda. Barulah setelah itu baluri setiap bagiannya lalu diremas remas sampai pare menjadi layu. Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya dengan air sebelum dimasak.

3. Membaluri sayur pare dengan gula lalu diremas

Selain dengan garam, Anda juga bisa menggunakan gula sebagai pilihan lainnya untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Caranya sama dengan penggunaan garam seperti yang sudah kita bahas diatas. Jadi, terserah Anda apakah ingin menggunakan garam atau gula untuk membuat pare tidak pahit karena keduanya punya fungsi yang sama.

4. Merebus sayur pare dengan daun jambu biji

Tidak banyak yang tahu, daun jambu biji memiliki manfaat yang baik untuk meminimalisir rasa pahit sayur pare loh. Untuk menggunakannya untuk menghilangkan rasa pahit pare pun cukup mudah, dimana Anda tinggal merebus pare bersama dengan beberapa lembar daun jambu biji selama kurang lebih 5 menit. Lalu diangkat dan jangan lupa untuk membilasnya terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut.

5. Mencampurnya dengan makanan manis atau asin

Cara lainnya supaya pare tidak pahit adalah memadukannya dengan aneka makanan lainnya baik dengan rasa asin atau manis. Sebagai contoh, jika Anda membuat tumisan pare, maka Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti ikan dan kecap asin. Atau Anda juga bisa memadukannya dengan jagung. Jagung memiliki rasa yang manis sehingga bisa menetralisir rasa pahit di sayur pare.

Selain itu, pare juga cocok di masak bersama dengan telur orak arik. Dimana telur sendiri bisa membantu untuk meminimalisir rasa pahit di sayur pare. Salah satu cara memasak atau resepnya adalah memasak telur orak arik terlebih dahulu lalu dicampur dengan pare. Tambahkan beberapa bumbu sesuai dengan keinginan Anda. Dijamin rasanya tentu lebih nikmat.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas tentang tips agar sayur pare tidak pahit saat dimasak ternyata mudah ya. Sayur yang dapat tumbuh di daerah beriklim tropis ini mempunyai banyak nama julukan di berbagai daerah. Ada yang menyebutnya Paria di Jawa Barat, Pepare di Sumatera, atau di bagian Eropa Barat, pare disebut bitter melon.

Pare tidak kalah istimewa dengan jenis sayuran lainnya. Ia memiliki ciri dan karakteristik tersendiri yang umumnya disukai di kalangan tertentu. Misalnya sayur pare biasanya disukai oleh mereka yang lebih menyukai rasa pahit dibandingkan manis atau asin. Nah, dari sini kita bisa tahu kalau ada berbagai jenis sayuran sehat yang bisa disesuaikan dengan selera kita masing masing, oleh karena itu mari kita menyukai mengonsumsi sayur. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel