Tips Agar Sayuran Tetap Segar di Kulkas, Awet dan Tahan Lama

Racikanbumbu.Com - Beberapa orang lebih menyukai belanja sayuran sekaligus banyak untuk kurun waktu tertentu. Beberapa alasannya adalah karena lebih praktis, tidak perlu bolak balik ke pasar atau warung, atau karena situasi pandemi saat ini yang mengharuskan kita harus meminimalisir kegiatan diluar rumah. Namun, beberapa orang mungkin juga merasa khawatir kalau sayuran tidak tahan lama. Nah, jangan khawatir ada tips agar sayuran tetap segar disimpan dikulkas, awet dan tahan lama yang perlu Anda ketahui.

Umumnya beberapa sayuran sifatnya memang tidak tahan lama. Seraya terlalu lama disimpan, sayuran akan mulai kehilangan kesegarannya, hingga rusak, layu dan mulai membusuk. Ini karena sayuran memiliki kandungan air yang cukup tinggi di dalamnya sehingga cocok dijadikan jus sayur. Nah, supaya tidak mudah busuk, hal ini bisa dihindari dengan beberapa trik ampuh supaya sayur tidak mudah busuk. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan memperhatikan karakteristik sayuran itu sendiri dan bagaimana cara menyimpannya di kulkas. Sebenarnya setiap sayur punya ketahanan dan cara penyimpanannya yang berbeda beda supaya tidak cepat busuk. Nah, beberapa cara tersebut akan kita bahas pada uraian sebagai berikut yang menyebutkan poin poin tips supaya sayuran tetap segar meski disimpan dalam waktu lama. Yuk simak.

Tips Agar Sayuran Tetap Segar di Kulkas, Awet dan Tahan Lama


1. Menjaga tingkat kelembapan

Sebagaimana yang sudah kita singgung sebelumnya kalau sayuran mengandung banyak air, dimana ada sekitar 90 persennya adalah air. Karena kandungan air inilah sayuran menjadi tidak tahan lama setelah ia dipetik.

Oleh sebab itu, untuk membuatnya tidak cepat busuk, upayakan untuk membuat sayur tetap bernapas dengan cara menjaga kandungan air di dalamnya dengan cara menyimpannya di dalam plastik yang dilubangi. Barulah setelah itu masukkan ke dalam kulkas.

2. Memisahkan antara sayuran dan buah

Bagi Anda yang suka berbelanja sayur dan buah bersamaan, sebaiknya jangan menyimpannya menjadi satu melainkan pisahkan keduanya. Mengapa? Karena buah buahan memiliki zat etilen yang membuat kematangan bahan makanan lain lebih cepat, termasuk sayuran. Selain itu, supaya rapi Anda juga bisa menata sayur sesuai dengan jenisnya masing masing.

3. Mencuci dan keringkan sayur sebelum disimpan

Setelah membeli sayuran, jangan langsung menyimpannya ke dalam kulkas. Alangkah lebih baik untuk mencuci sayuran dengan air bersih dan sabun anti bakteri jika ada terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan supaya bakteri yang ada di sayuran mati. Tahukah Anda bakteri inilah yang bisa menyebabkan proses pembusukan lebih cepat terjadi. Setelah dicuci bersih, jangan lupa lap sampai kering, baru masukkan ke dalam kulkas.

4. Cek penyimpanan suhu kulkas

Suhu di dalam kulkas juga memberikan pengaruh terhadap kualitas sayuran. Oleh sebab itu, selalu cek suhu kulkas supaya sayuran bisa bertahan lebih lama. Untuk suhu yang baik itu sendiri adalah 1-4 derajat celcius cocok untuk menyimpan sayuran. Jangan lebih tinggi karena dapat memudahkan bakteri berkembang biak dalam sayuran sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

5. Memeriksa kondisi sayuran secara rutin

Meski Anda menerapkan cara cara ini, namun Anda perlu tetap ingat kalau sayuran tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama. Sayur lebih baik segera di masak atau tidak boleh lebih dari 3 hari. Tapi, jika memang Anda harus menyimpannya lebih dari tiga hari, sebaiknya lakukan pengecekan kondisi sayuran secara rutin. Buang juga bagian yang sudah mulai menguning supaya tidak menjalar ke bagian sayuran yang lainnya.

6. Tidak semua sayur bisa disimpan dikulkas

Tahukah Anda, kalau tidak semua jenis sayur bisa disimpan di dalam kulkas loh. Salah satu contohnya adalah tomat, karena sebenarnya suhu tinggi di dalam kulkas mampu menghambat kematangan dari tomat itu sendiri. Hal ini juga terjadi pada daun kemangi, yang malah akan mudah layu dan tidak segar apabila disimpan dikulkas.

7. Pastikan Kulkas tetap bersih

Tempat penyimpanan yang bersih menjadi faktor yang sangat penting untuk menjaga sayur tetap baik. Kulkas yang kotor akan membuat kualitas sayur cepat menurun dan membusuk. Oleh sebab itu, apabila kulkas sudah kotor, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu.

Inilah informasi terbaru yang memberitahu Anda tentang tips agar sayuran tetap segar di kulkas, awet dan tahan lama yang perlu Anda ketahui. Silahkan untuk mempraktekkannya sendiri dirumah dan dapatkan manfaatnya. Buah dan sayuran yang tetap segar memiliki manfaat yang besar khususnya untuk kesehatan Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel