Resep Sambal Belacan yang Enak dan Bikin Ngiler

Racikanbumbu.Com - Siapa disini yang suka sekali dengan makanan pedas? Bahkan bisa dikatakan sebagai pencinta makanan pedas? Sebagian orang merasa kalau makan tanpa rasa pedas, makanan tersebut menjadi hambar, benar atau tidak? Nah, berbicara soal makanan pedas, di artikel ini kita mau membahas tentang resep sambal belacan yang enak dan bikin ngiler.

Sambal belacan adalah salah satu sambal favorit kebanyakan orang Indonesia. Sambal ini umumnya sangat cocok untuk cocolan ayam, tahu, tempe atau bahkan teman nasi putih. Dengan tambahan sambal ini, bisa dijamin rasanya menjadi tambah nikmat dan lezat. Apalagi untuk membuat sambal balacan sendiri tidak membutuhkan keahlian memasak yang mahir, bahkan para pemula bisa mencobanya dengan mudah loh.

Bahan sambal balacan sangat sederhana mulai dari belacan, cabai, bawang merah, tomat dan lain sebagainya. Nah, tahukah Anda, di hampir setiap kota di Indonesia memiliki khas resep sambal balacannya sendiri. Salah satunya adalah sambal balacan khas kota Medan. Namun, untuk bahan dasar yang digunakan hampir sama saja dengan sambal balacan di daerah lain.

Penasaran dengan cara membuat sambal balacan? Yuk simak daftar bahan bahan yang dibutuhkan dan proses pembuatannya di bawah ini.

Resep Sambal Belacan yang Enak dan Bikin Ngiler


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Udang jerbung dengan ukuran sedang 500 gram (sudah dibuang kepalanya dan belah punggung nya)
  • Air bersih 300 ml
  • Garam dapur 2 1/2 sdt
  • Air jeruk nipis 3 sdt
  • Minyak goreng 4 sdm untuk menumis
  • Tomat 2 buah yang dipotong potong
  • Lengkuas 4 cm dimemarkan
  • Daun salam 4 lembar

Bahan yang dihaluskan :
  • Cabai rawit 4 buah
  • Cabai merah 12 buah
  • Terasi goreng 4 sdt
  • Gula merah 1 1/2 sdt
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 4 siung

Cara membuat sambal belacan :
  1. Langkah pertama untuk membuat sambal belacan adalah Anda perlu menyiapkan semua bahan yang diperlukan seperti pada daftar diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah siap, silahkan ulek atau haluskan bumbu. Mulai dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, terasi goreng serta gula merah sampai semua bahan tersebut halus.
  3. Selanjutnya tumis bumbu tersebut di dalam penggorengan yang sebelumnya minyaknya sudah dipanaskan terlebih dahulu. Tumis sampai mengeluarkan aroma yang harum.
  4. Kemudian masukkan daun salam dan lengkuas sampai rata. Lalu tambahkan potogan tomat yang kemudian diaduk sampai rata dan masak hingga tomat menjadi layu.
  5. Tahap berikutnya masukkan udang jerbung yang sebelumnya sudah dibersihkan. Aduk sampai rata dan udang warna nya berubah.
  6. Tambahkan garam dan air bersih lalu aduk lagi sampai merata, bumbu menyerap dan udang matang.
  7. Terakhir angkat dan sajikan ke dalam sebuah wadah.
  8. Selesai sambal belacan sudah siap untuk dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep sambal balacan yang enak dan bikin ngiler untuk Anda. Belacan sendiri merupakan bumbu masakan yang terbuat dari ikan kecil kecil atau udang yang ditumbuk sampai halus, lalu digunakan untuk membuat sambal atau penyedap makanan. Dari bahan bahan inilah yang membuat bumbu belacan istimewa dan layak untuk Anda coba.

Ada yang mengataskan bahwa belacan sama saja dengan terasi. Apakah benar demikian? Jawabannya sebenarnya adalah sama. Yang membedakan keduanya adalah terletak pada komposisi keduanya. Selain itu yang membuat belacan dan terasi berbeda adalah dari selera satu daerah dengan daerah lainnya yang berbeda.

Misalnya, masyarakat melayu lebih menyukai belacan karena rasanya yang lebih ringan dan berwarna cerah. Sedangkan untuk masyarakat pulau jawa lebih menyukai terasi dengan warna gelap. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel