Resep Cara Membuat Buncis Belacan yang Sedap dan Nikmat untuk Makan Siang

Racikanbumbu.Com - Pernahkah Anda menggunakan bumbu belacan dalam memasak suatu hidangan masakan? Nah, bagi Anda yang belum tahu belacan merupakan salah satu bumbu masakan yang terbuat dari udang atau ikan ikan kecil yang sebelumnya ditumbuk halus dan biasanya digunakan sebagai sambal atau penyedap masakan. Nah, kali ini kita akan membahasnya dengan mengulas resep cara membuat buncis belacan yang sedap dan nikmat untuk makan siang.

Buncis belacan merupakan hidangan masakan yang secara khusus menggunakan bumbu belacan ini. Hidangan ini bukanlah hidangan yang baru kok, sebab banyak orang sudah mencobanya. Kalau Anda belum pernah, coba deh untuk mengolahnya. Sehingga Anda bisa merasakan sendiri rasanya bumbu belacan yang berpadu dengan sayur buncis. Pasti rasanya sangat enak dan nikmat banget buat lauk makan Anda.

Tahukah Anda, kalau di Malaysia terasi yang kita kenal lebih akrab disebut dengan belacan loh. Sebab, di Malaysia sendiri umumnya menggunakan bahan udang kecil atau rebon, sedangkan di Indonesia terasi yang digunakan kerap menggunakan ikan. Lalu dari segi fermentasi, terasi di Indonesia lebih lama diproses sehingga mampu menghasilkan masakan bumbu terasi dengan rasa dan aroma yang sedap dan lebih kuat.

Nah, pada menu resep kali ini kita akan mencoba menggunakan bumbu belacan yang sayang juga dilewatkan sebagai bumbu favorit selain terasi. Yuk simak resep buncis belacan yang sedap dibawah ini. Silahkan di simak.

Resep Cara Membuat Buncis Belacan yang Sedap dan Nikmat untuk Makan Siang


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Buncis muda yang dipotong dua sebanyak 1/4 kg
  • Udang rebon 1 sdm yang sudah dicuci bersih
  • Saus tiram 1 sdm
  • Air secukupnya
  • Garam, gula dan penyedap secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Cabe merah keriting 4 siung
  • Cabe rawit merah 8 buah
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Terasi bakar 1 sdt

Cara membuat Buncis Belacan :
  1. Pertama tama silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat buncis belacan seperti daftar bahan yang sudah dirincikan diatas.
  2. Jika semua bahan sudah siap, silahkan untuk mulai membuat buncis belacan yang diawali dengan menumis semua bumbu halus yang sebelumnya sudah dicuci dan diiris iris. Tumis sampai mengeluarkan aroma yang harum, kemudian jangan lupa masukkan rebon. kemudian tumis kembali sampai bumbu telah benar benar matang.
  3. Selanjutnya masukkan gula, garam, penyedap rasa dan saus tiram, lalu aduk kembali.
  4. Tambahkan sayur buncis, beri sedikit air dan tumis kembali sampai sayur layu tapi jangan sampai overcook biarkan teksturnya tetap crunchy.
  5. Terakhir cobalah tes rasanya, jika sudah mantap dan sesuai dengan selera Anda silakan angkat.
  6. Sajikan sebagai teman nasi hangat. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi terbaru yang membahas tentang resep cara membuat buncis belacan yang sedap dan nikmat. Cocok banget nih jadi salah satu solusi atau pilihan menu makan Anda bersama dengan keluarga yang nikmat. Namun, karena bahan dan cara membuatnya yang praktis, resep buncis belacan juga bisa menjadi menu yang cocok untuk Anda yang suka kepraktisan.

Tidak hanya buncis loh yang cocok dipadukan dengan bumbu belacan. Anda juga bisa membuat berbagai menu sayuran lainnya yang cocok dengan rasa bumbu belacan. Beberapa menu yang populer dengan bumbu belacan dan mudah dibuat adalah kangkung belacan, ayam goreng dan tempe dengan sambal belacan, selada air tumis belacan, sambal belacan teri kentang dan masih banyak lagi. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel