Resep Tumis Pakis Terasi yang Enak Banget untuk Lauk Makan

Racikanbumbu.Com - Pakis merupakan salah satu jenis tumbuhan jenis paku pakuan yang kerap diolah menjadi berbagai masakan di Indonesia, Salah satunya menu masakan dari Pakis adalah Tumis Pakis Terasi. Perpaduan antara bumbu bumbu dan terasi yang menyatu dengan sayur pakis membuat rasanya jadi enak banget cocok untuk lauk makan. Lantas apa resep tumis pakis terasi?

Apakah Anda sudah pernah makan sayur pakis sebelumnya? Jika belum pernah, coba deh untuk jadikan menu tumis pakis terasi ini menjadi salah satu referensi masakan sayur Anda hari ini. Selain karena sayur ini memiliki cita rasa yang enak, cara membuatnya juga sangat praktis dengan rasa yang nikmat dan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Di Indonesia, daerah yang akrab dengan masakan dari Pakis beberapa diantaranya adalah seperti Sumatera Barat, Bali dan beberapa daerah di Kalimantan juga. Namun, tidak jarang juga pakis banyak dimanfaatkan diolah diberbagai daerah lainnya. 

Jika Anda baru pertama kali mengolah sayur pakis atau juga masih pemula dalam memasak, jangan khawatir sebagai berikut kita akan bahas resep tumis pakis terasi yang enak banget untuk lauk makan. Yuk simak.

Resep Tumis Pakis Terasi yang Enak Banget untuk Lauk Makan


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Sayur pakis 1 ikat
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Cabe merah 4 buah
  • Cabe rawit 6 buah atau bisa ditambah dan dikurangi sesuai selera kepedasan
  • Terasi 1 sachet
  • Tomat ukuran kecil 1 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 1 siung

Cara membuat Tumis Pakis Terasi :
  1. Pertama tama silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis pakis terasi seperti yang sudah disebutkan di bagian bahan diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah tersedia, mulailah dengan membersihkan semua bahan dan pastikan sayur pakis sudah bersih lalu tiriskan.
  3. Haluskan bumbu halus. Anda bisa menggunakan blender, namun disarankan untuk diulek saja biasanya rasanya akan lebih enak.
  4. Tumis semua bumbu halus sampai matang. Kemudian tambahkan gula, garam, lada dan daun pakis. Jangan lupa untuk terus mengaduknya hingga rata dan sayur tumis pakis terasi telah matang.
  5. Selesai, sayur tumis pakis terasi sudah siap disajikan untuk dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Inilah informasi update yang membahas tentang resep tumis pakis terasi yang enak banget untuk lauk makan. Cocok banget buat menu masakan lauk sayur sehari hari untuk makan sekeluarga ataupun untuk menu anak kost yang bingung mau masak apa hari ini secara praktis. Mudah sekali bukan untuk membuat salah satu menu dari sayur pakis?

Anda juga bisa mengolah pakis menjadi berbagai aneka olahan sayur lainnya yang cocok dan sesuai kebutuhan. Tekstur yang renyah dan khas dari Pakis sangat cocok dimasak dengan berbagai aneka bumbu. Kandungan bagus dari Pakis juga sangat baik sehingga membuatnya cocok dijadikan santapan sehari hari secara seimbang. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel