Resep Tumis Kerang Hijau Sederhana yang Nikmat Disantap

Racikanbumbu.Com - Indonesia kaya akan hasil laut nya yang melimpah. Terlebih di dalamnya ada banyak sekali jenis ikan, udang, lobster, cumi, kerang dan masih banyak lagi. Hasil alam yang kaya membuat Indonesia juga memiliki beragam macam kuliner. Salah satunya yang akan kita bahas diartikel ini adalah resep tumis kerang hijau sederhana yang nikmat disantap.

Apalagi sebagaimana yang kita tahu jenis kerang hijau memang memiliki gizi yang tinggi yang baik untuk kesehatan. Namun tentu saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menghasilkan gizi yang terlalu tinggi yang sebenarnya tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, dalam mengonsumsi kerang hijau Anda harus tahu cara mengolah dan memasaknya dengan benar, lalu resep yang cocok dan makan dalam porsi yang masuk akal.

Kerang hijau sendiri cocok diolah menjadi beragam jenis masakan. Beberapa jenis masakan yang populer dengan menggunakan kerang hijau sebagai bahan utamanya adalah seperti Kerang Hijau Saus Padang, Kerang Hijau Asam Manis, Kerang Hijau Saus Tiram, Kerang Hijau Bumbu Kuning, Kerang Hijau Saus Lada Hitam dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini akan dibagikan kepada Anda resep Tumis Kerang Hijau meski sederhana tapi rasanya nikmat untuk disantap bersama dengan nasi hangat. Yuk simak.

Resep Tumis Kerang Hijau Sederhana yang Nikmat Disantap


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Kerang hijau 1/2 kg yang sudah dipisahkan dari cangkangnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang merah 6 siung diiris tipis
  • Bawang putih 4 siung diiris tipis
  • Cabai rawit 4 buah diiris kecil
  • Daun bawang 1 batang diiris
  • Kecap manis 3 sdm
  • Saus pedas 4 sdm
  • Saus tiram 3 sdm
  • Gula, garam, penyedap rasa secukupnya
  • Air 400 ml

Cara membuat Tumis Kerang Hijau :
  1. pertama tama silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis kerang hijau seperti rincian pada bagian bahan diatas.
  2. Setelah semua bahan telah siap, jangan lupa pastikan kalau semua bahan adalah bahan berkualitas dan sudah bersih. Khususnya pastikan kerang sudah dibersihkan dari kotorannya menggunakan air bersih mengalir.
  3. Lalu rebus kerang selama kurang lebih 30 menit.
  4. Apabila sudah direbus dan telah mendidih, selanjutnya kita cuci kembali kerang hijau tersebut. Selesai, tiriskan dulu.
  5. Beralih kebagian bumbu, silahkan untuk menumis irisan bawang merah, bawang putih dan cabai sampai layu dan mengeluarkan aroma bau yang sedap.
  6. Selanjutnya berikan saus tiram, saus pedas, gula, garam, kecap, penyedap rasa serta air. Biarkan dulu sampai mendidih.
  7. Barulah setelah itu masukkan kerang hijau ke dalam kuah tadi. Aduk sampai kerang hijau tercampur merata dengan bumbu. Biarkan kuah meresap dengan baik pada daging kerang. Anda cukup menyisakan sedikit kuah saja.
  8. Jangan lupa cicipi dulu, jika sudah pas dan sudah matang tumis kerang hijau sudah siap dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Inilah informasi update yang membahas tentang resep tumis kerang hijau sederhana yang nikmat disantap. Anda bisa bayangkan enaknya kerang hijau yang dimasak dengan perpaduan bumbu bumbu pilihan diatas. Tentu saja akan menghasilkan cita rasa yang luar biasa enaknya, cocok banget nih untuk santapan lauk keluarga.

Khususnya informasi ini bisa banget berguna kalau Anda ingin makan kerang hijau tapi bingung mau dimasak apa. Nah, metode tumis adalah salah satu solusi memasak kerang yang bisa Anda coba dirumah. Cara yang praktis dan mudah tapi rasanya enak dan nikmat membuat kita tidak punya alasan untuk tidak memasak tumis kerang hijau bukan? Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel