Resep Tumis Daun Pepaya yang Enak dan Tidak Pahit

Racikanbumbu.Com - Siapa yang suka makan sayur daun pepaya? Sebagian orang mengaku menyukai beberapa menu olahan masakan dari daun pepaya. Namun sebagian lagi tidak menyukainya karena kecenderungan rasa daun pepaya yang agak pahit. Tapi tahukah Anda, daun pepaya bisa diolah menjadi masakan dengan rasa yang enak dan tidak pahit loh. Salah satunya adalah melalui resep tumis daun pepaya.

Khususnya jika Anda dari awal belum pernah makan sayur daun pepaya dan enggan memasak dan memakannya karena katanya rasanya pahit, jangan salah, cobalah dulu. Sebab, daun pepaya yang diolah dan dimasak dengan baik dan benar apalagi dipadukan dengan berbagai bumbu yang lezat sudah pasti rasanya bisa sangat nikmat untuk dijadikan lauk makan nih.

Tahukah Anda, sama seperti jenis sayuran lainnya, daun pepaya juga memiliki banyak kandungan baik di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi, ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi daun pepaya. Mulai dari segi kesehatan, cara memasak yang mudah, sampai dengan rasa yang enak dan lezat, dan pengolahan daun pepaya yang benar agar tidak pahit.

Mau tahu, apa resep tumis daun pepaya yang enak dan tidak pahit sebagai salah satu olahan masakan dari daun pepaya? coba deh simak.

Resep Tumis Daun Pepaya yang Enak dan Tidak Pahit


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Daun pepaya 250 gram
  • Air kapur sirih 1 sdt
  • Bawang merah 4 buah yang diiris halus
  • Bawang putih 3 siung yang diiris halus
  • Cabai rawit merah 5 buah yang dibelah 2

Bahan untuk bumbu halus :
  • Teri 50 gram yang digoreng
  • Bawang putih 2 siung
  • Lengkuas 2 cm
  • Daun jeruk 2 lembar yang dibuang tulangnya

Cara membuat Tumis Daun Pepaya :
  1. Pertama tama untuk membuat tumis daun pepaya silahkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti rincian bahan diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah siap, selanjutnya pastikan bahwa semua bahan sudah dalam kondisi yang bersih.
  3. Setelah itu siapkan sebuah panci lalu letakkan diatas kompor, tuangkan air kapur sirih ke dalamnya dan beri garam. Jangan lupa nyalakan api dan panaskan.
  4. Selanjutnya, silahkan masukkan daun pepaya dan rebus di dalam panci yang berisi air kapur serta garam tadi. Rebus sampai warnanya menjadi berubah. Lalu angkat dan tiriskan dulu.
  5. Berikutnya Anda bisa mengiris daun pepaya tersebut secara halus, lalu cuci irisan daun pepaya menggunakan air bersih mengalir sampai benar benar bersih. Apabila sudah, bisa sisihkan terlebih dahulu.
  6. Berikutnya silahkan siapkan sebuah wajan, lalu letakkan diatas kompor. Masukkan minyak goreng secukupnya. Panaskan, lalu masukkan bawang merah, bawang putih, dan semua bumbu halus yang sudah disiapkan tadi.
  7. Aduk dan tumis semua bahan tersebut sampai tercium bau harum dan sudah merata.
  8. Kemudian masukkan irisan daun pepaya belakangan bersama dengan cabai rawit. Tumis kembali sampai semua tercampur merata.
  9. Apabila sudah, jangan lupa coba untuk mencicipinya dulu. Jika sudah sesuai silahkan angkat dan sajikan dimangkuk atau piring cantik.
  10. Selesai tumis daun pepaya sudah siap disantap. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep tumis daun pepaya yang enak dan tidak pahit. Anda bisa langsung mencobanya dirumah dan merasakan sendiri masakan olahan dari daun pepaya buatan Anda sendiri. Ini merupakan salah satu solusi untuk menyantap sayur daun pepaya yang bisa dinikmati bersama sama.

Tidak hanya menggunakan metode tumis, daun pepaya juga bisa diolah dengan berbagai metode lainnya. Ya, dengan kata lain daun pepaya bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang berbeda beda dan sesuai dengan selera Anda. Beberapa contoh sajian sayur daun pepaya yang umum adalah sayur santan daun pepaya, gulai daun pepaya, oseng daun pepaya, buntil daun pepaya isi ikan asin dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel