Resep Tahu Bakso yang Gurih dan Kenyal Bikin Ketagihan

Racikanbumbu.Com - Tahu bakso merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang banyak digemari. Khususnya tahu bakso berasal dari kota Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Namun, meskipun demikian, tahu bakso sudah banyak ditemui di berbagai wilayah lain, ini karena sudah banyak beredar resep tahu bakso. Nah, apakah Anda mau tahu resep tahu bakso yang gurih dan kenyal bisa bikin ketagihan?

Makanan bakso memang sudah sangat familiar dan populer. Bahkan tidak hanya masyarakat Indonesia yang menyukainya, orang orang dari luar negeri tidak jarang juga menyukai makanan Indonesia yakni bakso. Nah, kalau bakso biasanya identik dengan pentol bakso, salah satu kreasi dari bakso itu sendiri adalah tahu bakso. Dimana bakso yang akan menjadi isian dari tahu tersebut.

Anda bisa menghidangkan tahu bakso sebagai cemilan keluarga atau santapan ringan bersama dengan teman teman saat kumpul kumpul. Khususnya tahu bakso akan semakin lengkap dengan bahan pelengkap seperti sambal kecap atau kreasi bumbu yang sesuai dengan kesukaan Anda. Perpaduan tahu bakso dengan bumbu yang cocok dijamin enak banget deh.

Mau buat tahu resep tahu bakso yang enak dan keyal, yuk kita lihat salah satu resep tahu bakso yang akan diulas secara singkat dan jelas di bawah ini. Mari simak.

Resep Tahu Bakso yang Gurih dan Kenyal Bikin Ketagihan


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Daging sapi 200 gram
  • Daging ayam 150 gram
  • Tahu coklat 20 buah
  • Tepung tapioka 125 gram
  • Kaldu jamur 1 sdt
  • Garam 1,5 sdm
  • Gula pasir 1 sdt
  • Lada 1 sdt
  • Telur ayam 1 butir
  • Bawang putih goreng 6 siung
  • Air es 100 ml

Cara membuat Tahu Bakso :
  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu bakso seperti yang ada dalam bagian bahan.
  2. Apabila semua bahan sudah siap, kita mulai dengan memblender daging ayam dan sapi, telur dan bumbu bumbu kering.
  3. Setelah semua bahan tersebut sudah tercampur, silahkan masukkan air es. Tujuannya adalah untuk menghasilkan adonan bakso yang lembut.
  4. Kemudian, tuangkan adonan daging tadi ke dalam sebuah wadah yang mungkin agak besar.
  5. Lalu tambahkan tepung tapioka secara perlahan lahan sambil diaduk supaya rata.
  6. Ambil tahu cokelat dan cuci bersih terlebih dahulu. Iris bagian tengahnya dan keluarkan isinya menggunakan sendok supaya nantinya bisa diisi lebih banyak.
  7. Masukkan ke dalam tahu coklat tersebut adonan baksonya. Lakukan sampai tahu dan adonan bakso telah habis.
  8. Setelah itu, silahkan susun tahu di dalam sebuah kukusan yang sudah disiapkan. Nyalakan api ukuran sedang dan kukus tahu bakso selama kurang lebih 45 menit.
  9. Selesai, tahu bakso sudah siap disajikan dengan sambal kecap atau bumbu lain yang cocok. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi terbaru yang membahas resep tahu bakso yang gurih dan kenyal pasti bisa bikin ketagihan. Tidak terlalu sulit bukan? Daripada membelinya dari luar yang belum tentu kualitas bahan dan kebersihannya, lebih baik untuk membuatnya sendiri dirumah bukan? Selain memastikan kebersihannya Anda juga bisa membuatnya sesuai kebutuhan dan selera Anda.

Tahukah Anda, tahu bakso juga bisa dikreasikan menjadi cemilan yang enak banget sesuai keinginan. Misalnya Anda bisa mengolahnya menjadi tahu bakso goreng atau bisa juga menjadi tahu bakso kuah. Khususnya untuk Anda para pencinta pentol, bisa nih untuk membuat tahu bakso yang enak dimasak dan diolah jadi makanan atau cemilan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel