Resep Kupat Tahu Khas Magelang yang Rasanya Enak Banget

Racikanbumbu.Com - Kupat tahu khas Magelang memiliki cita rasa makanan yang memang sudah tidak diragukan lagi. Ini berkat adanya perpaduan bahan seperti ketupat, tahu, kol dan taoge yang sudah digoreng lalu dicampur dengan bumbu yang khas. Jika Anda sudah pernah memakannya, pasti sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya bukan? Tapi, tahukah Anda apa resep dan cara membuat kupat tahu khas Magelang yang rasanya enak banget tersebut?

Nah, sebelum lanjut membahas soal resep, sekilas informasi buat Anda yang belum tahu soal ketupat tahu ini. Ya, kupat tahu merupakan hidangan khas yang sudah menjadi ikon Magelang. Meskipun untuk asal usul ataupun racikan atau rumusan resepnya tidak diketahui, namun diduga kuat kupat tahu ini juga hasil dari pengaruh budaya Tionghoa.

Karena sudah menjadi ikon kota Magelang, tentu ketika Anda main ke daerah tersebut jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi masakan kulinernya tersebut yang salah satunya adalah kupat tahu. Namun, bagaimana kalau di daerah Anda, Anda tidak bisa menemukan tempat yang menjual kupat tahu. Jangan khawatir, kepikiran untuk membuatnya sendiri dirumah?

Nah, jika Anda ingin membuat kupat tahu sendiri, sebagai berikut kita akan membahas resep kupat tahu khas Magelang yang rasanya dijamin enak banget deh. Yuk simak.

Resep Kupat Tahu Khas Magelang yang Rasanya Enak Banget


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tahu putih 2 papan yang dipotong kotak
  • Taoge 1 genggam sudah diseduh
  • Daun kol 4 lembar yang diiris kasar kemudian diseduh
  • Daun seledri 2 batang yang diiris halus
  • Ketupat sesuai kebutuhan
  • Bakwan goreng (lihat resep bakwan goreng yang enak)

Bahan untuk membuat bumbu kecap :
  • Cabai rawit 10 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Gula merah 100 gram yang disisir halus
  • Kecap manis 150 ml
  • Kacang tanah goreng 250 gram yang diulek kasar sebagian sisanya dibiarkan utuh
  • Air matang 300 ml

Cara membuat kupat tahu :
  1. Setelah semua bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kupat tahu sudah siap sedia, kita bisa mulai untuk membuat kupat tahu.
  2. Langkah pertama, kita buat bumbu kecap terlebih dahulu. Caranya adalah silahkan haluskan cabai rawit dan bawang putih. Lalu campurkan dengan gula merah kecap manis dan juga air matang.
  3. Lalu campuran bumbu tersebut dimasak dengan ukuran api sedang hingga bahan tadi larut dalam air dan mendidih.
  4. Setelah mendidih, jangan lupa untuk menambahkan kacang ulek kemudian diaduk rata. Tiriskan.
  5. Selanjutnya, Anda tinggal menyiapkan sebuah piring cantik, lalu tata ketupat, tahu goreng, taoge, kol dan bakwan yang sudah dipotong potong tadi. Lalu taburi irisan daun seledri serta kacang tanah goreng utuh.
  6. Selesai kupat tahu sudah siap untuk dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep kupat tahu khas Magelang yang rasanya enak banget untuk Anda. Beberapa orang melihat ketoprak dan kupat tahu adalah makanan yang serupa atau sama, bagaimana menurut Anda? Sebenarnya meskipun kelihatannya kedua makanan tersebut sama, tapi kalo menyangkut soal rasa, keduanya punya cita rasa yang berbeda tapi sama sama enak.

Perbedaan antara kupat tahu dan ketoprak atau makanan lainnya yang serupa sebenarnya terletak pada bahan bahan yang digunakannya. Anda bisa lihat perbedaan dari isinya dan berbagai menu tambahan yang ada sebagai ciri perbedaan yang mencolok antara keduanya atau antara kupat tahu dan makanan lain yang serupa. Jadi, Anda lebih suka makanan tradisional yang mana? Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel