Resep Blendung Jagung Camilan Tradisional yang Enak Banget

Racikanbumbu.Com - Siapa yang suka makan olahan jagung? Atau bahkan menjadikan jagung sebagai makanan kesukaan? Nah, jangan sampai ketinggalan salah satu camilan tradisional dari jagung yang enak banget. Namanya Blendung Jagung. Apakah Anda sudah pernah memakan atau menikmatinya? Kira kira bagaimana ya resep Blendung Jagung yang enak banget untuk camilan?

Nah, artikel ini akan membahas secara singkat tentang Blendung Jagung, lengkap dengan resep atau cara membuatnya yang perlu Anda ketahui. Khususnya buat para penyuka Jagung jangan sampai ketinggalan informasinya. Sekilas tentang jajanan tradisional ini adalah jajanan yang berasal dari Jawa, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya juga tidak sulit bahkan cukup mudah jika Anda ingin mencobanya. Blendung Jagung terbuat dari jagung yang direbus hingga lunak, lalu setelah itu akan dipadukan dengan rasa gurih dan nikmat dari parutan kelapa. Anda bisa membayangkan rasanya? Tunggu apalagi yuk simak resep Blendung Jagung sebagai camilan tradisional yang enak banget di bawah ini.

Resep Blendung Jagung Camilan Tradisional yang Enak Banget


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Jagung pipil kering 200 gram
  • Kapur sirih 1 sdt
  • Air kapur sirih 200 ml
  • Kelapa setengah tua 1/2 buah yang dikupas lalu diparut
  • Air 1800 ml
  • Air mendidih 500 ml
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam 1 sdt

Cara Membuat Blendung Jagung :
  1. Langkah pertama adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti daftar bahan diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah siap, silahkan mulai dengan mencampurkan 1 liter air dengan kapur sirih 1 sdt. Selanjutnya silahkan aduk aduk sampai kapur siri dan air tercampur dengan merata.
  3. Jika sudah tambahkan jagung kering ke dalam campuran air dan kapur sirih tersebut.
  4. Selanjutnya, rendam jagung selama kurang lebih 10 jam. Setelah perendaman ini tiriskan jagung dan cuci sampai bagian luarnya mengelupas. Tiriskan.
  5. Siapkan air sebanyak 800 ml dan air kapur sirih sebanyak 200 ml, campur menjadi satu dan aduk hingga rata. Setelah itu rebus di atas kompor sampai mendidih.
  6. Jika sudah mendidih, langsung tuang jagung tadi. Lalu rebus sampai jagung menjadi mekar dan lunak. Apabila sudah, silahkan angkat dan tiriskan jagung. Kemudian siram dengan menggunakan air mendidih,
  7. Langkah berikutnya, kita masukkan kelapa parut ke dalam sebuah mangkuk, kemudian tambahkan garam dan daun pandan lalu aduk.
  8. Panaskan kukusan, jika sudah mendidih masukkan mangkuk berisi campuran kelapa parut tadi dan kukus kurang lebih selama 10 menit.
  9. Terakhir tinggal tahap penyajian. Atur Blendung jagung di atas piring cantik, lalu taburi dengan gula pasir dan kelapa parut kukus. 
  10. Selesai Blendung Jagung sudah siap dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas tentang resep Blendung Jagung sebagai camilan tradisional yang enak banget dan sayang dilewatkan. Nah, biasanya Anda juga bisa menemukan jajanan ini di pasar pasar tradisional di beberapa daerah. Namun di berbagai daerah lain mungkin Blendung jagung sulit ditemukan.

Jika di daerah Anda susah untuk menembukan jajanan Blendung jagung, solusi untuk itu ya hanya dengan membuatnya sendiri dirumah sehingga kapan saja Anda menginginkannya, bisa langsung membuatnya. Bagi Anda yang masih pemula, bisa ikuti resep Blendung jagung yang sudah disediakan. Anda juga bisa mengkreasikan Blendung jagung sesuai dengan selera Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel