Resep Cara Membuat Kue Cucur yang Bersarang dan Legit

Racikanbumbu.Com - Kue cucur merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa manis yang populer. Biasanya jenis camilan kue ini bisa kita temui dengan mudah dipasaran dengan harga yang murah. Namun, buat Anda yang mau buat kue cucur sendiri, resep dan cara membuat kue cucur yang bersarang dan legit cukup sederhana dan mudah.

Kue cucur memiliki ciri khas dengan bentuk yang bulat, mekar dan bersarang. Lalu kita bisa lihat dibagian pinggirannya berbentuk keriting. Dari dulu sampai sekarang ciri khas kue cucur tidak pernah berubah dan cukup terkenal sehingga bisa disebut sebagai kue tradisional yang legendaris.

Nah, untuk membuat kue cucur, bahan utama yang dibutuhkan beberapa diantaranya adalah dua jenis tepung yakni tepung terigu, dan tepung beras serta gula merah. Perpaduan bahan bahan kue tersebut akan membuat kue cucur memiliki warna cokelat muda seperti gula merah dan rasa yang manis. Meski kue cucur termasuk kue tradisional, namun kue ini sendiri banyak dikreasikan menjadi banyak rasa dan warna loh.

Sebagai tahap awal membuat kue cucur, mari simak resep dan cara membuat kue cucur bersarang, enak dan legit sederhana yang ada di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kue Cucur Yang Bersarang Dan Legit


Bahan yang dibutuhkan :
  • Gula merah 250 gram
  • Air 420 ml
  • Tepung beras 100 gram
  • Tepung terigu 200 gram
  • Daun pandan 3 lembar
  • Garam ¼ sdt

Cara Membuat :
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat kue cucur adalah mengambil gula merah dan daun pandan. Masak keduanya sampai air mendidih. Jangan lupa bahan sambil diaduk supaya gula merah bisa larut. Setelah selesai, angkat dan biarkan hangat terlebih dahulu.
  2. Disisi lain, silahkan campur tepung tering dengan tepung beras yang sudah tersedia. Campur keduanya sampai benar benar merata. Tambahkan garam lalu aduk kembali.
  3. Langkah selanjurnya, silahkan untuk menuang air gula tadi ke dalam campuran tepung. Kemudian adonan diaduk secara perlahan lahan sampai adonan tidak ada lagi yang bergerigil. Setelah itu, Anda bisa biarkan adonan di dalam suhu ruang selama kurang lebih 2 jam.
  4. Terakhir, siapkan penggorengan yakni wajan cekung di atas kompor dengan minyak panas. Tuang satu sendok adonan tersebut ke dalam minyak panas dan masak. Biarkan hingga mengeluarkan serat. Jangan lupa hendaknya siram bagian atas kue dengan minyak yang ada di wajan tersebut.
  5. Setelah matang dan memberikan bentuk dan warna yang pas Anda bisa angkat dan tiriskan dari minyaknya.
  6. Selesai, kue cucur tradisional sederhana sudah siap dinikmati.

Demikianlah informasi update yang mengulas resep dan cara membuat kue cucur yang bersarang dan legit patut untuk Anda coba. Tidak terlalu sulit bukan? Yang terpenting dalam membuat kue cucur ini, Anda membutuhkan wajan khusus untuk digunakan memanggang adonan. Wajan yang digunakan bukan teflon atau wajan besar, melainkan wajan cekung yang memiliki bentuk bulat bulat.

Penasaran mau langsung coba buat kue tradisional khas nusantara dirumah? Silahkan untuk mencoba membuat kue cucur yang mudah dengan cara diatas, atau cari resep seputar kue tradisional lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Sajian kue tradisional ini sangat cocok disuguhkan pada saat perayaan tertentu atau kumpul kumpul santai bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel