Resep dan Cara Membuat Pasta Pandan Alami Sendiri Dirumah

Racikanbumbu.Com - Pasta aroma pandan adalah salah satu bahan yang dibuat untuk mewarnai sekaligus memberikan aroma pandan pada suatu makanan atau minuman. Aroma yang diberikan ini bermanfaat untuk membuat sajian lebih menarik dan menggugah selera. Pasta panda bisa dibuat sendiri dirumah dengan mengikuti resep dan cara mudah membuat pasta pandan secara alami.

Tahukah Anda, pasta pandan hasil buatan sendiri jauh lebih wangi dibandingkan berbagai jenis produk pasta pandan yang dijual ditoko atau pasaran. Tidak hanya itu, pandan buatan sendiri ekstrak pandannya akan lebih alami sehingga sajian makanan atau minuman yang dihasilkan akan jauh lebih enak dan wangi.

Beberapa orang mungkin lebih memilih cara yang praktis dengan membeli produk pasta pandan yang bagus. Namun, sebenarnya membuat pasta pandan sendiri tidaklah sulit atau bahkan sangat mudah kalau Anda sudah tahu cara dan tipsnya. Selain bahan dan cara pembuatannya mudah, penggunaan bahan alami yang dibuat tentu jauh lebih sehat bukan?

Ingin tahu resep dan cara membuat pasta pandan alami sendiri dirumah? Anda bisa memperhatikan langkah langkah membuatnya pada uraian dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Pasta Pandan Alami Sendiri Dirumah


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Daun pandan sebanyak 25 lembar
  • Suji 10 lembar
  • Air 1 liter

Cara Membuat Pasta Pandan :
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong motong daun pandan serta daun suji menjadi ukuran kecil kecil. Dalam tahap ini Anda bisa memotong menggunakan alat bantu gunting.
  2. Jangan lupa sebelum mengolah daun pandan dan daun suji tersebut, cuci terlebih dahulu menggunakan air bersih mengalir
  3. Setelah bahan sudah bersih, Anda bisa langsung ambil blender. Blender atau hancurkan daun pandan yang sudah dipotong potong sebelumnya dengan air sampai benar benar halus.
  4. Kemudian, setelah semua selesai diblender, silahkan saring daun pandan, hingga terpisah antara ampas dengan perasan airnya lalu tuangkan dalam sebuah wadah.
  5. Daun pandan yang sudah selesai diambil airnya, air tersebut dimasukkan ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih 2 hari
  6. Buang air bening yang terlihat berada di permukaan air daun pandan diwadah tersebut.
  7. Disini Anda bisa mengambil atau menggunakan endapan yang ada di bagian bawahnya sebagai pewarna pandan secara alami.
  8. Sisa dari pasta pandan yang sudah jadi bisa Anda simpan di dalam lemari pendingin.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas resep dan cara membuat pasta pandan alami sendiri dirumah. Resep ini patut Anda coba untuk membuat sajian makanan atau minuman pandan yang enak dan wangi. Cara ini merupakan cara yang sangat simple dan mudah sekali dipraktikkan dirumah meskipun Anda masih pemula.

Sebagai informasi tambahan. Ekstrak daun pandan memiliki manfaat yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan dasar pewarna makanan loh. Umumnya pasta pandan cocok dibuat sebagai pewarna alami untuk resep dadar gulung, nona manis, kelpon dan masih banyak lagi ragam jenis kue lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel