Resep Es Wadai Khas Banjar yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

Racikanbumbu.Com - Jajanan anak sekolah yang dulu admin sering banget makan nih, namanya es Wadai atau biasa orang juga sebut dengan istilah es gabus. Rasanya yang lembut, padat dan dingin memang cocok banget dinikmati saat cuaca sedang panas panasnya. Apalagi akan semakin mudah kalau kita mengetahui apa resep es wadai khas Banjar yang enak dan mudah dibuat dirumah.

Tahukah Anda, ada banyak sekali kreasi es wadai ini. Ada yang membentuknya dengan berbagai macam bentuk atau warna. Selain itu rasanya juga bervariasi. Kalau dulu mungkin kita bisa dengan mudah menemukan jajanan es wadai tersebut, tapi sekarang kalau admin perhatikan sudah jarang sekali yang jual bukan? Bahkan sama sekali tidak ada. Bakal susah nih kalau kita mau menikmati jajanan ini.

Solusi untuk Anda yang mau makan es wadai khas jajanan jaman dulu tapi tidak ada yang jual sekarang adalah dengan membuatnya sendiri dirumah. Selain bisa menikmati es wadai, kita juga bisa mengkreasikannya sesuai dengan selera. Mau membentuknya dengan warna warni atau bentuk yang lucu dan lain sebagainya akan lebih menyenangkan bukan? Terlebih lagi kita bisa mengenalkan jajanan jaman dulu ini kepada anak anak.

Penasaran bagaimana ya cara membuat es wadai atau es gabus yang enak dan mudah? Apa resep praktisnya? Yuk simak.

Resep Es Wadai Khas Banjar yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung hun kwee 150 gram
  • Santan atau susu 750 ml
  • Pewarna makanan
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 200 gram

Cara membuat Es Wadai :
  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat es wadai
  2. Setelah semua bahan sudah tersedia, silahkan untuk mencampurkan tepung hun kwee dengan garam, gula dan santan lalu diaduk supaya semua bahan tersebut bisa rata menjadi satu.
  3. Lalu bagi adonan tersebut menjadi tiga bagian. Tiga bagian tersebut dipisahkan untuk diberi masing masing warna yang berbeda seperti warna merah, kuning dan hijau.
  4. Selanjutnya, silahkan masak bagian pertama yakni adonan merah dengan api kecil, jangan lupa adonan sambil di aduk aduk hingga meletup letup. Jika adonan sudah mengental dan berat saat diaduk namun masih bisa dituang ya, silahkan matikan api.
  5. Langkah berikutnya tuang adonan merah tersebut ke dalam sebuah loyang yang sebelumnya sudah di alasi dengan plastik tebal. Ratakan terlebih dahulu, kemudian sisihkan.
  6. Selanjutnya, selagi menunggu adonan merah dingin, masak adonan yang sudah diberi warna kuning sama seperti adonan merah sebelumnya. Jika sudah dimasak, tuang diatas adonan merah. Begitu pula selanjutnya dengan adonan hijau.
  7. Biarkan adonan wadai tersebut di suhu ruang selama kurang lebih 30 menit lamanya.
  8. Langkah berikutnya masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit bukan di bagian freezer ya. Supaya nantinya es wadai mudah dipotong.
  9. Nah, sampai sini, Anda tinggal memotong motong wadai pelangi. Bungkus dengan plastik baru disimpan ke dalam freezer sampai menjadi beku.
  10. Selesai, es kue wadai siap untuk dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep es wadai khas banjar yang enak dan mudah dibuat dirumah untuk Anda. Khususnya kalau di daerah Anda lagi musim panas nih, es wadai bisa dijadikan salah satu menu camilan yang cocok di simpan di kulkas dan dinikmati di waktu yang cocok baik saat sendirian atau bersama dengan keluarga.

Rasanya yang khas akan sensasi legit, lembut, kenyal dan enak membuat siapa saja bisa menyukainya pada gigitan pertama. Apalagi dulu jajanan ini dijual dengan harga yang terjangkau dan memang populer. Namun, seiring perkembangan jaman mungkin wadai tidak begitu populer lagi di beberapa daerah. Meskipun demikian kita masih bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel