Resep Semur Ati Ampela Kecap Bango Sederhana yang Nikmat

Racikanbumbu.Com - Ada hati ayam dan ampela di kulkas, tapi bingung mau masak apa? Jangan khawatir, ada banyak resep yang bisa Anda ikuti untuk mengolah hati ayam dan ampela menjadi menu lauk yang lezat. Salah satu menu andalan dari bahan ini adalah semur ati ampela kecap Bango sederhana yang nikmat. Rasanya yang gurih dan kenyal menjadi salah satu alasan yang bisa Anda pertimbangkan untuk memasak masakan yang satu ini.

Hati ayam sendiri mengandung zat yang baik seperti zat besi tinggi, protein, serta asam folat yang baik untuk tubuh. Nah, untuk mendapatkan kandungan tersebut Anda bisa mengolah hati ayam menjadi ati ampela semur. Namun, untuk memasak hidangan ini, Anda harus memilih bahan yang berkualitas. Pilihlah bahan yang masih segar, namun jika Anda tidak langsung memasaknya sebaiknya segera simpan dalam freezer.

Ada dua jenis hati ayam yang dapat Anda gunakan untuk resep ini yaitu jenis hati ayam negeri dan hati ayam kampung. Jangan lupa untuk mencuci bersih hati ayam dan ampela sebelum memasaknya. Lalu saat memasak pastikan, Anda memasak sampai hati ayam dan ampela benar benar masak untuk mematikan bakteri yang ada. Nah, Ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan supaya masakan ati ampela tetap aman dan menciptakan rasa semur yang enak.

Lantas, bagaimana cara memasak semur ati ampela dengan kecap Bango? Simak yuk resep semur ati ampela di bawah ini dengan saksama.

Resep Semur Ati Ampela Kecap Bango Sederhana yang Nikmat


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Ati ampela ayam 3 buah
  • Serai 1 batang
  • Kunyit 1 ruas
  • Daun salam 1 helai
  • Lengkuas 1 ruas
  • Gula merah yang disisir 1 buah
  • Kecap manis bango

Bahan untuk bumbu halus :
  • Kemiri 2 butir
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Cabai merah 2 buah
  • Merica
  • Garam
  • Ketumbar

Cara membuat Semur Ati Ampela Kecap Bango :
  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat semur ati ampela kecap bango
  2. Ambil ati ampela dan cuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu baru ati ampela direbus dengan bahan serai dan daun salam.
  3. Apabila sudah matang, ati ampela ditiriskan kemudian digoreng sebentar.
  4. Langkah selanjutnya, silahkan siapkan minyak dalam sebuah panci atau wajan. Kemudian ambil bumbu halus dan tumis.
  5. Tambahkan daun salam, serai serta lengkuas. Jika sudah tercium aroma yang wangi dari masakan silahkan masukkan air, tambahkan kecap bango dan juga gula merah secukupnya saja. Tunggu sampai masakan mendidih.
  6. Terakhir, masukkan bahan utama yakni ati ampela goreng ke dalam tumisan Anda tersebut. Masak dan tunggu sampai bumbu meresap ke ati ampela. 
  7. Jika sudah matang, matikan kompor dan angkat semur ati ampela.
  8. Selesai, semur ati ampela kecap bango sudah siap disajikan. 

Uraian diatas adalah informasi update yang mengulas tentang resep semur ati ampela kecap Bango sederhana yang nikmat. Kecap Bango sendiri merupakan salah satu jenis kecap yang terbuat dari bahan alami dan mampu menjaga kualitasnya dengan baik. Sehingga dapat menghasilkan masakan yang enak dan sedap, salah satunya adalah masakan semur ati ampela ini.

Selain semur ati ampela, ada banyak lagi jenis masakan yang bisa Anda kreasikan dengan kecap Bango. Misalnya resep legendaris adalah resep sate, resep soto, resep nasi goreng, resep gurame bakar, resep panggang belanga, resep tongseng kambing, resep semur tahu tempe bakar, resep ayam bakar kecap, resep udang bakar kecap bango dan masih banyak lagi. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel