Tips Memasak Daun Pepaya supaya Tidak Pahit dan Tetap Enak

Racikanbumbu.Com - Di Indonesia ada banyak sekali jenis sayur sayuran yang bisa kita ketahui. Masing-masing macam sayuran tersebut bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan sayur yang lezat. Namun, bagaimana dengan daun pepaya? Apakah daun pepaya bisa diolah juga menjadi masakan yang nikmat? Nah, sebenarnya ada cara atau tips memasak daun pepaya supaya tidak pahit dan tetap enak.

Sebagaimana yang kita tahu, buah pepaya banyak disukai karena rasanya yang manis dan segar. Namun, kalau membahas soal daun pepaya sendiri kita mungkin langsung mengingat akan rasanya yang pahit, sehingga langsung tidak mau mengolah atau bahkan mengonsumsinya bukan? Namun, jangan salah, ternyata kalau Anda tahu cara mengolahnya, daun pepaya ini bisa menghasilkan cita rasa yang enak loh.

Rasa pahit pada daun pepaya bisa dikurangi atau dihilangkan dengan beberapa cara mudah. Mulai dari cara memetiknya, pemilihan daun pepaya nya sampai dengan proses pengolahannya. Setelah itu Anda bisa lanjut memasak daun pepaya sesuai dengan resep yang sudah Anda siapkan. Nah, secara lebih rinci mengenai tips memasak daun pepaya supaya tidak pahit akan dibahas di bawah ini. Yuk simak.

 Tips Memasak Daun Pepaya supaya Tidak Pahit dan  Tetap Enak


1. Memanfaatkan Garam

Cara pertama untuk membuat daun pepaya agar tidak pahit adalah dengan cara memanfaatkan garam. Garam sendiri merupakan salah satu bahan dapur yang biasanya wajib selalu ada di dapur bukan? Nah, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengolah daun pepaya supaya tidak pahit.

Caranya adalah dengan meremas daun pepaya dengan garam secukupnya saja. Kemudian diamkan daun pepaya selama sekitar 10 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air bersih mengalir. Nah, setelah ini daun pepaya sudah bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat.

2. Memanfaatkan Daun Jambu Biji

Mungkin Anda tidak menyangka kalau ternyata daun jambu biji bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengurangi pahitnya daun pepaya. Namun memang benar, lantas bagaimana caranya? Pertama tama rebus daun pepaya terlebih dahulu bersama dengan daun jambu biji tersebut sampai menjadi empuk dan layu. Setelah itu, daun pepaya di peras supaya rasa pahitnya bisa berkurang secara maksimal.

3. Memanfaatkan Daun Singkong

Daun singkong bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Namun, ternyata daun singkong juga bisa membantu untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya loh. Kok bisa? Ya, kita cukup merebus keduanya secara bersamaan seperti cara memanfaatkan daun jambu biji diatas. Anda bisa memilih mau memasak kedua sayur tersebut, atau daun pepaya saja. Mudah bukan?

4. Memanfaatkan Asam Jawa

Asam Jawa tidak hanya mampu menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, ternyata manfaatnya juga bisa untuk menambah aroma sedap pada sayur tersebut loh. Hasilnya sajian akan terasa lebih nikmat. Nah, untuk memanfaatkannya daun pepaya direbus bersama dengan asam Jawa hingga menjadi empuk. Setelah itu, barulah bisa diolah menjadi masakan.

5. Memanfaatkan tanah liat

Bagaimana tanah liat bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya? Mungkin kita jadi penasaran ya, sebab tanah liat bukan bahan dapur atau bahan yang bisa dimasak. Namun, Anda bisa memanfaatkannya dengan cara merebus daun pepaya tersebut bersama tanah liat hingga empuk. Kemudian angkat dan cuci daun pepaya sampai benar benar bersih supaya bisa dimasak.

Inilah informasi update yang membahas tentang cara dan tips memasak daun pepaya supaya tidak pahit dan enak yang patut Anda ketahui. Tidak sulit sama sekali untuk mengolah jenis sayur yang masuk kategori sayuran pahit ini. Anda juga bisa memadukannya dengan berbagai bahan lain untuk menambahkan kreasi dan cita rasanya yang enak.

Daun pepaya bisa dimasak menjadi berbagai menu masakan sayur yang menggugah selera. Beberapa contohnya adalah tumis daun pepaya, lodeh daun pepaya, sambal daun kates, gulai daun pepaya Jepang, tumis daun pepaya udang dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih resep yang sesuai dengan selera Anda mau masak apa hari ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel