Resep Timun Goreng untuk Camilan yang Lezat dan Gurih

Racikanbumbu.Com - Timun atau Mentimun biasanya enak disantap langsung atau diolah dulu menjadi salad atau minuman. Namun, pernahkah Anda mencoba timun goreng? Nah, timun sebenarnya bisa diolah menjadi camilan yang lezat dan gurih loh. Bahkan resep cara membuat timun goreng untuk camilan tersebut sangat mudah dan praktis dibuat.

Khususnya buat Anda yang sekarang lagi isolasi atau dirumah saja selama pandemi, tapi bingung mau buat makanan atau camilan apa, timun goreng bisa menjadi salah satu jajanan yang sayang dilewatkan. Ya, selain karena memang mudah dibuat, timun goreng memiliki rasa yang enak dan tidak kalah dengan makanan gorengan lainnya loh.

Sebagaimana yang kita tahu, Mentimun hijau punya rasa yang segar dan manis. Rasa tersebut akan dipadukan bersama gurihnya dibuat gorengan. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, pasti belum bisa menebak bagaimana sih rasa timun goreng? Apakah rasanya menjadi aneh? Sudah penasaran? Yuk kita buat timun goreng sama sama dengan mengikuti resep berikut ini. Mari simak.

Resep Timun Goreng untuk Camilan yang Lezat dan Gurih


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Timun 500 gram
  • Telur 1 butir
  • Keju parmesan yang diparut 50 gram
  • Tepung serbaguna 75 gram
  • Minyak zaitun 3 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Daun bawang diiris 1 batang
  • Bawang bombai 1 dicincang
  • Bawang putih 3 siung
  • Lada bubuk sesuai kebutuhan
  • Krim asam atau yoghurt sesuai kebutuhan

Cara membuat timun goreng :
  1. Pertama tama silahkan untuk menyiapkan semua bahan yang diperlukan seperti daftar diatas.
  2. Setelah semua sudah siap, silahkan ambil timun yang sudah dicuci bersih. Lalu parut secara diagonal untuk mendapatkan bentuk untaian yang panjang. 
  3. Masukkan timun yang sudah diparut tersebut ke mangkuk atau wadah. Berikan garam dan aduk sampai rata. Setelah itu pindahkan ke saringan besar dan tiriskan selama kurang lebih 10 menit.
  4. Taruh parutan timun tersebut pada sebuah kain katun yang tipis dibagian tengahnya. Fungsinya adalah untuk membungkus dan memeras timun sampai keluar airnya sebanyak mungkin. Timun yang sudah diperas di sisihkan ke mangkuk.
  5. Selanjutnya campurkan ampas timun tersebut bersama dengan keju parmesan, tepung, telur, bawang bombai, bawang putih, lada bubuk dan daun bawang. Kemudian adonan tersebut diaduk sampai merata.
  6. Langkah selanjutnya adalah menggoreng adonan timun. Dimana Anda cukup menyiapkan minyak zaitun dalam penggorengan. Jika sudah panas, goreng timun menggunakan ukuran api yang sedang. Anda bisa menggoreng timun dengan ukuran sesuai selera namun pastikan untuk tidak terlaku tebal. Lebih baik ratakan timun goreng hingga 1 cm saja dengan spatula.
  7. Setelah timun berubah warna menjadi cokelat keemasan dan matang, timun goreng siap diangkat dan disajikan. Anda bisa menambahkan hiasan krim asam dan taburan daun bawang yang membuatnya semakin menarik.

Inilah informasi terbaru yang membahas resep timun goreng untuk camilan yang lezat dan gurih. Terutama kalau cuacanya sedang dingin atau memasuki musim penghujan, timun goreng yang hangat bisa semakin nikmat dinikmati bersama dengan orang orang tercinta seperti keluarga, pasangan atau para sahabat.

Untuk buat camilan sendiri dirumah, tidak perlu yang ribet atau mewah, kalau dari bahan sederhana saja kita sudah bisa membuatnya, untuk apa cari yang sulit bukan? Cobalah manfaatkan bahan bahan sederhana untuk menghasilkan makanan atau camilan lezat. Masih banyak lagi resep kreatif lainnya yang bisa Anda coba. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel