Cara Menggoreng Ikan Lele agar Minyak Tidak Meletup dan Aman

Racikanbumbu.Com - Lele merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia. Bahkan ikan berkumis dan lincah ini sudah memiliki banyak penggemar loh. Selain karena rasanya yang enak, lele bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satunya yang paling umum adalah dengan cara digoreng. Namun, seringkali saat digoreng, minyaknya meletup letup dan panas bila mengenai kulit. Lantas, bagaimana cara menggoreng ikan lele yang benar agar minyak tidak meletup dan aman?

Khusunya bagi Anda yang masih tergolong pemula dalam memasak ikan lele, mungkin memiliki kekhawatiran tersendiri. Minyak panas yang meletup saat menggoreng ikan lele bisa saja membahayakan tubuh kita karena minyak panas tersebut mampu membuat luka bakar di kulit. Tidak hanya itu saja, kemungkinan setelah sembuh, akan ada bekas luka yang ditinggalkan. Tidak enak sekali bukan?

Meskipun demikian ini tidak berarti memasak ikan lele harus menghadapi minyak panas yang meletup letup, sebab Anda bisa mengantisipasi minyaknya supaya tidak meletup letup loh. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu tips dan triknya terlebih dahulu sebelum menggoreng ikan lele. Mau tahu apa tips dan cara menggoreng ikan lele supaya aman dari minyak panas meletup? Yuk simak tips dan trik nya dibawah ini.

Cara Menggoreng Ikan Lele agar Minyak Tidak Meletup dan Aman


  • Tips dimulai bukan saat menggoreng, melainkan saat Anda mulai memilih untuk membeli ikan lele di pasar atau toko ikan lainnya. Cobalah untuk memilih ikan lele yang masih hidup atau masih segar. Jika tidak bisa mengolah ikan lele masih hidup, Anda bisa meminta si penjual untuk menyembelih dan membersihkan ikan lele ditempat secara langsung, sehingga Anda tahu ikan lele masih segar karena baru dipotong.
  • Sesampainya dirumah, pastikan lagi kalau ikan lele sudah bersih dengan cara mencucinya kembali menggunakan air bersih. Setelah itu, silahkkan iris bagian tubuhnya dan berikan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama beberapa menit lalu cuci kembali. Tahukah Anda, mengapa diberi perasan air jeruk nipis? Supaya lendir di tubuh lele bisa hilang.
  • Berikutnya, silahkan haluskan bumbu seperti kunyit, garam, kemiri, ketumbar, bawang putih dan lain sebagainya. Kemudian campur ikan lele tersebut bersama dengan bumbu halus. Jangan lupa diamkan terlebih dahulu selama beberapa waktu supaya bumbu bisa meresap dengan baik.
  • Lalu, taburkan tepung beras ke bagian tubuh lele secukupnya saja. Nah, taburan tepung beras ini yang akan menurunkan resiko adanya minyak meletup letup dan supaya ikan lele tidak lengket.
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung menggoreng ikan lele dengan menggunakan minyak yang sudah benar benar panas. Upayakan untuk menggunakan minyak yang cukup banyak yang membuat ikan lele dapat terendam sepenuhnya di dalam penggorengan.
  • Hindari menggoreng ikan lele banyak sekaligus dalam satu wajan. Mengapa? Jumlah berlebihan dalam menggoreng ikan lele akan membuat lele menjadi bengkok dan tidak cepat matang. Selain itu, lele yang saling bersentuhan bisa menjadi lengket satu sama lain.
  • Jangan lupa untuk membalik ikan lele, supaya ikan bisa matang dengan merata dan kering. Namun, hindari membalik terlalu cepat ketika lele masih basah.
  • Jika lele sudah kering dan matang, segera angkat.
  • Selesai, ikan lele goreng sudah siap disantap atau diolah lebih lanjut.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara menggoreng ikan lele agar minyak tidak meletup dan aman. Bagaimana? Mudah sekali bukan? Jika Anda tahu cara yang benar menggoreng ikan lele, Anda bisa memasak lele dengan aman tanpa takut minyak meletup. Anda jadi bisa menghasilkan ikan lele goreng gurih yang siap disantap langsung atau diolah lagi menjadi masakan tertentu.

Berbagai jenis olahan masakan dari ikan lele goreng beberapa diantaranya adalah lele balado, lele penyet, rica rica lele, lele woku, lele kremes gurih, pecak lele, lele sambal kemangi dan masih banyak lagi sajian masakan dari resep ikan lele. Hari ini mau masak ikan lele jadi menu apa? Apapun kreasi masakan ikan lele Anda, pastikan Anda tetap aman selama memasak. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel