Resep Cara Membuat Susu Jagung Manis yang Lezat dan Enak

Racikanbumbu.Com - Apakah Anda pernah mencoba jagung manis yang dipadukan dengan minuman susu? Bagi sebagian orang mungkin sudah familiar atau pernah mencobanya. Namun sebagian lagi mungkin juga belum pernah mencobanya. Oleh sebab itu, resep cara membuat susu jagung manis yang lezat dan enak sayang banget untuk dilewatkan.

Lantas, apa itu susu jagung? Susu jagung sendiri diperoleh melalui proses penggilingan biji jagung yang sebelumnya telah direbus di dalam air. Nah, hasil dari penggilingan tersebutlah nantinya di saring. Sehingga akan diperoleh filtrate yang kemudian melalui dipasteurisasi dan diberi flavor, tujuannya untuk meningkatkan rasanya.

Beberapa orang mungkin belum terfikir dengan resep unik ini, karena biasanya jagung hanya diolah menjadi jenis masakan atau makanan tertentu. Beberapa masakan yang terkenal dari bahan jagung adalah jagung bakar, perkedel jagung, bubur jagung, puding jagung, sup jagung, dan masih banyak lagi. Namun, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas hal yang berbeda yakni membuat olahan minuman dari jagung dan susu.

Selengkapnya tentang resep cara membuat susu jagung manis yang ezat dan enak, yuk simak.

Resep Cara Membuat Susu Jagung Manis yang Lezat dan Enak


Bahan yang dibutuhkan :
  • Jagung manis ukuran besar dipotong potong 2 buah
  • Susu cair UHT 100 ml
  • Air bersih 1 liter
  • Gula pasir 80 gram atau sesuai selera, kalau suka manis bisa lebih dari itu atau buat gula terpisah
  • Daun pandan 2 batang

Alat yang dibutuhkan :
  • Blender
  • Saringan
  • Panci untuk merebus

Cara membuat Susu Jagung Manis :
  1. Langkah pertama untuk membuat susu jagung manis adalah ambil jagung bersama dengan air sebanyak 300 ml, lalu blender sampai benar benar halus.
  2. Setelah itu, Anda bisa langsung saring jagung yang diblender tadi menggunakan saringan. Ampas atau sisanya bisa Anda blender ulang dengan diberi air 300 ml lagi, lalu saring lagi.
  3. Selanjutnya silahkan untuk menuangkan susu cair dan air sebanyak 400 ml ke dalam jagung rebus tadi. Lalu rebus semua bahan dengan menggunakan api ukuran sedang. Jangan lupa beri pandan dan gula pasir secukupnya.
  4. Terakhir rebus sambil terus diaduk hingga mendidih dan warna susu telah berubah menjadi kuning selama kurang lebih 30 menit.
  5. Selesai, susu jagung manis siap didinginkan dan disajikan.

Inilah informasi update yang membahas resep cara membuat susu jagung yang lezat dan enak. Setelah berhasil membuatnya dan akhirnya mencicipi susu jagung manis buatan sendiri, Anda bisa merasakan kesegarannya yang tidak kalah nikmat dari olahan minuman lainnya loh. Anda juga bisa mengkreasikan resep jagung manis sesuai dengan kesukaan Anda.

Selain karena memang susu jagung manis itu sangat lezat dan enak, karena terbuat dari bahan alami seperti jagung dan susu yang sehat, minuman ini bisa menjadi sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita loh. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi susu jagung manis, kecuali kalau Anda memang tidak suka jagung dan susu. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel