Cara Merebus Telur Setengah Matang dan Sesuai Tingkat Kematangan

Racikanbumbu.Com - Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki berbagai macam kandungan zat gizi di dalamnya. Mulai dari vitamin, protein sampai dengan mineral. Selain itu, telur juga bisa diolah menjadi berbagai aneka masakan telur yang enak dan lezat. Salah satunya adalah dengan cara merebusnya. Tahukah Anda, bagaimana cara merebus telur setengah matang yang sesuai dengan tingkat kematangan?

Nah, merebus sendiri merupakan salah satu cara mengolah telur yang sangat mudah namun memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan karena mampu menjaga kandungan baik seperti vitamin, protein dan mineral di dalamnya. Namun, meski mudah sebenarnya merebus tidak semudah kelihatannya. Sebab jika Anda tidak tahu tips dan caranya, Anda belum tentu bisa menyesuaikan tingkat kematangannya sesuai selera.

Sebagian orang mungkin lebih suka telur rebus yang benar benar sudah matang sempurna karena tidak terasa amis . Namun, sebagian orang juga mungkin lebih menyukai telur setengah matang. Bahkan ada yang beranggapan bahwa telur setengah matang sangat cocok dikombinasikan dengan salad atau roti tangkup yang membuat rasanya lebih gurih. Apakah Anda tertarik untuk membuat telur setengah matang juga?

Nah, pada uraian dibawah ini Anda akan dibantu mengetahui cara merebus telur setengah matang atau menyesuaikan tingkat kematangan telur sesuai dengan keinginan Anda. Selengkapnya yuk simak.

Cara Merebus Telur Setengah Matang dan Sesuai Tingkat Kematangan


1. Menyiapkan panci

Cara merebus telur pertama diawali dengan menyiapkan alat alat untuk merebus yang diperlukan. Salah satunya adalah panci. Jangan lupa untuk siapkan panci dengan ukuran yang cocok dengan jumlah banyak telur yang ingin direbus.

2. Panaskan air sampai mendidih

Setelah Anda mempersiapkan panci, jangan lupa masukkan air ke dalamnya dan letakkan ke atas kompor. Rebus air sampai air mendidih. Tahukah Anda, tanpa air yang mendidih ini, maka pasti sulit untuk bisa merebus telur sesuai dengan tingkat kematangan yang Anda inginkan.

3. Memilih telur dan memasukkan telur

Apabila air sudah mendidih yang ditandai dengan banyaknya gelembung yang bermunculan, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan telur ke dalamnya. Namun sebelumnya, ingatlah lebih baik Anda sudah memilih kualitas telur yang baik lalu masukkan beberapa telur tersebut ke dalam panci untuk direbus.

Saat merebus telur harus dalam kondisi terendam sepenuhnya di dalam air rebusan supaya matang nya telur bisa merata. Setelah Anda memasukkan semua telur yang ingin direbus, besarkan apinya dan tunggu sampai air dalam panci kembali mendidih lagi. Jangan lupa, pastikan kalau air tidak menggelembung terlalu kuat supaya cangkang telur tidak sampai retak.

4. Rebus telur sesuai tingkat kematangan

Pada tahapan ini, Anda perlu memahami dengan baik lama waktu merebus telur. Sebab, lama nya waktu merebus telur merupakan faktor utama yang mempengaruhi tingkat kematangan telur. Berapa lama waktu untuk merebus telur setengah matang? Informasi lengkap terkait ada di poin ini :
  • Selama 7 menit : Kematangan telur setengah matang dengan tekstur kuning yang masih lembut dan encer.
  • Selama 8 menit : Kematangan telur setengah matang dengan tekstur kuning yang masih terasa lunak namun sudah tidak terlalu cair.
  • Selama 10 menit : Kematangan telur setengah matang dengan tekstur bagian tengah yang masih sedikit lunak namun kuningnya sudah agak keras.
  • Selama 12 sampai 13 menit : Kematangan telur matang dengan tekstur kuning yang sudah mengeras sempurna.
Catatan : Anda bisa menyesuaikan waktu merebus telur sesuai dengan tingkat kematangan yang Anda inginkan. Selain lama waktu, perhatikan juga faktor lainnya seperti ukuran api dan besar kecilnya telur. Waktu diatas berlaku untuk telur dengan ukuran yang sedang sampai besar. Jika Anda merebus telur dengan ukuran yang lebih kecil, maka waktu merebusnya juga lebih cepat.

5. Proses pendinginan

Cara merebus telur untuk mencapai tingkat kematangan yang diinginkan tidak cukup sampai disitu saja. Cara memindahkan telur juga perlu diperhitungkan atau dikenal dengan proses pendinginan. Nah, dalam hal ini Anda mungkin perlu meletakkan telur yang masih panas dalam wadah berisi es batu supaya telur yang masih panas bisa lebih cepat dingin.

Inilah informasi terbaru yang membahas cara merebus telur setengah matang dan sesuai tingkat kematangan yang Anda inginkan. Tahukah Anda, tingkat kematangan telur rebus yang berbeda beda memiliki tekstur cita rasa yang berbeda beda yang bisa Anda sesuaikan dengan selera. Tingkat kematangan telur seperti apa yang Anda sukai?

Selain direbus, telur juga bisa diolah dengan cara diceplok atau didadar sebagai cara yang paling populer dalam memasak telur. Apapun resep memasak telur yang sedang Anda coba, ingatlah yang terpenting juga adalah memilih kualitas telur yang baik. Sebab dari kualitas juga mempengaruhi kandungan dan rasanya. Ketahui juga cara menyimpan telur agar awet dan tidak cepat busuk. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel