Resep Cara Membuat Roti Sobek Isi Coklat yang Lumer dan Lembut

Racikanbumbu.Com - Apa itu roti sobek? Namanya yang unik mungkin akan membuat siapa saja yang belum tahu tertarik untuk mencobanya. Nah, sebenarnya roti sobek ini adalah salah satu variasi dari roti manis. Roti ini memiliki ukuran yang besar dan lembut sehingga bisa dengan mudah disobek. Tahukah Anda, roti sobek bisa dibuat sendiri dirumah melalui contoh resep cara membuat roti sobek isi coklat yang lumer dan lembut di bawah ini.

Di Indonesia roti sobek sudah cukup populer di berbagai kalangan dan banyak disukai. Biasanya cocok dijadikan sebagai sarapan di pagi hari atau sekadar camilan lezat untuk menemani belajar, menonton film, bersantai dan lain lain. Tidak heran diberbagai tempat, kita juga bisa menemui penjual roti sobek dengan mudah. Meski rasanya terkenal enak, harga yang ditawarkan cukup murah dan terjangkau loh.

Namun, bagaimana kalau kita tertarik untuk membuat roti sobek sendiri dirumah? Apakah bisa? Ya, jawabannya adalah bisa. Karena bahan bahan dan cara membuatnya cukup sederhana dan praktis sehingga cocok juga untuk Anda yang masih pemula. Terlebih lagi, Anda bisa memadukan isian roti sobek sesuai selera. Mulai dari roti sobek isi coklat, isi keju, isi pisang coklat, isi pisang, isi durian dan masih banyak lagi.

Tunggu apalagi, yuk kita cari tahu resep dan cara membuat roti sobek isi coklat yang lumer dan lembut pada informasi di bawah ini.

Resep Cara Membuat Roti Sobek Isi Coklat yang Lumer dan Lembut


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Gula 6 sendok makan
  • Telur ayam 2 butir
  • Susu cair sesuai kebutuhan
  • Mentega 60 gram
  • Ragi 3 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
Bahan isian roti sobek :
  • Dark chocolate compound sesuai kebutuhan
  • Susu cair sesuai kebutuhan
  • Mentega sesuai kebutuhan

Cara membuat Roti Sobek Isi Coklat :
  1. Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat roti sobek isi coklat adalah mengambil sebuah wadah lalu masukkan ke dalamnya seperti susu cair, gula serta telur yang sudah dikocok di dalam wadah terlebih dahulu. Campurkan adonan dan mixer adonan sampai merata.
  2. Lalu setelah selesai, silahkan tutup adonan dengan kain selama kurang lebih 5 sampai 7 jam. Proses ini akan membuat adonan mengembang.
  3. Jika sudah melewati proses tersebut, buka kainnya dan tambahkan ragi sambil diaduk dengan menggunakan mixer.
  4. Masukkan juga mentega serta garam secara bergantian lalu tetap di mixer selama lima menit. Kemudian jangan lupa tutup kembali selama kurang lebih 30 menit.
  5. Tahapan berikutnya adalah ambil adonan dan berikan isian potongan coklat. Letakkan di atas sebuah loyang yang sudah diberi alas roti. Tambahkan susu dan mentega dengan cara mengolesi bagian atasnya supaya tambah enak. Lalu tutupi terlebih dahulu selama satu jam supaya mengembang.
  6. Jika sudah, masukkan ke dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 5 menit.
  7. Apabila sudah selesai, maka roti sobek isi cokelat sudah siap diangkat dan di sajikan.

Inilah informasi terbaru yang membahas resep dan cara membuat roti sobek isi coklat yang lumer dan lembut perlu Anda ketahui. Rasanya yang sangat enak dan lezat dengan isian manis membuatnya sangat sayang untuk dilewatkan bukan? Apalagi kalau Anda sedang liburan atau piknik, roti sobek bisa menjadi salah satu camilan yang bisa Anda bawa.

Nah, melalui informasi ini Anda tidak harus selalu beli roti sobek untuk bisa menikmatinya. Sebab sekarang Anda sudah tahu apa saja bahan bahannya sekaligus cara membuatnya yang mudah. Anda bisa berkreasi dengan membuat roti sobek sesuai keinginan Anda, sebab ada banyak pilihan isian dan rasa yang mungkin ingin Anda coba sendiri. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel