5 Bahan Pengganti Santan Lebih Sehat untuk Penderita Kolesterol

Racikanbumbu.Com - Sebagian besar masakan khas dari Indonesia menggunakan santan untuk membuatnya semakin gurih. Ya, masakan bersantan memang memiliki tekstur yang lebih creamy dan kental sehingga hidangan menjadi lebih nikmat. Namun, karena masalah kesehatan, sebagian orang menghindari konsumsi santan. Meskipun demikian, Anda bisa menggunakan bahan pengganti santan yang lebih sehat khususnya untuk para penderita kolesterol.

Ya, sebagaimana yang kita tahu, santan sendiri merupakan bahan makanan yang mengandung kolesterol dan lemak yang cukup tinggi. Misalnya dalam secangkir santan, kita bisa mendapatkan 445 kalori serta 48,21 lemak. Jumlah tersebut sudah hampir sepertiga dari total kebutuhan kalori dan lemak harian loh. Oleh sebab itu, lebih baik untuk menggunakan bahan alami pengganti lainnya.

Meskipun tanpa santan, sebuah masakan bisa diolah menjadi masakan yang gurih dan enak seperti menggunakan santan loh. Bagaimana bisa? Coba deh, gunakan beberapa bahan pengganti santan kelapa yang akan kita bahas pada informasi berikut ini. Lalu pilih bahan yang sekiranya Anda sukai dan bisa Anda kreasikan sendiri sesuai dengan selera. Mau tahu apa saja? Yuk jangan sampai terlewat, cekidot.

5 Bahan Pengganti Santan Lebih Sehat untuk Penderita Kolesterol


1. Susu Sapi

Bahan pengganti yang satu ini disebut sebut punya rasa yang hampir menyerupai santan loh. Ya, susu sapi sendiri sudah sangat terkenal di lingkungan dapur Indonesia. Namun, yang patut diingat susu sapi yang digunakan sebagai pengganti santan adalah susu murni tanpa pemanis ya.

Meski kita tahu kalau susu sapi juga mengandung lemak namun, sebenarnya di dalamnya terdapat kandungan bagus untuk meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Menariknya lagi susu sapi ini bisa memberikan manfaat yaitu mencegah penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

2. Susu Almond

Selain susu sapi, Anda juga bisa menggunakan susu almond sebagai bahan pengganti santan kelapa. Dalam susu almond mengandung kalori yang lebih rendah daripada santan kelapa bahkan rasanya cenderung lebih netral sehingga tidak perlu khawatir kalau susu almond akan mengubah cita rasa masakan Anda.

Namun, berbeda dengan santan kelapa, susu almond memiliki tekstur dan kekentalan yang berbeda. Sehingga dalam pemanfaatan susu almond sebagai bahan pengganti santan kurang cocok digunakan untuk jenis menu masakan seperti kari atau rendang yang memiliki tekstur creamy.

3. Plain yoghurt

Jika membayangkan rasa yoghurt, Anda mungkin langsung berpikir rasanya yang asam. Namun, tahukah Anda, kalau yoghurt bisa dijadikan sebagai bahan pengganti santan loh. Bagaimana bisa? Ya karena jenis yoghurt yang digunakan bukan sembarangan melainkan plain yoghurt.

Nah, di dalam plain yoghurt terdapat kandungan kolesterol yang lebih rendah dari santan kelapa. Bahkan manfaatnya bisa untuk melancarkan pencernaan loh. Untuk bisa membuat plain yoghurt memiliki tekstur yang mirip dengan santan, Anda cukup mencampurkannya dengan air.

4. Tahu sutra

Tahu menjadi bahan makanan yang terkenal khususnya di kalangan vegan. Menarik dari tahu ternyata dapat digunakan sebagai bahan pengganti santan kelapa. Ya, tahu sutra bisa menggantikan santan dengan sangat simple loh. Caranya cukup mudah yakni menghaluskannya dengan blender, lalu menyaringnya dengan saringan biasa. Selesai deh, tahu sutra sudah bisa digunakan.

Tahu sutra sendiri berasal dari bahan utama susu kedelai dengan tekstur yang lebih lembut. Nah, mengapa tahu sutra cocok untuk menggantikan santan kelapa? Ya, pasalnya tahu sutra memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

5. Kemiri

Siapa yang tidak tahu kemiri, Kemiri adalah salah satu bumbu dapur yang sudah populer. Kandungan kemiri yang rendah kolesterol dan memiliki kekentalan mirip santan kelapa membuatnya cocok sebagai bahan pengganti. Selain itu, kemiri juga memiliki rasa yang gurih dan hampir mendekati santan kelapa loh.

Lantas, bagaimana cara menjadikan kemiri sebagai bahan alami pengganti santan? Mudah sekali, Anda cukup menyangrai kemiri, lalu menghaluskannya dan memasukkan pada masakan Anda. Ya, penggunaannya sama saja seperti penggunaan santan kelapa.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas beberapa bahan pengganti santan yang lebih sehat dikonsumsi khususnya untuk para penderita kolesterol yang harus mengurangi asupan lemak dan kolesterol dalam santan dan bahan makanan lainnya. Pilihlah bahan pengganti santan kelapa dengan kadar kolesterol yang lebih rendah seperti bahan bahan diatas yang sudah disebutkan.

Sama seperti santan, bahan bahan alami pengganti diatas juga sangat mudah ditemukan dipasaran. Selain itu, harganya juga terjangkau dan ramah dikantong. Jadi tidak ada masalah yang berarti untuk mengganti bahan makanan santan kelapa menjadi bahan pengganti lainnya bukan? Anda bisa memilih bahan pengganti santan kelapa sesuai dengan kesukaan Anda. Selamat berkreasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel