Resep Mudah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Tanpa Santan

Racikanbumbu.Com - Kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai menu makanan dan minuman yang lezat. Salah satu menu olahan dari bahan utama kacang hijau yang populer adalah bubur kacang hijau. Saat ini memang banyak ditemui para penjual bubur kacang hijau di Indonesia, namun tidak ada salahnya jika Anda sendiri mencoba untuk membuatnya dirumah dengan resep cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan yang enak.

Sebenarnya cara membuat bubur kacang hijau bisa dikreasikan sendiri sesuai kesukaan. Misalnya bubur kacang hijau bisa dibuat menggunakan santan atau tanpa santan jika Anda tidak suka santan yakni dengan cara menggantinya menggunakan susu kental manis. Atau menggunakan bahan pengganti santan lainnya untuk membuat bubur kacang hijau sesuai selera Anda.

Tahukah Anda, kacang hijau sendiri merupakan makanan khas Nusantara yang sangat nikmat untuk hidangan buka puasa maupun di kala cuaca sedang dingin atau panas. Ya, Anda bisa menambahkan es batu untuk menambahkan sensasi yang menyegarkan di kala panas, ataupun menyajikannya dalam kondisi masih hangat saat cuaca dingin.

Yuk buat bubur kacang hijau sendiri dirumah kapan saja Anda mau secara sehat dan bersih dengan resep yang disediakan di bawah ini.

Resep Mudah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Tanpa Santan


1. Bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat bubur kacang hijau yang lezat, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan wajib. Anda bisa membelinya di warung atau pasar terdekat, karena bahan bahan ini mudah ditemukan. Nah, Bahan bahan sederhana yang dibutuhkan tersebut adalah :
  • Kacang Hijau 250 gram
  • Tepung Maizena 1 sdm
  • Daun Pandan 2 lembar
  • Gula pasir 2 sdm
  • Jahe yang dimemarkan 1 cm
  • Garam 1 sdt
  • Susu kental manis rasa vanilla 5 sdm
  • Air 1 liter

2. Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Jika Anda sudah mempersiapkan semua bahan di meja. Maka Anda sudah bisa mulai untuk mengolah kacang hijau menjadi bubur yang lezat. Namun perhatikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan juga supaya bubur kacang hijau bisa enak maksimal. Langkah langkah membuat bubur kacang hijau adalah sebagai berikut :
  1. Pertama tama yang perlu Anda lakukan adalah mengambil kacang hijau dan mencucinya terelebih dahulu. Setelah itu, rendam dalam sebuah wadah selama kurun waktu 2 jam. Patut untuk diperhatikan, merendam kacang hijau terlebih dahulu sangat penting untuk membuat kacang hijau menjadi lebih lembut dan enak.
  2. Setelah kacang hijau selesai direndam, ambil dan rebus kacang hijau tersebut di dalam 1 liter air. Jangan lupa masukkan juga jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya, gula pasir, daun pandan serta garam. Aduk rebusan kacang hijau tersebut sampai merata.
  3. Selanjutnya bahan lainnya yakni tepung maizena larutkan bersama dengan 2 sdm air. Lalu masukkan ke dalam rebusan kacang tadi.
  4. Selanjutnya, Anda bisa memasukkan susu kental manis rasa vanilla ke dalam rebusan kacang hijau sambil di aduk dan tunggu hingga sudah mendidih.
  5. Selesai kini, bubur kacang hijau tanpa santan siap untuk disajikan selagi hangat. Jika Anda ingin menyantap bubur kacang hijau dalam kondisi dingin, silahkan angkat, tunggu hingga tidak panas lagi dan berikan tambahan es batu. Selamat menikmati.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas resep cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan yang enak. Siapa saja sebenarnya bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan yang sederhana dan mudah ditemukan di pasaran. Selain rasanya yang enak, gizi dan nutrisi dalam kacang hijau memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daripada membeli bubur kacang hijau di tempat lain, membuatnya sendiri dirumah dilansir lebih aman dan direkomendasikan. Ya, karena Anda sendiri bisa memastikan sendiri kualitas bahan yang digunakan dan kebersihan bisa terjaga dengan baik. Tunggu apalagi, yuk segera kreasikan bubur kacang hijau Anda sebagai menu camilan sendiri maupun disantap rame rame bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel