Jenis jenis buah Mangga beserta gambarnya dan ciri cirinya

Racikanbumbu.Com - Salah satu tanaman unggulan yang memiliki buah berkhasiat untuk kesehatan tubuh adalah Tanaman Buah Mangga. Tanaman ini menghasilkan buah yang memiliki cita rasa manis dan paling banyak dibudidayakan oleh para petani buah pada daerah tertentu di Indonesia. Apabila dilihat dari pohonnya yang mempunyai perawakan yang cukup besar, pohon ini juga bisa mencapai tinggi 40 meter atau bahkan lebih. Batang pohon mangga umumnya memiliki postur yang tegak dengan cabang agak kuat, daun – daun pada setiap dahannya tergolong lebat yang membentuk tajuk indah berbentuk kubah, oval atau memanjang dengan diameter bervariasi sampai 10 meter. Ciri ciri tanaman buah mangga biasanya disesuaikan dengan satu jenis tanaman mangga, karena mangga sendiri ternyata tidak hanya memiliki satu jenis saja, tetapi terdiri dari beberapa macam.

Selain dari variasi tanaman mangga yang berbeda – beda, tentunya buah yang dihasilkan juga berbeda. Menurut beberapa penelitian pertanian, Buah mangga termasuk dalam jenis buah batu yang memiliki daging. Buah yang terkenal karena rasa manisnya ini juga memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi bergantung dari varietas tanamannya. Rasa buah mangga yang manis hingga masam itu sendiri tergantung dari induknya dengan kandungan kadar airnya. Anda bisa lihat pada gambar setiap jenis buah mangga dengan bentuk dan warna yang berbeda. Buah mangga yang masak atau matang biasanya dikonsumsi dalam keadaan baik dan segar sebagai campuran makan atau minuman yang sehat seperti campuran es buah, jus mangga, manisan, irisan buah kering dikalengkan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Buah yang cocok untuk Ibu Hamil dan menyehatkan

Nah, karena perkembangan teknologi di bidang pertanian begitu pesat. Maka, banyak pula lahir varietas –varietas baru sebagai mangga unggulan mulai dari buah mangga lokal sampai dengan varietas buah mangga impor yang juga dibudidayakan di Indonesia. Tertarik ingin membudidayakan buah yang satu ini? Alangkah baiknya kita kenalan dulu sama Macam –macam buah mangga berdasarkan ciri –cirinya, untuk lebih memahami pemaparan fisiknya, maka pembahasan ini juga dilengkapi dengan gambar yang unik dan menarik. Tanpa membuang waktu, yuk langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis –Jenis Buah Mangga beserta gambarnya dan ciri -cirinya

1. Mangga Manalagi

Buah mangga ini di kembangkan di kota Situbondo, Jawa Timur. Buah mangga yang satu ini tersohor karena memiliki cita rasa yang sangat manis dan nikmat. Sudah menjadi informasi umum buah mangga Manalagi memiliki kelezatan yang jawara. Kebanyakan orang pun mulai beranggapan baha buah ini merupakan perpaduan antara mangga golek denga mangga arumanis. Nah, untuk membedakannya dengan mangga lainnya ini ciri –cirinya :
  • Ukurannya sedang namun lebih kecil dari mangga golek.
  • Kulit buah yang masih muda berwarna hijau, dan apabila matang juga masih berwarna hijau tapi agak keabuan.
  • Ada bintik –bintik putih yang jumlahnya banyak pada badan buah.
  • Daging buahnya padat dan berserat.
  • Kulit buah tebal dan juga berlilin.
  • Rasanya sangat manis dan buat ketagihan.

2. Mangga Yu Wen

Buah Mangga Yu Wen, merupakan varietas baru yang banyak digemari oleh para pecinta buah. Sesuai dengan namanya, buah ini berasal dari Negara Taiwan. Selain dari tampilan fisik yang menarik buah ini menyimpan kelezatan yang luar biasa dibalik daging buahnya tersebut. Bahkan tingkat kemanisannya bisa mencapai taraf level 15 brick. Apabila Anda ingin mengenalinya cirri – cirinya adalah sebagai berikut :
  • Memiliki kulit warna yang nyentrik yakni merah terang.
  • Daging buah mangga tergolong tebal.
  • Tekstur rasa buah lembut dan tanpa serat.
  • Didalamnya terdapat biji super tipis.

3. Mangga Harumanis

Mangga ini merupakan salah satu yang sangat populer di dalam negeri. Mungkin dari sekian banyak jenis buah mangga, buah mangga harumanis adalah yang paling sering disebut-sebut. Permintaan masyarakat akan mangga ini juga tidak pernah menurun. Buat Anda yang belum mengenali cirri –cirinya, sebagai berikut uraiannya :
  • Terkenal akan rasanya yang sangat manis.
  • Aroma nya harum pada saat dalam kondisi masak atau matang.
  • Bentuk buahnya lonjong berparuh sedikit dengan ujungnya meruncing.
  • Satu mangga beratnya bisa mencapai 500 gram.
  • Kulit buahnya memiliki warna hijau tua dengan lapisan lilin yang menjadikan warnanya sedikit kelabu.
  • Terdapat bintik berwarna hijau keputihan di seluruh permukaan kulitnya.
  • Daging buahnya tebal, tidak berserat.

4. Mangga Chokanan

Buah mangga yang berasal dari Thailand adalah mangga Chokanan. Jenis buah ini merupakan buah favorit semua orang yang ternyata bisa di konsumsi pada saat matang sempurna maupun saat masih muda, inilah yang membedakannya dari jenis mangga lainnya. Mangga Chokanan memiliki nama lain yakni mangga madu. Untuk Ciri –cirinya adalah :
  • Memiliki cita rasa daging buah yang sangat manis.
  • Mengandung sedikit serat dan air.
  • Bagian buahnya berwarna hijau pada saat muda dan sedikit masam dan berubah warna menjadi kuning terang pada saat matang dengan rasa sangat manis.
  • Satu buah ini bisa mencapai 350 -450 gram

5. Mangga Mahatir

Mangga yang terkenal dengan ukurannya yang jumbo adalah Mangga Mahatir. Mangga ini berasal dari Kinabalu, Malaysia. Keunggulannya adalah dari ukurannya yang lebih besar dibandingkan jenis buah mangga yang lainnya. Kita sangat mudah mengenali buah yang satu ini karena selain besar mereka memiliki bentuk yang seragam untuk setiap buahnya. Ciri cirri fisiknya adalah seperti berikut ini :
  • Satu buah mangga Mahatir mencapai berat 2,5 sampai denga 3 Kg.
  • Memiliki bentuk menyerupai paruh burung dan seragam untuk semua buah dengan jenis ini.
  • Memiliki rasa yang manis dan lezat.
  • Buahnya tanpa serat.

Baca Juga : 10 Buah yang memiliki Vitamin C tertinggi

Inilah jenis buah mangga populer yang ada di seluruh dunia khususnya di Negara Indonesia. Buah mangga dengan jenis ini sangat cocok karena merupakan buah unggulan yang layak untuk dibudidayakan atau ditanam di Negara kita. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan memberi gambaran yang jelas sebagai cara pemilihan bibit yang cocok untuk di budidayakan di daerah tertentu. Informasi ini juga cocok untuk Anda yang hanya ingin mengetahui informasinya sebagai seorang penggemar buah mangga. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel