6 Kandungan buah Naga Merah dan manfaatnya untuk Kesehatan

Racikanbumbu.Com - Buah Naga, Apabila kita mendengar nama ini mungkin sedikit aneh ya? Apalagi bagi Anda yang belum mengetahui buah yang satu ini, sekilas yang ada dalam benak kita tentunya buah yang menyerupai naga. Namun, tahu kah Anda? Salah satu jenis buah yang terkenal karena khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia adalah buah naga. Buah ini berasal dari jenis kaktus yang cukup unik. Sebelum menjadi buah, bunga buah naga akan mulai bersemi sejak sore hingga malam hanya untuk menjadi layu ketika terkena paparan sinar matahari. Selain dari manfaat buahnya bagi kesehatan, disisi keindahan bunganya inilah yang membuatnya mendapatkan julukan Queen Of the night atau Moonflower. Kemudian apabila dilihat dari Fisiknya pun tergolong unik, mulai dari kulitnya hingga dagingnya.

Nah, dibalik  keunikan nama dan bentuknya inilah ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh manusia. Bagaimana tidak? Buah Naga banyak sekali menyimpan kandungan vitamin yang sangat diperlukan untuk tubuh kita, dengan mengonsumsi buah naga merah bisa dijadikan salah satu pilihan yang tepat untuk menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang. Terkhususnya untuk para ibu hamil, Buah Naga sangat recommended  banget karena kandungan nutrisi nya yang bermanfaat baik untuk ibu hamil.

Baca Juga : Cara buat Donat dari buah Naga yang Enak dan Lezat

Selain hal diatas, Buah naga juga memiliki cita rasa yang enak, dan ada beberapa orang juga bahkan mengolahnya menjadi sebuah makanan lezat. Nah, setelah mengonsumsi buah naga Anda pasti bertanya –tanya, Kandungan baik apa aja sih yang ada dalam satu buah naga? Manfaat apa saja yang bisa ia berikan bagi siapa saja yang mengonsumsinya? Nah, pada uraian berikut ini kita akan ulas secara singkat Kandungan dalam buah naga merah serta dari sinilah kita bisa mengetahui selengkapnya khasiatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Mau tahu? Yuk kita simak uraiannya sebagaimana yang dijelaskan di bawah ini.


Kandungan Buah Naga Merah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Buah Naga kaya akan serat dan rendah kalori jadi bisa membuat perut Anda terasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. Selain itu buah Naga juga bermanfaat membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung ada banyak air. Cocok dikonsumsi untuk anda yang berencana diet secara sehat dan alami. Cobalah mengonsumsi buah naga secara teratur maka berat badan Anda perlahan –lahan akan turun.

2. Mampu Mencegah Kanker

Sama seperti buah merah lainnya, Buah naga mengandung yang namanya lycopene yang ternyata bertanggung jawab dalam penyedia warna merah pada buah ini yang sudah terbukti dapat merendahkan resiko terkena penyakit kanker prostat. Tidak hanya lycopene, ternyata buah naga juga mengandung antioksidan hytoalbumin yang bisa membantu dalam pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh kita. Buah ini mengandung banyak serat, kalsium, fosfor, Vitamin C dan juga B2, serta buah naga bisa membantu dalam mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa diantaranya ampuh menyebabkan kanker.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh manusia

Manfaat buah naga lainnya adalah menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena banyak mengandung nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan mengonsumsi buah naga secara rajin, maka proses penyembuhan baik luka dari dalam maupun luka luar akan semakin cepat menekankan penyembuhannya. Anda juga bisa jadi tidak mudah sakit pada saat situasi buruk sekalipun karena kandungan dari buah naga yang cukup bisa menjaga Anda.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan Vitamin B1 dan B2 yang ada dalam buah naga akan membuat nafsu makan anda menjadi meningkat. Cocok untuk Anak anda juga yang pada umumnya anak- anak sangat susah untuk makan. Memang hal ini bertolak belakang dengan khasiat buah naga dalam hal diet, Namun buat Anda yang ingin mengurangi berat badan, hanya cukup dengan mengganti makanan sehari –hari dengan buah naga yang bisa mengenyangkan tanpa takut tubuh menjadi melebar.

5. Membantu Masalah pada Pencernaan

Untuk bisa membersihkan pencernaan, Anda cukup mengonsumsi buah naga. Kandungan fiber atau serat tinggi dapat membantu dalam mengobati kontipasi atau sembelit dan memperlancar sistem pencernaan. Dengan memakan daging buahnya yang mengandung protein baik juga dapat membuat badan Anda sehat dan segar senantiasa.

6. Membantu kesehatan dan pertumbuhan tulang dan melancarkan peredaran darah

Salah satu kandungan baik lainnya dalam buah naga adalah kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan Zat besi dan fosfor nya juga membantu dalam melancarkan peredaran darah serta membantu memperbaiki jaringan yang  rusak dalam tubuh Anda. Baca : Cara membuat minuman segar dari Buah Naga.

Inilah manfaat dari buah naga terutama bagi kesehatan tubuh kita berdasarkan kandungan gizi, vitamin yang ada didalamnya. Masih ragu mau mengonsumsinya atau tidak? Jangan segan untuk segera mengonsumsinya. Atau apabila kalian lebih suka buah yang bervariasi, Manfaatkan juga buah buah berkhasiat yang lainnya seperti apel, nanas, papaya, jeruk, anggur, delima, kiwi, pisang, strawberry dan masih banyak lagi.

Buah –buah bermanfaat ini juga bisa anda buat sebagai olahan makanan sehat. Beberapa makanan dan minuman sehat dari buah ini adalah Jus Buah naga, yang lain lagi membuatnya untuk bahan pembuatan salad, Kue, Pudding, Agar –agar dan masih banyak lagi. Selamat menikmati dan upayakan untuk terus hidup sehat. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel