10 Buah yang cocok untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

 Racikanbumbu.Com - Ibu hamil, sangat perlu asupan gizi yang cukup baik. Hal ini bisa diperoleh dari sayuran, susu, Buah- buahan dan lain sebagainya. Nah, sebagai seorang ibu pastinya ingin yang terbaik untuk anak yang ada dalam rahimnya, sehingga sangat penting untuk memperhatikan apa yang dia makan dan minum.

Asupan gizi yang baik untuk tubuh ibu dan sang janin salah satunya adalah Buah –buahan, dimana kandungan dalam buah mampu menetralisir kadar zat berbahaya dalam tubuh dan menjaga stamina serta kekebalan tubuh. Yang lain lagi dengan mengonsumsi buah sehat mampu mencukupi asupan gizi dan vitamin bagi sang janin.

Dari sekian banyak jenis buah yang terkenal dan banyak kita temukan di pasaran atau supermarket, Ada beberapa buah terbaik yang diperuntukkan untuk ibu hamil muda maupun yang tua. Buah apakah itu? Setidaknya ada 10 Buah terbaik untuk ibu hamil yang patut dicoba, karena 10 buah ini terkenal dengan sejuta khasiatnya yang bagus untuk ibu hamil.

Beberapa diantaranya Anda bisa dapatkan dengan mudah dipasar, toko buah atau supermarket dengan harga terjangkau karena buah- buah tersebut tergolong buah-buahan berstandar ekonomi. Mau tahu selengkapnya? Yuk ikuti pembahasannya pada uraian berikut.


10 Buah yang cocok untuk ibu hamil Muda dan Tua

1. Mangga

Buah Mangga adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, Zat besi, Folat dan Potasium yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan mencukupi semua nutrisi untuk kehamilan. Buah ini juga cocok untuk ibu hamil yang sedang menginginkan makanan manis seperti permen atau kue karena buah mangga memiliki rasa manis secara alami.

2. Semangka

Selama masa kehamilan perlu diketahui bahwa kebutuhan air bagi ibu hamil meningkat. Buah semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga sangat cocok menjaga ibu hamil terhidrasi. Buah semangka juga kaya akan vitamin, magnesium dan juga potassium hingga bisa mengurangi rasa kram otot pada saat trimester akhir, hal ini sering terjadi.

3. Jeruk

Pilihan buah yang bagus lainnya adalah buah Jeruk. Dimana buah jeruk punya kandungan Vitamin c tinggi, folat, air  dan juga serat. Kandungan vitamin C Membantu untuk menyerap zat besi dan kandungan air yang cukup banyak membantu ibu hamil untuktetap[ terhidrasi.

4. Apel

Buah untuk mengatur sisitem pencernaan yang baik adalah buah apel. Buah apel menyimpan sejuta manfaat yang terdapat dalam kandungannya seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, vitamin E dan juga zinc. Antioksidan yang ada dalam buah apel juga bantu dalam tumbuh kembang bayi sehingga lebih cepat. Manfaat lain dari mengonsumsi buah apel adalah mengurangi resiko penyakit, eksim  dan menjaga sistem kekebalan.

5. Pisang

Buah pisang punya kandungan yang sangat cocok untuk bantu ibu hamil menjalani masa kehamilan dengan baik. Buah pisang mengandung potassium yang bisa bantu untuk menjaga keseimbangan antara cairan dan elektrolit yang ada dalam tubuh, dengan demikian dapat meringankan kram dan kelelahan yangs sering dialami pada ibu hamil.

6. Alpukat

Bagi Ibu hamil muda jangan ragu untuk konsumsi buah Alpukat. Buah ini banyak mengandung vitamin dan zat gizi. Salah satunya adalah folat. Folat sangat dianjurkan dikonsumsi selama masa kehamilan setidaknya satu bulan sebelum konsepsi karena dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada sumsum tulang belang dan otak.

7. Delima

Buah delima bisa bantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, memberikan banyak energi karena mengandung banyak kalsium, zat besi, folat, protein dan nutrisi lain yang sangat bermanfaat. Delima adalah buah yang cocok untuk di konsumsi apabila ibu hamil kekurangan zat besi dan juga Vitamin K dalam buah delima juga berperan penting dalam pembentukan tulang si bayi.

8. Jambu biji

Salah satu buah yang memiliki manfaat dalam meningkatkan system kekebalan tubuh dan menstabilkan tekanan dalam darah pada saat kehamilan adalah Buah jambu biji. Manfaat lainnya adalah dapat membuat tubuh rileks, memperlancar proses pencernaan dan mengurangi kontipasi . Hal ini dikarenakan buah jambu biji mengandung cukup nutrisi, vitamin C, E, Karotenoid, Flavonoid, dan polifenol.

9. Lemon

Buah Lemon terkenal dengan air lemonnya yang banyak mengandung banyak  vitamin. Dimana dengan mengonsumsi buah ini dapat mengatasi rasa ingin muntah, mual dan yang membuat perut sering tidak nyaman. Manfaat lainnya yakni menjaga enamel gigi lebih seha, menghindari konstipasi atau sembelit dan memperlancar sistem pencernaan untuk ibu hamil.

10. Anggur

Salah satu kandungan dalam buah anggur yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah Magnesium. Dimana kandungan ini dapat mengurangi kram, meningkatkan sistem pencernaan sehingga dapat mencerna secara lebih baik. Kandungan baik lainnya juga ada Fruktosa dan folat yang dikombinasikan untuk metabolisme dalam tubuh.

Buah –buah bervitamin tinggi dan kaya akan gizi pada uraian diatas sangat cocok untuk ibu hamil baik yang sekarang sedang hamil muda maupun tua. Dengan menjaga asupan gizi melalui buah-buahan yang kaya akan manfaat tentunya sangat berpengaruh baik bagi tumbuh kembang janin yang ada dalam perut ibu, dan tentunya ditambah dengan asupan gizi dari makanan dan minuman lainnya seperti susu dan sayuran.

Apabila Ibu hamil tidak menyukai buah - buahan tersebut ketika di makan langsung, Ibu bisa coba untuk mengolahnya menjadi jus buah. Semoga informasi mengenai 10 Buah yang cocok untuk ibu hamil Muda dan Tua ini bisa bermanfaat dan terima kasih. Jangan lupa share jika informasi ini bermanfaat dan jangan lupa kembali lagi ya !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel