5 Manfaat buah Pisang untuk Pencernaan dan Diet

Racikanbumbu.Com - Buah Sehat dan Manis, siapa yang tidak suka? Salah satu buah itu adalah Pisang. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama ini bukan? Ini adalah buah yang sering kita lihat dimana mana. Selain memiliki rasa yang nikmat, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Beberapa daerah bahkan percaya bahwa buah ini bisa dijadikan bahan alternatif diet. Apakah benar? Pisang memang dikatakan mujarab menurunkan berat badan karena adanya vitamin, nutrisi, kandungan karbohidrat dan mineral yang cukup apabila dikonsumsi secara normal.

Tahukah anda? Menurut beberapa ahli, buah berwarna kulit kuning ini mengandung nilai energi lebih banyak yakni 136 kalori dan juga diklasifikasikan sebagai pemasok energi secara langsung karena kebutuhan tubuh. Karbohidrat yang ada di dalam buah pisang juga berfungsi sangat baik sebagai cadangan energi. Ada banyak kebaikan yang kita peroleh dari buah manis satu ini. Selain bisa dijadikan sebagai alat untuk penurunan berat badan. Buah ini juga recommended untuk memperlancar sistem pencernaan.

Sebenarnya ada banyak sekali khasiat yang anda dapatkan, jika mengonsumsi buah pisang. Apa saja kah itu? Khususnya pada article pembahasan kali ini, akan bahas sepuar tentang buah pisang. Anda yang merasa menyukai buah yang satu ini wajib sekali baca, karena anda tidak akan menyesal memilih buah pisang sebagai makanan buah terfavorit. Sebagai berikut akan diulas manfaatnya buah pisang dalam segi kesehatan khususnya untuk pencernaan dan program diet. Mari simak.


Manfaat Buah Pisang untuk pencernaan dan Diet

Pernahkah anda merasakan sakit perut? Mungkin anda mempunyai masalah dengan sistem pencernaan anda tersebut. Buah pisang adalah solusi yang tepat. Bagaimana caranya?
  • Cobalah untuk mengatasi masalah sakit perut dengan memakan buah pisang. Karena ada kandungan serat dan nutrisi, sangat baik untuk memperlancar sistem percernaan anda tersebut.
  • Sebagai pelengkap dalam program diet. Sebagaimana yang sudah kita bahas buah pisang banyak mengandung serat yang cukup. Sehingga ini akan memungkinkan anda merasa kenyang dalam proses yang lama walaupun anda hanya memakan dalam porsi sedikit saja.
  • Mengatasi Konstipasi Khususnya untuk buah pisang yang sudah matang . Namun anda perlu hati –hati karena dampak atau efek akan berbalik apabila anda mengonsumsi pisang yang belum matang atau masih berwarna hijau.
  • Buah pisang yang belum matang merupakan salah satu sumber sari pati resisten. Buah pisang bekerja sebagai bakteri yang baik untuk usus besar sehingga memungkinkan untuk meningkatkan pencernaan sekaligus dapat secara cepat menjaga kesehatan pada salur pencernaan anda.
  • Beberapa peneliti telah menunjukkan bahwa memiliki pola makan yang tinggi terhadap sayur dan buah dapat mengurangi resiko penyakit seperti kanker usus besar.

Nah, itu adalah sekilas tentang khasiat buah pisang yang sangat bagus untuk tubuh kita. Bagaimana cara yang baik untuk mengolahnya? Sekarang ini ada banyak kreativitas untuk mengolah buah pisang menjadi makanan lain yang sangat lezat seperti misalnya membuatnya untuk di jadikan camilan pisang. Agar nutrisi nya tetap terjaga, anda perlu membuat olahan yang tepat dan tidak menghancurkan kandungan di dalamnya. Misalnya hindari memasak dengan cara menggoreng untuk buah yang satu ini. Sebagai berikut ini adalah jenis olahan dari buah pisang yang bisa anda tiru :
  1. Jus atau smoothie dengan menambahkan bahan sehat lainnya seperti lemak, madu dan campuran buah yang lainnya.
  2. Irisan pisang dipadukan dengan oatmeal
  3. Bolu atau adonan kue dari bahan dasar pisang
  4. Selai kacang yang dioleskan pada buah pisang

Baca Juga :

Inilah dia seputar kegunaan buah pisang dalam kehidupan sehari hari. Satu hal saja yang perlu diperhatikan yakni jangan mengonsumsi buah pisang yang belum matang sepenuhnya, karena sejatinya kandungannya belum bisa dikatakan berkhasiat apabila belum masak. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah pisang secara seimbang untuk memperoleh hasil yang maksimal. Ingatlah sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan itu tidak akan baik. Semoga informasi ini senantiasa selalu bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel