5 Manfaat buah Pepaya untuk Bayi dan Ibu Menyusui

Racikanbumbu.Com - Siapa yang tidak kenal dengan buah manis yang satu ini, Buah pepaya selain memiliki rasa yang enak juga memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Terkhususnya untuk sang ibu yang sedang menguasai dan juga bayi nya itu. Bagaimana bisa? Yaa, karena kandungan vitaminnya inilah yang membuatnya patut untuk dijadikan pilihan makanan buah terfavorit. Selain bisa di olah menjadi berbagai aneka macam makanan beragam, buah pepaya dapat memenuhi kebutuhan tubuh anda akan nutrisi, apalagi bagi bayi pasti sangat memerlukan hal ini untuk kelangsungan tumbuh kembang anak tersebut.

Tidak hanya itu loh manfaatnya, selain sebagai asupan nutrisi untuk sang bayi, buah pepaya mampu membantu dalam proses pemulihan untuk para wanita yang baru saja selesai melahirkan. Sewaktu sedang hamil atau mengandung sang ibu cenderung akan selalu selektif dalam memilih makanan yang sehat untuk bayi nya, maka setelah melahirkan pun hal ini tidak berubah, para ibu juga mesti sibuk menyeleksi makanan yang baik untuk anak nya. Jadi, Buah papaya merupakan salah satu makanan yang cocok sekali untuk dijadikan pilihan untuk ibu yang sedang menyusui dan juga untuk bayi tersebut.

Anda pasti bertanya Tanya seputar pertanyaan berikut “Apa saja sih nutrisi atau kandungan dari buah pepaya sehingga ia bisa dikatakan sebagai Buah yang kaya akan manfaat khususnya untuk ibu yang sedang menyusui dan juga bayinya itu?” lalu selanjutnay “Kandungan dari buah pepaya berkhasiat untuk apa aja sih? Untuk kesehatan? Pertumbuhan? Daya tahan? Atau apa lagi ya?”, Jangan khawatir anda akan segera mendapatkan jawabannya pada uraian di bawah ini secara lengkap. Mau tahu? Langsung saja yuk simak.


Manfaat Buah Pepaya untuk bayi dan Ibu menyusui

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya buah jeruk atau sejajarannya saja yang memiliki vitamin C. Tetapi Buah papaya juga populer dengan khasiat akan vitamin C nya. Nutrisi ini sendiri berperan aktif dalam menangkal radikal bebas dan juga menyaring virus yang mungkin bisa saja masuk ke dalam tubuh anda sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit. Selain dari Vitamin C dan antioksidannya, buah papaya kaya akan kandungan betakaroten yang bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mencegah Dehidrasi

Buah papaya mengandung banyak sekali kalium yang kita tahu dapat meningkatkan cairan tubuh sehingga kita bisa terhindar dengan yang nama nya dehidrasi yaitu keadaan dimana tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi tak jarang sering dialami oleh ibu yang sedang menyusui, cairan yang ada dalam tubuh sang ibu juga berpengaruh pada energi untuk bayi nya bahkan bahaya nya dehidrasi dapa membuat ibu dan bayi lemah kondisi fisiknya. Maka, dengan mengonsumsi buah manis ini bisa menghindari Dehidrasi dan menambah tenaga atau energi untuk tidak muah lelah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K pada buah papaya ternyata dapat menjaga kesehatan tulang karena sejatinya vitamin K dapat mengubah protein pada tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga seorang ibu yang mengonsumsi buah papaya dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan kembang bayi melalui ASI (Air susu Ibu). Apapun yang di konsumsi oleh sang ibu akan berdampak terhadap bayi karena pemberian asupan bayi melalui ASI.

4. Memperbanyak ASI

Pada Ibu yang sedang menyusui pastinya ingin bayi nya sehat senantiasa dan terus bertumbuh kembang dengan baik. Asupan yang penting yang harus disediakan oleh sang ibu adalah kebutuhan akan air. Dalam buah papaya cukup memiliki kandungan mineral yang di butuhkan oleh sang buah hati.  Apabila buah papaya dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka hasilnya sangat bagus dan berkhasiat.

5. Menurunkan Berat Badan

Tahu kah anda? Enzim apa saja yang terdapat dalam buah papaya? Yaa, buah papaya dapat mengurangi jumlah protein, lemak, dan karbohidrat dalam tubuh anda sehingga proses dalam tubuh dapat bekerja secara lancar dan dapat mengurangi berat badan anda sehingga lebih efesien dalam kegiatan menyusui. Untuk sang ibu yang ingin diet namun masih menyusui, sebaiknya diurungkan terlebih dahulu, gunakan saja buah papaya sebagai cara alternatifnya.

Baca Juga :

Itulah beberapa khasiat dari buah papaya yang sangat patut untuk anda coba sebagai salah satu makanan buah pilihan. Kandungan serupa juga dimiliki oleh jenis buahan lainnya seperti Jeruk, Nanas, Apel, Sirsak, durian, kelengkeng, langsat dan masih banyak lagi. Satu hal yang perlu diperhatikan, untuk jangan mengonsumsi sesuatu secara berlebihan. Tentukan batas makanan anda, karena sesuatu yang berlebihan bisa berdampak tidak baik. Maka, sebaiknya makanlah buah atau sayuran sehat sesuai dengan kebutuhab anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda! Terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel