Resep Botok Tahu Tempe Lamtoro Sederhana yang Enak dan Mudah

Racikanbumbu.Com - Orang Jawa biasanya tidak asing dengan salah satu masakan populer yang satu ini. Ya, Botok sendiri merupakan salah satu sajian masakan sederhana yang banyak diminati masyarakat. Ada banyak resep spesial untuk membuat botok yang sayang dilewatkan. Salah satu yang umum dan banyak disukai adalah Botok Tahu Tempe Lamtoro yang sederhana namun enak dan mudah.

Kuliner tradisional yang satu ini kerap ditemui sebagai salah satu pilihan lauk sehari hari khususnya buat masyarakat Pulau Jawa. Apakah Anda sudah pernah menikmati sajian botok sebelumnya? atau bahkan dirumah sudah pernah memasaknya sendiri? Meskipun makanan tradisional ini banyak ditemui dipasaran, namun Anda sebenarnya bisa membuatnya sendiri dirumah loh, asalkan Anda tahu resepnya saja.

Botok sendiri identik dengan isi parutan kelapa yang dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Beberapa menu yang terkenal dengan botok adalah botok ikan teri, tempe, tahu, isi udang rebon, botok jamur, botok petai china atau lamtoro, daun simbukan, daun beluntas dan masih banyak lagi. Nah, secara khusus pada artikel ini kita akan membahas resep botok tahu tempe lamtoro yang sederhana tapi sangat nikmat.

Selengkapnya mengenai resep botok tahu tempe lamtoro yang praktis dan sederhana ada di bawah ini.

Resep Botok Tahu Tempe Lamtoro Sederhana yang Enak dan Mudah


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Kelapa muda parut 1/2 butir
  • Tempe 1 buah ukuran kecil
  • Tahu 1 buah ukuran kecil
  • Lamtoro atau petai cina 50 gram
  • Ikan teri 50 gram
  • Santan 75 ml

Bahan pelengkap :
  • Daun salam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • Daun kemangi segenggam
  • Lidi secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 7 siung
  • Kencur 2 cm
  • Kemiri 2 butir
  • Cabai keriting 7 buah
  • Kunyit 1 cm
  • Gula pasir 1 sdt atau secukupnya
  • Garam 1 sdt atau secukupnya

Cara membuat botok tahu tempe lamtoro :
  1. Pertama tama, silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat botok tahu tempe lamtoro seperti rincian bahan yang ada diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah selesai disiapkan pastikan semua bahan dalam keadaan yang bagus dan bersih. Kemudian silahkan untuk haluskan semua bumbu halus menggunakan blender atau secara manual menggunakan ulekan. Biasanya cita rasa bumbu ulekan lebih nikmat. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya kita siapkan tahu dan tempe. Silahkan untuk memotong keduanya menjadi bentuk kotak kotak atau dadu. Setelah itu kukus sampai empuk.
  4. Sambil mengukus tempe dan tahu, Anda juga bisa merendam teri dengan air panas. Tujaunnya adalah untuk menghilangkan adanya bau amis yang menyengat.
  5. Nah, untuk setengah kelapa muda silahkan diparut terlebih dahulu.
  6. Jika sudah selesai, silahkan ambil wadah dengan ukuran sedang saja atau sesuai kebutuhan. Masukkan bumbu halus kedalamnya bersama santan. Lalu aduk sampai santan dan bumbu halus merata.
  7. Tambahkan tahu, tempe, kelapa parut, petai cina atau lamtoro dan aduk kembali menjadi satu.
  8. Lalu, siapkan daun pisang sebagai bungkus botok. Masukkan secukupnya adonan botok tadi ke dalamnya.
  9. Jangan lupa bagian atasnya ditambah dengan daun kemangi dan daun salam supaya aromanya lebih sedap.
  10. Terakhir sematkan lidi sebagai pengunci bungkusan botok.
  11. Nah, selanjutnya Anda tinggal siapkan kukusan sampai mendidih dan masukkan bungkusan botok ke dalamnya dengan rapi supaya botok bisa matang secara merata.
  12. Kukus botok selama kurang lebih 30 menit atau sampai daun berubah warna dan benar benar telah matang.
  13. Selesai, sajikan botok tahu tempe lamtoro tersebut bersama dengan sepiring nasi hangat. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi terbaru yang membahas tentang resep botok tahu tempe lamtoro sederhana yang enak dan mudah. Anda bisa mencoba resep ini kapan saja ketika Anda mau menikmati sajian masakan botok sederhana tanpa perlu membeli. Anda juga bisa mencoba berbagai resep menarik lainnya untuk membuat botok dengan kreasi bahan lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

Botok umumnya bisa dengan mudah ditemukan ditempat makan di Indonesia. Banyak orang menyukainya, nah, jika Anda ingin membuat jualan botok juga bisa mendapatkan keuntungannya dengan menjalankan bisnisnya. Apalagi bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat botok tidaklah ribet tetapi mudah didapat dan murah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel