Resep Tiwul Gula Merah bisa untuk Sarapan ataupun Camilan yang Enak

Racikanbumbu.Com - Mau buat menu sarapan yang enak atau hanya untuk sekedar camilan santai? Tapi bingung mau buat apa hari ini? Nah, salah satu resep yang direkomendasikan adalah Tiwul Gula Merah. Bagi Anda yang belum tahu, Tiwul sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang kemudian dikeringkan. Biasanya makanan satu ini disebut juga dengan istilah Gaplek.

Menariknya, Tiwul umumnya disajikan sebagai makanan pengganti nasi loh. Hal ini karena memang bahannya dari singkong yang cocok dengan kandungannya yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh dan buat kenyang. Makanan satu ini terkenal di pulau Jawa, namun juga sudah banyak diketahui diberbagai daerah lainnya di Indonesia.

Khususnya makanan ini banyak ditemui di penduduk Trenggalek, Wonosobo, Wonogiri, Gunungkidul, Blitar dan Pacitan yang dikenal sering mengonsumsi makanan ini bahkan untuk menu sehari hari. Bagaimana rasa Tiwul? Apakah enak? Jawabannya adalah Iya, karena Tiwul memiliki perpaduan rasa yang khas dari singkong dicampur berbagai rasa yang menggiurkan. Contohnya sudah banyak kreasi rasa Tiwul rasa kopi, pandan, keju, cokelat, nangka dan gula merah.

Nah, pada uraian berikut ini, kita akan ulas resep Tiwul rasa gula merah yang bisa Anda jadikan sebagai menu sarapan atau hanya sekedar camilan dirumah. Yuk simak.

Resep Tiwul Gula Merah bisa untuk Sarapan ataupun Camilan yang Enak


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung singkong 100 gram
  • Air 60 ml
  • Gula merah 50 gram yang disisir

Bahan taburan :
  • Kelapa parut 3 sdm
  • Sejumput garam

Cara membuat Tiwul Gula Merah :
  1. Langkah pertama silahkan siapkan semua bahan diatas yakni semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tiwul gula merah.
  2. Jika semua bahan sudah siap, kita mulai dengan menyiapkan terlebih dahulu tepung singkong pada sebuah wadah yang cukup lebar.
  3. Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk menggunakan tangan hingga terbentuk seperti pasir namun basah.
  4. Jika sudah, silahkan berikan gula merah yang sudah disisir sebelumnya kemudian diaduk kembali.
  5. Selanjutnya silahkan siapkan kukusan yang sudah dipanaskan. Masukkan Tiwul gula merah tadi ke dalam kukusan tersebut. Kukus dan tunggu selama kurang lebih 20 menit atau sampai kukusan telah matang.
  6. Apabila sudah matang, angkat kemudian sajikan. 
  7. Terakhir tinggal taburi dengan kelapa parut yang sudah dicampur garam sebelumnya. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep Tiwul gula merah yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan atau camilan yang enak. Rasanya akan semakin nikmat dan lezat jika disantap sama sama bersama keluarga. Jadi cocok banget nih, jadi menu andalan untuk kumpul kumpul keluarga atau bersama teman teman sambil mengobrol santai.

Meskipun Tiwul berasal dari pulau Jawa, namun popularitasnya sudah menjadi nasional dan banyak disukai oleh banyak kalangan. Tidak banyak ditemui, makanan ini di daerah luar pulau jawa, namun Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan resep bahan dan cara membuat yang sudah dibagikan. Mudah dan tidak terlalu sulit untuk membuatnya sendiri bukan? Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel