Resep Minuman Matcha Latte ala Cafe yang Mudah Buat Sendiri Dirumah

Racikanbumbu.Com - Siapa yang suka minuman rasa Matcha? Sebagian orang menyukai minuman dengan rasa ini. Selain memiliki cita rasa yang khas, manis dan creamy nya, Matcha juga bisa menjadi minuman yang menyegarkan. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas resep minuman Matcha latte ala cafe yang mudah di buat sendiri dirumah.

Sebagaimana yang kita tahu aneka minuman rasa Matcha memang bisa kita dapatkan dengan mudah di cafe, tempat nongkrong, mall, restoran dan lain sebagainya. Namun, kalau bisa membuatnya sendiri dirumah bahkan mengkreasikannya sendiri dirumah sesuai selera, tentu minuman akan menjadi lebih istimewa bukan? Khususnya bagi Anda sebagai penyuka rasa Matcha ini.

Nah, Matcha sendiri merupakan sejenis teh bubuk yang biasanya dibuat dan disajikan dalam bentuk seduhan minuman teh hangat. Namun, saat ini Matcha juga sudah banyak diolah menjadi berbagai kreasi minuman enak. Contohnya adalah Matcha latte. Perpaduan antara Matcha dan latte yang menghasilkan rasa yang manis dan sedikit pahit karena Matcha itu sendiri bisa membuat Mood Anda jadi lebih baik.

Nah, tunggu apalagi penasaran bagaimana caranya membuat Matcha latte ala cafe yang mudah dan enak dirumah? Yuk simak.

Resep Minuman Matcha Latte ala Cafe yang Mudah Buat Sendiri Dirumah


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Bubuk Matcha 1 sdt
  • Creamer bubuk 2 sdm
  • Air panas 4 sdm
  • Susu full cream cair 250 ml
  • Sirup gula 3 sdm

Alat alat yang dibutuhkan :
  • Panci
  • Gelas
  • Sendok
  • Saringan
  • Pengocok (Whisk)

Cara membuat Matcha Latte :
  1. Langkah pertama setelah selesai menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, siapkan panci terlebih dahulu. Lalu isi dengan air dan taruh diatas kompor. Nyalakan api dan rebus air tapi tidak sampai mendidih dan tidak terlalu panas. Matikan kompor.
  2. Selanjutnya siapkan gelas. Masukkan bubuk Matcha ke dalamnya. Tambahkan creamer bubuk dan sirup gula. Terakhir tambahkan lagi air panas yang sudah direbus tadi sebanyak 4 sendok makan saja.
  3. Jangan lupa aduk aduk olahan minuman tersebut sampai bahan bahannya sudah tercampur dengan rata. 
  4. Disisi lain, siapkan lagi panci lalu isi ke dalamnya susu cair, dan rebus hingga susu menjadi beruap. Namun tidak sampai mendidih ya. Matikan kompor.
  5. Berikutnya, tuangkan susu tersebut ke dalam sebuah gelas yang kosong.
  6. Ambil whisk atau pengocok, lalu kocok susu sampai menjadi berbusa.
  7. Setelah itu, tuangkan pada gelas yang sudah berisi Matcha tadi. Lalu, jangan lupa aduk sampai keduanya tercampur menjadi satu.
  8. Supaya tampilannya bisa semakin cantik, Anda bisa menambahkan bubuk Matcha dengan cara ditaburkan diatasinya sebagai hiasan.
  9. Selesai Matcha Latte, sudah siap dinikmati.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang mengulas resep minuman Matcha latte ala cafe yang mudah dibuat sendiri dirumah. Tahukah Anda, ada yang menyebut Matcha sama dengan Green Tea. Benarkah demikian? Meskipun sama sama memiliki warna hijau keduanya memiliki beberapa perbedaan yang bisa Anda perhatikan.

Misalnya untuk Green Tea, ketika Anda menyeduh Green Tea maka warna minuman yang dihasilkan adalah bening atau jernih daripada Matcha. Sedangkan Matcha, dari segi warn memiliki warna hijau yang lebih gelap atau lebih mencolok. Inilah salah satu perbedaan Green Tea dan Matcha yang patut Anda ketahui sebelum mengolah minuman dengan bahan bahan tersebut. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel