Resep Cara Membuat Kol Goreng Sederhana yang Enak

Racikanbumbu.Com - Kol merupakan salah satu jenis sayur yang populer dijadikan berbagai menu masakan sayuran. Misalnya, dalam sajian pecel lele belum lengkap rasanya kalau tidak disajikan dengan kol goreng. Lantas, bagaimana sih resep dan cara membuat kol goreng sederhana yang enak? Mudah sekali, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri dirumah untuk melengkapi sajian masakan Anda.

Meskipun cara memasak kol goreng termasuk mudah dan praktis, namun Anda perlu tahu beberapa hal yang bisa membuat kol goreng jadi kurang nikmat. Misalnya karena penggunaan minyak goreng yang terlalu banyak, seringkali akan membuat kol yang digoreng tidak crispy melainkan meninggalkan banyak minyak.

Nah, selain dari rasanya yang kurang gurih, banyak minyak pada kol tentu saja tidak baik untuk kesehatan bukan? Oleh sebab itu, sebelum menggoreng kol, Anda perlu tahu cara dan tips nya supaya kol tidak menyerap minyak dan lebih krispi. Pastinya, kol goreng yang krispi dapat memberikan nilai yang lebih sebagai pelengkap menu makanan Anda.

Selengkapnya mengenai resep dan cara membuat kol goreng sederhana yang enak bisa lihat di bawah ini. Yuk simak.

Resep Cara Membuat Kol Goreng Sederhana yang Enak


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Kol 150 gram diiris kasar
  • Tepung beras 1 sdm
  • Minyak goreng
  • Garam ½ sdt

Cara membuat kol goreng sederhana :
  1. Langkah pertama untuk membuat kol goreng sederhana namun enak adalah dengan menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Pastikan Anda memilih bahan yang berkualitas dan sudah bersih. Sehingga Anda perlu mencuci bersih kol terlebih dahulu dengan air mengalir.
  2. Setelah kol sudah bersih tiriskan dan keringkan.
  3. Barulah selanjutnya taburi dengan garam dan tepung beras dan aduk aduk sampai bahan bahan tersebut merata dengan baik.
  4. Langkah berikutnya silahkan untuk memasukkan kol ke dalam penggorengan yang sudah berisi minyak dan goreng sampai berubah warna menjadi kecoklatan dan kering.
  5. Angkat dan tiriskan. Kol goreng sudah siap disajikan.

Nah, supaya kol goreng tidak menyerap minyak secara berlebihan beberapa tips yang bisa Anda terapkan adalah :
  • Menggunakan teknik sautee, teknik ini bisa digunakan untuk membuat kol goreng lebih krispi dimana hanya menggunakan sedikit minyak dan panas yang tinggi dalam waktu singkat. Suatee Sendiri bisa dijadikan teknik pengganti deep fry.
  • Menggunakan minyak goreng yang relatif stabil. Minyak ini dipanaskan dalam suhu yang cukup tinggi agar tidak berubah menjadi lemak trans dengan cepat.
  • Merendam kol sebelum digoreng dengan air garam. Trik ini akan menambah cita rasa pada kol setelah digoreng. Jangan lupa setelah direndam, sebelum digoreng air rendamannya harus ditiriskan terlebih dahulu.
  • Gunakan kertas penyerap minyak atau tisu. 

Uraian diatas adalah informasi update yang mengulas resep dan cara membuat kol goreng sederhana yang enak dan patut Anda ketahui. Selain karena memang ingin menyajikan masakan yang lezat untuk keluarga, resep ini membuat kesehatan dan keamanan tetap terjaga karena mampu mengontrol minyak dalam kol saat digoreng tidak berlebihan.

Kol tidak hanya lezat diolah menjadi kol goreng tetapi masih banyak lagi berbagai olahan kol yang bisa Anda coba dirumah. Beberapa diantaranya adalah tumis sayur kol, orak arik sayur kol, Cabbage rolls, kol masak kuning, sayur kol terong, sayur lemak kol teri dan lain sebagainya. Anda bisa menjadikan kol sebagai salah satu referensi menu harian yang lezat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel