Resep Cara Membuat Susu Kedelai Enak yang Tahan Lama

Racikanbumbu.Com - Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang terkenal di Indonesia. Biasanya orang orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi akan lebih memilih untuk mengonsumsi susu kedelai. Selain karena rasanya yang enak, minuman ini tentu saja menyehatkan. Bagi Anda yang mau membuat susu kedelai sendiri, resep dan cara membuat susu kedelai yang enak dan tahan lama bisa dilakukan dengan mudah.

Tahukah Anda, susu kedelai yang kerap menjadi pengganti susu sapi sebenarnya bukan terbuat dari susu murni. Melainkan sesuai dengan namanya susu kedelai diambil dari saripati kedelai yang diperoleh dengan cara merendam kedelai di dalam air lalu mengambil sarinya yang berwarna putih layaknya seperti susu.

Karena terbuat dari bahan alami, susu kedelai selain enak juga bisa menjadi sumber energi yang baik. Dimana di dalamnya terdapat kandungan seperti potassium, protein, serat, magnesium, fosfor dan protein. Kandungan gizi tersebut melimpah dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak heran kalau banyak orang ingin bisa membuatnya sendiri dirumah.

Jika Anda ingin juga mencoba membuat susu kedelai yang enak dan tahan lama, yuk simak resepnya pada tutorial di bawah ini mulai dari bahan bahan yang dibutuhkan hingga cara membuatnya. Silahkan disimak.

Resep Cara Membuat Susu Kedelai Enak yang Tahan Lama


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Kacang kedelai 250 gram
  • Gula pasir 10 sdm atau sekitar 150 gram
  • Vanili 0,5 sdt
  • Air mineral 1500 ml
  • Garam 0,5 sdt

Cara Membuat Susu Kedelai yang enak dan tahan lama :
  1. Langkah pertama, silahkan untuk menyiapkan wadah dan masukkan kacang kedelainya. Cuci bersih kacang kedelai sampai bersih terlebih dahulu, lalu rendam selama kurang lebih 8 jam atau 1 malam. Keesokan harinya, remas kacang kedelai supaya bisa terkelupas kulit ari nya.
  2. Saat meremas kacang kedelai, pastikan kalau kulit arinya sudah terkelupas sampai bersih. Kalau tidak bersih bisa menyebabkan susu kedelai cepat lengu atau tidak tahan lama. Setelah itu, cuci bersih kembali kacang kedelai yang sudah bersih dari kulit arinya.
  3. Selanjutnya, rebus kacang kedelai selama kurang lebih 5 menit.
  4. Siapkan blender, masukkan ke dalamnya kacang kedelai tadi bersama dengan air mineral. Blender sampai kacang kedelai terlumat menjadi bubur.
  5. Jika sudah selesai diblender, saring susu kedelai menggunakan kain bersih. Lebih baik untuk tidak menggunakan saringan kelapa, supaya bebas dari ampas sekecil pun. Remas kedelainya sampai kering dan tidak berair.
  6. Langkah berikutnya, siapkan panci lalu masukkan sari kedelai, ditambah dengan vanili, gula, serta garam. Rebus sambil diaduk selama 5 menit. Jika ada buih yang muncul, angkat dan buang saja buihnya.
  7. Selesai, susu kedelai sudah bisa dikonsumsi atau disimpan di dalam botol.

Inilah informasi update yang membahas tentang resep dan cara membuat susu kedelai enak yang tahan lama bisa Anda coba dirumah. Meskipun saat ini sudah banyak sekali orang yang menjual susu kedelai sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya, membuatnya sendiri dirumah akan lebih menjamin soal kualitas, kebersihan dan keamanannya.

Susu kedelai direkomendasikan untuk Anda sebagai salah satu resep minuman sehat untuk anak anak maupun untuk orang dewasa. Penuhi kebutuhan harian akan protein, serat, karbohidrat dan lemak yang baik dari susu kedelai. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel