Resep Cara Membuat Minuman Bunga Telang yang Enak untuk Kesehatan

Racikanbumbu.Com - Sebagian orang mungkin belum kenal dengan bunga telang, namun sebagian orang lagi menyukai tanaman yang satu ini karena bisa diolah menjadi minuman yang enak dan baik untuk kesehatan. Dahulu, bunga telang hanya dianggap sebagai tanaman liar yang mudah tumbuh dihalaman atau pekarangan. Namun, sekarang dengan resep cara membuat minuman bunga telang membuatnya banyak dimanfaatkan.

Jika Anda belum tahu bunga telang itu seperti apa, Anda bisa coba cari di daerah Anda karena sebenarnya bunga ini mudah ditemukan di berbagai tempat. Warna kelopak nya adalah berwarna biru gelap sedangkan untuk bagian dasarnya berwarna kuning dan putih. Warna biru ini berasal dari kandungan antioksidan antosianin yang ada di bunga telang. Zat ini bagus dalam menangkal radikal bebas yang memiliki efek berbahaya bagi tubuh.

Tidak hanya itu saja, manfaat bunga telang juga untuk kesehatan otak. Salah satu senyawa dalam bunga telang berpotensi memaksimalkan fungsi otak sekaligus meredakan aktivitas otak yang kerap memicu stress. Nah, kabar baiknya untuk mengonsumsi bunga telang tidak seperti mengonsumsi jamu atau ramuan minuman tradisional loh.

Anda bisa membuat kreasi minuman sehat dari bunga telang yang dibuat teh atau limun bunga telang. Nah, tutorial resep dan cara membuat minuman bunga telang yang enak untuk kesehatan akan kita bahas di bawah ini. Yuk simak.

Resep Cara Membuat Minuman Bunga Telang yang Enak untuk Kesehatan


1. Minuman Teh Bunga Telang

Bahan yang dibutuhkan :
  • Bunga telang segar 1 genggam (10 kelopak bunga telang yang sebelumnya sudah dikeringkan)
  • Air panas 200 ml

Cara Membuat Minuman Teh Bunga Telang :
  1. Pertama tama yang perlu dilakukan adalah menuangkan air panas ke dalam sebuah gelas atau cangkir
  2. Setelah itu masukkan bunga telang. Tunggu atau biarkan saja selama kurang lebih 15 menit. Pada saat itu, Anda bisa melihat perlahan lahan warna biru bunga telang akan luntur dan tercampur dengan air panas tersebut sehingga air berubah warna.
  3. Apabila dirasa bunga telang sudah cukup mengeluarkan warnanya, Anda bisa menyaring airnya dari ampas bunga telang tadi.
  4. Minuman teh bunga telang siap untuk dinikmati.

2. Minuman Limun Bunga Telang

Bahan yang dibutuhkan :
  • Air matang 1 liter
  • Bunga telang 20 gram
  • Es batu es secukupnya
  • Gula pasir 200 gram
  • Lemon buah diperas sebanyak 8 sampai 10 buah

Cara Membuat Minuman Limun Bunga Telang :
  1. Langkah pertama untuk membuat minuman limun bunga telang adalah memasukkan air sebanyak 600 ml, gula serta bunga telang kering ke dalam sebuah panci untuk membuat sirup. Rebus dan aduk terlebih dahulu lalu angkat sebelum air mendidih.
  2. Tutup pancinya dan biarkan saja selama kurang lebih 10 menit.
  3. Kemudian, setelah 10 menit berlalu, Anda bisa menyaring sirup dari bunga telang dan memindahkannya ke dalam wadah lain. Biarkan sampai minuman dingin dengan sendirinya.
  4. Lalu siapkan gelas yang didalamnya ada isian perasan lemon, es batu dan sisa air matang tadi.
  5. Barulah tambahkan sirup bunga telang sampai memenuhi setengah gelas.
  6. Terakhir Anda bisa tuangkan sisa perasan lemon di bagian atasnya.
  7. Selesai, Minuman Limun Teh Bunga Telang siap disajikan.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas resep dan cara membuat minuman bunga telang yang enak untuk kesehatan dan patut Anda coba. Apalagi kalau bunga telang ini banyak tumbuh di pekarangan atau lingkungan sekitar Anda, Anda bisa mencoba memanfaatkannya untuk diolah menjadi minuman yang lezat dan nikmat sekaligus bermanfaat untuk kesehatan.

Guna semakin memaksimalkan khasiatnya, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan aneka bahan bahan alami lainnya yang cocok. Misalnya seperti madu, parutan jahe, lemon atau serai seperti resep minuman yang sudah kita bahas tadi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel