Langkah-langkah Persiapan menyambut Bulan Ramadhan

Racikanbumbu.Com - Tidak terasa bulan Ramadhan akan tiba sebentar lagi, sudah saatnya bagi anda untuk melakukan persiapan menyambut bulan Ramadhan. Apa saja yang perlu anda persiapkan? Tentu saja banyak yang harus anda persiapkan, terutama beberapa hal di bawah ini yang akan kita bahas. Tidak hanya persiapan raga saja, tetapi juga jiwa dan juga batin kita perlu dipersiapkan. Agar kita semua dapat menjalankan satu bulan Ramadhan dengan bahagia dan juga suka cita.


Bertaubat dan Perbanyak Doa

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan adalah bertaubat. Bertaubat adalah langkah yang penting sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan. Sebagai manusia, kita pasti tidak pernah luput dari kesalahan dan juga dosa. Semua manusia pasti pernah melakukan suatu kesalahan. Entah kesalahan kecil ataupun besar. Oleh karena itu, pantaslah bagi kita untuk bertaubat meminta ampunan dari Allah SWT.

Diharapkan dengan anda bertaubat sebelum datangnya bulan Ramadhan. Memohon ampunan atas segala dosa, anda akan mendapat ketenangan batin dan siap menghadapi bulan Ramadhan. Siap untuk mencari keberkahan dan juga banyak pahala di bulan yang penuh rahmat ini. Jadi, jangan anda lewatkan kesempatan untuk bertaubat sebelum memasuki bulan Ramadhan. Tentu saja bertaubat tidak hanya di mulut saja, melainkan dibuktikan dengan perubahan tingkah laku kita.

Perbanyak Ibadah Sunnah

Persiapan lainnya yang perlu anda lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah memperbanyak ibadah dan amalan sunnah. Persiapan menyambut bulan Ramadhan dapat kita awali dengan membiasakan selalu beribadah sunnah. Sehingga setelah masuk bulan Ramadhan tidak akan terasa berat untuk menjalaninya. Memperbanyak ibadah sunnah justru akan melatih anda untuk mempersiapkan jiwa dan raga menyambut bulan ramadhan.

Baca Juga :

Persiapan raga dapat anda lakukan dengan rajin melakukan puasa sunnah Senin Kamis. Dengan rutin melakukan puasa Senin Kamis, maka tubuh anda sudah bisa membiasakan diri untuk berpuasa. Anda dapat melatih tubuh anda untuk berpuasa meskipun harus tetap bekerja atau melakukan segala kegiatan anda. Selain raga, dengan memperbanyak ibadah sunnah akan lebih mendekatkan anda dengan Allah SWT. Tentu saja hati anda akan tenang dan siap menyambut bulan Ramadhan.

Membayar Hutang Puasa di Tahun Sebelumnya

Persiapan menyambut bulan Ramadhan yang ketiga, yang tidak kalah penting juga anda lakukan adalah membayar hutang puasa. Wajib hukumnya bagi kita untuk mengganti (qadha) hutang puasa pada tahun sebelumnya di bulan Ramadhan. Puasa di bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban, sehingga apabila anda melewatkan satu hari saja puasa maka wajib pula untuk menggantinya. Semua umat muslin wajib untuk mengganti hutan puasa di bulan Ramadhan.

Mempunyai hutang puasa memang sering terjadi oleh kaum perempuan. Prempuan pasti menghadapi masa mentruasi yang mengharamkannya melakukan puasa di bulan Ramadhan. Jadi, para perempuan wajib mengganti puasanya di hari lain, selain bulan Ramadhan. sudahkan anda mengganti hutan puasa di Ramadhan tahun sebelumnya? Sebelum terlambat, maka segeralah mengganti puasa anda selama masih ada waktu yang tersisa sebelum bulan Ramadahan .

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan rahmat. Di bulan tersebut dapat dikatakan sebagai bulan bagi kita untuk berlomba mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Pada bulan Ramadhan, kebaikan sedikit saja akan berbuah pahala yang berlipat ganda. Memang hasilnya tidak akan kita terima sekarang. Tetapi akan kita tuai hasilnya kelak di akhirat. Jadi, jangan lupa luangkan waktu anda dalam rangka persiapan menyambut bulan Ramadhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel