Resep dan cara membuat Nasi Kuning Magic com rumahan

Racikanbumbu.Com - Sebelumnya saya sudah membuat Semur Kentang Telur dan paling cocok jika di makan bersama dengan nasi Kuning. Bunda pasti sering membeli nasi kuning menggunakan lauk daging ayam atau telur ayam. Rasanya semakin gurih karena ditaburi serondeng ataupun dengan bawang goreng. Sepintas hanya nasi yang di ubah warnanya menjadi kuning tetapi rasanya pasti berbeda dengan nasi putih biasa. Selain menarik perhatian juga dapat menambah selera makan.

Nasi Tumpeng juga pasti berwarna kuning yang biasanya untuk sebuah acara peresmian pembukaan sebuah perusahaan atau perayaan 17 Agustus. Resep nasi kuning ini saya peroleh dari salah satu bunda yang posting di cookpad. Tertariknya karena bisa belajar membuat nasi kuning untuk sarapan keluarga pada saat pagi hari dan bisa juga membuatkan bekal untuk suami saat pergi kerja atau anak yang akan berangkat ke sekolah. Silahkan bunda intip resep dan cara membuatnya dibawah ini.


Resep dan cara membuat Nasi Kuning Magic com rumahan

Bahan bahan :
  • 3 cup beras
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 ruas kunir
  • 1 batang sereh agak gedean geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 200-250 ml santan kurleb
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan (optional)

Cara membuat :
  1. Tahap pertama bersihkan berasnya terlebih dahulu lalu tiriskan (biasa saya langsung di magic com nya kalau bersihkan tetapi bunda bisa menggunakan wadah lain)
  2. silahkan bunda goreng agak layu bawang merah dan bawang putih. Lalu ulek dengan garam dan kunir hingga halus dan tiriskan.
  3. Tahap berikutnya beras yang sudah dibersihkan (didalam magic com), masukan santan kurang lebih 2 ruas jari, tambahkan bumbu halus yang sudah dibuat tadi, batang sereh geprek dan salam.
  4. Aduk sebentar supaya rata, lalu tekan tombol cook atau kebawah pada magic com kalian masing masing hingga berwana merah dan tunggu hingga tanek/masak.
  5. Setelah tombol magic com sudah ditulisan warm, berwarna hijau atau sudah masak, diamkan kurleb 5 menit lalu aduk hingga rata.
  6. Terakhir masak dari magic com, saya karu lagi/tanekkan lagi di dandang/kukusan biar enak. Masak didandang kurlebih 5 - 10 menit dan diaduk sebentar biarkan sebentar, tunggu sampai wangi.
  7. Nasi Kuning Magic com rumahan siap di sajikan.

Bagaimana bunda, cukup mudah bukan membuat Nasi Kuning menggunakan Magic Com, jika resep masakan ini bermanfaat bunda bisa bagikan ke media sosial facebook, Twitter ataupun instagram untuk menyimpan resepnya. Bunda bisa juga mencoba membuat  Nasi Goreng Hijau / Green fried rice yang rasanya tidak kalah sedapnya. Selamat mencoba bunda, jika ada yang belum jelas bunda bisa tanyakan di kolom komentar Facebook Resep Bumbu Masakan Enak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel