Resep Cara Membuat Rujak Cingur Khas Jawa Timur yang Lezat

Racikanbumbu.Com - Jawa Timur terkenal akan beragam masakan tradisionalnya yang banyak disukai. Salah satu makanan Tradisional yang mudah ditemukan di kota Surabaya ini adalah Rujak Cingur. Namun, bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri dirumah, Anda bisa mengikuti resep cara membuat rujak cingur khas Jawa Timur yang mudah dibuat dan lezat.

Khususnya bagi Anda yang memang suka ngerujak, harus banget nih cobain jenis rujak enak yang satu ini. Setelah merasakannya, Anda akan menemukan perpaduan yang apik antara rasa pedas, manis, gurih, asin dan segar menjadi satu. Semua cita rasa ini tentu saja dihasilkan dari berbagai bahan sayur dan buah segar yang ditambah dengan gurihnya cingur, petis dan kacang yang sangat lengkap.

Ada yang bertanya, lantas apa bedanya rujak cingur dengan rujak biasanya? Bagi Anda yang belum mengetahui rujak cingur mungkin menganggap rujak cingur sama saja seperti jenis rujak yang lainnya. Namun, ketahuilah kalau rujak cingur lebih istimewa dan unik karena menggunakan bumbu olahan dari petis udang dan irisan cingur. Inilah yang membedakannya dengan berbagai jenis rujak lainnya yang tidak menggunakan bahan cingur.

Mau buat rujak cingur dirumah, tapi bingung bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep rujak cingur di bawah ini. Silahkan disimak.

Resep Cara Membuat Rujak Cingur Khas Jawa Timur yang Lezat


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Cingur 250 gram
  • Kangkung 2 ikat
  • Mentimun 1 buah
  • Taoge 50 gram
  • Bengkuang 1 buah
  • Tempe 1/2 papan
  • Tahu 2 buah
  • Kacang tanah goreng 3 sdm
  • Petis udang 2 sdm
  • Bawang putih goreng 2 siung
  • Air asam jawa 4 sdm
  • Pisang klutuk/batu 2 buah yang diparut kasar
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 2 sdm yang diiris tipis tipis
  • Cabai rawit 8 buah atau sesuai kebutuhan
  • Air secukupnya

Cara membuat Rujak Cingur :
  1. Langkah pertama silahkan untuk siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat rujak cingur seperti yang sudah dibahas pada bagian bahan diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah siap, Anda bisa mulai dengan merebus cingur nya terlebih dahulu. Cingur direbus secara terpisah dengan buah ataupun sayur lainnya. Rebus hingga air telag menyusut kemudian tiriskan. Lalu cingur dipotong potong sesuai dengan selera.
  3. Selanjutnya silahkan rebus kangkung hingga matang. Sedangkan taoge di rendam dengan air panas hingga matang juga, lalu tiriskan air keduanya. Kemudian untuk sayuran timun dan bengkuang cukup dipotong potong saja.
  4. Berlanjut ke bahan selanjutnya yakni tempe dan tahu. Silahkan untuk menggorengnya hingga matang, kemudian potong sesuai selera.
  5. Nah, untuk membuat bumbu rujak cingur nya atau petis cukup mudah. Pertama tama, sediakan cobek lalu haluskan bahan bahan mulai dari bawang putih, kacang tanah, cabai rawit, gula merah, garam, dan juga pisang klutuk. Jika sudah ditumbuk halus dan rata, tinggal tambahkan petis udang, air asam jawa dan juga air secukupnya.
  6. Setelah semua sudah selesai dibuat, sekarang tinggal menata sayur, cingur, tahu dan tempe di sebuah tempat. Kemudian siram dengan saus petis atau bumbu rujaknya.
  7. Anda bisa tambahkan lontong atau kerupuk sebagai bahan pelengkap rujak cingur. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas seputar salah satu resep rujak cingur khas Jawa Timur yang lezat dan mudah. Hanya dengan bermodalkan berbagai jenis sayuran dan buah yang mudah ditemui di sekitar kita, kita sudah bisa membuat rujak cingur yang nikmat khas Surabaya. Bagi Anda yang tinggal di luar Provinsi Jawa Timur, dimana mungkin daerah Anda jarang orang yang menjual rujak cingur, bisa nih untuk bikin sendiri dirumah.

Makanan tradisional khas Jawa Timur ini memang paling beda deh. Selain karena memang memiliki cita rasa yang enak untuk camilan, Anda bisa mendapatkan berbagai kandungan baik dari buah dan sayuran yang bagus untuk kesehatan. Ditambah lagi di dalam rujak cingur sangat lengkap dengan tahu, tempe, bisa memilih menggunakan nasi atau lontong serta kombinasi petis yang tebal dan bumbu kacang memang sudah tidak diragukan lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel