4 Makanan Khas Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Oleh Oleh

Kaltim adalah sebuah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia. Ada banyak ciri khas dari daerah tersebut mulai dari Pakaian sampai dengan makanan. Admin kali ini berbagi tentang Makanan Khas Kalimantan Timur yang Enak dan Lezat. Buat kalian yang sedang berkunjung ke salah satu kota di Kaltim bisa membawa oleh oleh buat keluarga.

Ada beberapa kota yang cukup terkenal dan banyak tempat Wisata yang bisa anda kunjungi. Seperti Balikpapan, Samarinda, Bontang, Tengarong dan Kota Bangun. Ada beberapa jenis makanan yang cukup menartik perhatian dan tidak ada di wilayah lainnya. Rasanya tidak perlu diragukan lagi dan dijamin Halal karena ada labelnya.

Ada berbagai macam suku yang tinggal di Kalimantan Timur seperti Dayak, Batak, Menado, Jawa, Banjar, Kutai dan masih banyak lagi. Rata rata penduduk yang tinggal dipedalaman adalah kelompok warga Transmigrasi dari pulau Jawa. Khusus masyarakat Kaltim pasti tau makanan apa yang bisa dijadikan oleh oleh saat kembali, berikut ini adalah daftarnya.


Makanan Khas Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Oleh Oleh

1. Amplang Ikan

Siapa yang tidak kenal dengan amplang. Rasanya gurih dan cukup enak jika dinikmati saat makan nasi. Bisa juga buat cemilan dengan keluarga saat santai. Bahan masakannya terbuat dari Ikan tenggiri, Tepung dan bahan bahan lainnya. Jika inggin tau resepnya silahkan baca : Resep dan cara membuat Amplang Kalimantan yang renyah dan gurih.

2. Onde onde Ubi Ungu

Terlihat dari tampilannya saja Onde onde ubi unggu ini pasti rasanya enak. Bahan utamanya sudah tentu ubi ungu dan citarasa yang disajikan cukup spesial. Untuk isinya atau Toppingnya berisi Kacang Hijau, Coklat dan Keju. Jenis kue ini bisa bertahan beberapa hari kedepan jadi anda bisa membawanya buat oleh oleh.

3. Mantau

Kue Mantau ini banyak yang menggangap bahwa terkenal khas dari Tiongkok tetapi sebenarnya berasal dari daerah Balikpapan. Anda bisa menemuinya dengan mudah di toko toko Kue yang sudah dibungkus dengan kotak. Harganya masih terjangkau sekitar 50 ribu untuk 10 mantau isian. Bagaimana tertarik untuk merasakan, silahkan anda coba sendiri.

4. Bakpia

Banyak orang berangapan bahwa Bakpia berasal dari kota Yogyakarta. Tetapi di Kaltim anda bisa menemukannya dengan mudah. Rasanya yang manis dan cukup membuat selera makan bertambah. Isiannya banyak pilihan seperti Coklat, Kacang Hijau dan Keju. Bagi anda yang suka berpetualang keluar daerah bisa membawa makanan ini sebagai bingkisan buat orang spesial.

Baca Juga : Resep dan cara membuat Telur Gabus Keju Renyah

Dari beberapa makanan yang bisa di jadikan bawaan untuk pulang kita juga bisa menikmati Kuliner khas Kaltim. Masakan apa saja yang cukup terkenal dan yang perlu anda coba. Ada 7 masakan yang bisa sobat coba seperti :
  1. Makanan Khas Pisang gapit
  2. Nasi Kuning Khas Kalimantan Timur
  3. Ayam Cincane Khas Kalimantan Timur
  4. Kuliner Nasi Bekepor Khas Kalimantan Timur
  5. Sate Payau
  6. Gence Ruan
  7. Bubur Pedas

Untuk harganya sangat murah dan terjangkau karena masakan di atas bisa anda jumpai di warung warung sederhana. Di restoran juga tersedia tetapi sudah pasti harganya berbeda. Selain makanan ada juga beberapa barang yang bisa di jadikan oleh oleh seperti :
  1. Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak
  2. Batik Khas Balikpapan
  3. Kain Songket Balikpapan
  4. Batu Mulia

Bagaimana apakah tertarik untuk datang ke Samarinda atau Balikpapan. Silahkan berkunjung kesini karena orangnya ramah ramah dan pastinya jika anda merasakan minum air sungai mahakan pasti tidak inggin kembali ke daerah asal hehehe (bercanda). Di Kaltim masih banyak Sumber Alam yang bisa kita kelola.

Semoga informasi tentang oleh oleh Khas Kaltim ini bermanfaat buat sobat sekalian. Jika tertarik inggin membeli makanan khas kaltim bisa memesannya secara Online juga. Cukup gunakan Smartphone anda makan makanan akan datang kerumah tetapi ongkirnya di tanggung sendiri. Selamat mencoba dan semoga suka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel