Resep dan cara membuat Manisan Nanas Kering

Racikanbumbu.com - Manisan Nanas Kering adalah makanan cemilan yang nikmat di santap saat santai bersama keluarga, cara membuatnyapun sangat mudah, bunda hanya menyiapkan bahan utama nanas, nanas bisa bunda dapat di pasar banyak kok hehehe... langsung saja kita praktekin cara membuat manisan nanas kering biar ngak penasaran ya bun.

Resep dan cara membuat Manisan Nanas Kering

Bahan yang diperlukan :
  • 1 buah nanas mengkal (tidak terlalu matang)
  • 300 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam dapur
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • Air secukupnya
Cara Membuat :
  1. Kupas buah nanas hingga bersih hingga semua matanya hilang. Setelah bersih kemudian potong-potong sesuai selera. Jangan lupa untuk membuang bagian tengah nanas yang keras agar lebih nikmat ketika dimakan.
  2. Larutkan garam ke dalam 500 ml air kemudian gunakan larutan garam tersebut untuk mencuci nanas yang telah dipotong. Akan lebih baik apabila potongan nanas tersebut dimasukkan langsung ke dalam larutan ini. Fungsi pencucian ini adalah untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan getah nanas.
  3. Larutkan kembali kapur sirih ke dalam 1 liter air. Aduk hingga rata kemudian tunggu hingga kapur mengendap. Ambil bagian air yang dingin kemudian rendam potongan nanas selama kurang lebih 1-2 jam. Fungsi perendaman ini agar manisan yang kita buat bisa lebih kenyal.
  4. Didihkan 500 ml air. Setelah mendidih masukkan buah nanas yang telah direndam dalam air kapur sirih selama 3-5 menit. Fungsi perebusan kali ini hanya untuk mensterilkan buah nanas, jadi jangan merebusnya terlalu lama. Setelah 3-5 menit angkat dan tiriskan.
  5. Masak 300 gram gula pasir dengan 300 ml air hingga menjadi seperti sirup yang agak kental. Selama proses memasak terus aduk larutan gula tersebut agar tidak mengkristal. Setelah mendapatkan kekentalan yang diinginkan matikan apinya kemudian dinginkan.
  6. Setelah sirup dingin masukkan buah nanas yang sudah di strerilkan ke dalam sirup tersebut. Anda juga bisa memberikan beberapa penambah rasa seperti bubuk vanila atau bubuk jahe agar lebih lezat.
  7. Setelah tercampur dinginkan dalam lemari es selama 24 jam agar larutan gula meresap.
  8. Setelah diinapkan, keringkan manisan nanas basah tersebut dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Anda juga dapat menggunakan oven untuk mengeringkannya.
  9. Manisan siap dihidangkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel